Home » Info » 4 Cara Menyimpan Asi Eksklusif Di Kulkas

4 Cara Menyimpan Asi Eksklusif Di Kulkas

4 Cara Menyimpan Asi Eksklusif Di Kulkas

Bagi ibu menyusui yang memutuskan untuk tetap bekerja, memberikan asi perah merupakan alternatif jitu yang harus dilakukan. Sebab keterbatasan waktu untuk memberikan asi secara langsung lantaran mereka harus berkutat dengan segudang rutinitas pekerjaan yang tidak bisa ditangguhkan.

Dalam hal ini biasanya mereka akan mengandalkan air susu ibu yang sudah di perah dan kemudian di simpan pada lemari pendingin agar bisa dijadikan stok apabila buah hati mereka membutuhkan makanan ini.

Tak hanya pengetahuan seputar langkah yang jitu agar produksi asinya melimpah, wawasan seputar cara menyimpan asi eksklusif di kulkas juga menjadi hal yang mutlak Anda kuasai. Sebab dari sinilah anda bisa menyajikan susu yang berkualitas saat si buah hati memasuki masa keemasan mereka yakni saat umur 0-6 bulan.

Cara Menyimpan Asi Eksklusif Di Kulkas

Asi nyatanya tak hanya berperan sebagai makanan pokok, air susu ibu mampu menyuguhkan nutrisi kompleks yang dapat mendongkrak tumbuh kembang buah hati Anda. Dalam beberapa jurnal serta penelitian bahkan dipaparkan bahwa asi mampu memproteksi bayi dari penyakit yang mengancam kesehatannya serta menjadikan sistem imunitas lebih kebal. Hal ini karena asi dilengkapi dengan gizi yang lengkap, yang mana tidak ada padanya dengan makanan pengganti atau susu formula.

Nah, bagi Anda wanita karir yang juga mengemban tugas untuk menyuplai asi kepada buah hati, berikut cara menyimpan asi eksklusif di kulkas yang benar.

  1. Ketahui waktu penyimpanannya
Baca Juga  6 Makanan Yang Dihindari Saat Menyusui

Tips yang pertama ini memang terkesan sangat sederhana. Namun siapa sangka dengan sedikit ketelitian yang Anda terapkan, Anda selalu bisa menyediakan asi yang kualitasnya baik bagi buah hati Anda meskipun Anda tidak bisa menyusui mereka secara langsung.

pelancarasibanner

Mulailah dari asi yang paling lama anda simpan. Agar Anda tidak lupa, tatalah botol yang berisi air susu serapi mungkin dan berikan nomor atau label pada wadahnya. Cara menyimpan asi eksklusif di kulkas ini akan memudahkan saat asi akan dihangatkan. Jangan sampai Anda meletakannya tanpa aturan.

  1. Pelajari tahapan menghangatkannya dengan benar

Tips yang selanjutnya ialah melibatkan kepiawaian Anda dalam memasak susu yang ditaruh di kulkas. Hindari penggunaan microwave atau pemanas makanan. Jangan sampai anda memasaknya di atas kompor sampai mendidih. Tindakan ini justru dapat menghilangkan kandungan senyawa baik yang terdapat di dalam air susu ibu.

Kerugian lain yang ditimbulkan ialah terlihatnya bercak darah.

Cara terbaik untuk menghangatkannya adalah dengan mengalirkan air hangat ke bagian luar permukaan botol yang berisi ASI. Anda juga bisa merendamnya ke dalam wadah yang berisi air hangat. Campurkan asi hingga rata, namun jangan sesekali mengaduknya dengan sendok atau menggoyangkan botol susunya karena tidak disarankan.

  1. Pindahkan asi dari suhu beku ke suhu dingin

Jika anda memperagakan cara menyimpan asi eksklusif di kulkas dengan suhu -18 derajat sampai -24 derajat maka anda harus memindahkannya ke suhu dingin lebih dulu sebelum asi disajikan untuk si buah hati. Anda bisa menaruh as tersebut di bagian bawah kulkas dengan suhu sekitar 4 derajat celcius selama 8 menit. Atau pada area pintu kulkas yang aman dan tidak mengurangi kualitas asi yang akan anda berikan kepada bayi Anda.

  1. Hangatkan jika tercium bau amis
Baca Juga  Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Memang tidak semua asi eksklusif yang disimpan di kulkas akan mengeluarkan bau amis saat di simpan di lemari pendingin. Sebenarnya ini tidak masalah dan anda masih bisa menyajikan susu tersebut untuk bayi Anda. Namun jika Anda tidak tahan dengan bau amis yang ditimbulkan, Anda bisa memanaskannya terlebih dahulu. Panaskan dengan temperatur yang sedang tunggu hingga muncul gelembung di sekeliling air.

Adapun bau amis ini merupakan akibat dari terurainya lemak pada air susu ibu yang disebabkan oleh enzim lipase.

Informasi penting yang harus Anda tahu ialah mengenai seberapa lama asi bisa bertahan dan layak diberikan untuk buah hati Anda. Sebab sejauh ini belum ada penelitian yang memaparkan hal tersebut. Jadi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter atau tenaga medis yang ahli di bidang ini.

Demikian ulasan cara menyimpan asi eksklusif di kulkas. Semoga menginspirasi.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!