4 Makanan untuk Memperbanyak ASI

4 Makanan untuk Memperbanyak ASISaat menyusui merupakan salah satu waktu yang sangat penting bagi ibu yang baru saja melahirkan maupun yang sedang menyusui. Karena pada waktu tersebut, si kecil harus mendapatkan kebutuhan ASI yang cukup. Namun, karena perubahan hormonal, maupun fisik, tak sedikit ibu yang menyusui mengalami kesulitan saat memberikan ASI. Sehingga harus mengkonsumsi makanan untuk memperbanyak ASI. Hal tersebut biasanya dialami oleh para Mama muda atau ibu yang baru saja melahirkan. ASI merupakan salah satu makanan untuk bayi yang sangat penting sehingga harus selalu dipenuhi hingga 2 tahun. Bagi Anda yang mengalami kesulitan saat memberikan ASI karena produksi ASI sedikit, berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa menambah ASI Anda.

pelancarasibanner

 

  • Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang mudah untuk dijumpai di Indonesia. Pepaya bisa menjadi salah satu makanan yang bisa memperbanyak produksi ASI. Hal tersebut dikarenakan pepaya mengandung vitamin dan juga mineral. Vitamin yang terkandung pada buah ini yaitu vitamin C, A dan berbagai mineral lainnya seperti kalsium dan asam folat. Selain itu, pepaya memiliki enzim bernama enzim papain. Enzim dan asam folat inilah yang dapat membuat ASI si ibu menjadi lancar. Enzim yang ada pada pepaya berperan untuk memperlancar pencernaan protein. Pada saat hamil dan menyusui, memperbanyak protein merupakan salah satu cara agar ASI tetap lancar. Sehingga agar produksi ASI menjadi lebih baik, Anda bisa mengkonsumsi buah pepaya yang masih muda sebagai makanan untuk memperbanyak ASI.

4 Makanan untuk Memperbanyak ASI

  • Sup

Sup merupakan salah satu makanan untuk memperbanyak ASI. Sup yang disajikan pun berbeda dari sup yang biasanya. Sup untuk memperbanyak ASI yaitu sup ayam, ikan serta daging. Sup ini mengandung banyak sekali protein hewani sehingga sangat membantu ibu saat menyusui. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa saat menyusui, Anda harus memperbanyak konsumsi protein. Selain sebagai sumber tenaga, protein dapat menambah produksi ASI si ibu. Sedangkan kuah yang ada pada sup tersebut bisa menjadi cara untuk menambah cairan pada tubuh. Sup tersebut tidak hanya disajikan tanpa sayuran. Mengkonsumsi sayur-sayuran sangat penting untuk ibu yang sedang hamil. Salah satunya yaitu daun katu atau katuk. Daun ini mengandung banyak sekali protein. Pada ibu hamil dan menyusui, sedikitnya membutuhkan 100 gram protein dalam sehari. Berbeda dengan pada wanita normal yang hanya membutuhkan 40 gram protein setiap harinya.

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini
  • Kacang Tanah

Kacang Tanah maupun jenis kacang-kacangan yang lainnya merupakan salah satu makanan untuk memperlancar ASI. Kacang tanah dan aneka jenis kacang-kacangan yang lainnya dibutuhkan dan harus sering dikonsumsi untuk menambah asupan protein ibu hamil dan menyusui. Sehingga bisa memperbanyak ASI secara maksimal. Tak hanya kacang tanah saja, Anda bisa mengkonsumsi kacang panjang maupun kedelai sebagai salah satu makanan untuk menambah ASI si ibu. Namun, dari jenis kacang-kacangan, kacang tanah merah merupakan salah satu jenis kacang yang sangat baik untuk memperbanyak produksi ASI.

  • Kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu daun yang sering dikonsumsi sebagai lalapan. Khasiat daun kemangi selain sebagai makanan yang mengurangi bau badan, kemangi juga berkhasiat sebagai makanan untuk memperbanyak ASI. Kemangi sangat berkhasiat untuk menambah produksi ASI karena adanya enzim phytoestrogens yang berfungsi untuk memproduksi ASI jadi lebih banyak. Sehingga Anda bisa mengkonsumsi kemangi sebagai lalapan maupun campuran makanan yang lainnya.

Nah, itulah beberapa makanan untuk memperbanyak ASI yang harus dikonsumsi oleh para ibu hamil dan menyusui secara rutin. Hal tersebut dimaksudkan agar lebih terasa manfaatnya

pelancarasibanner