5 Cara Memberikan ASI Eksklusif Untuk Ibu Bekerja

5 Cara Memberikan ASI Eksklusif Untuk Ibu Bekerja

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir memang bukan pilihan yang mudah, sebab dua hal ini sama-sama memerlukan konsistensi dan ketekunan agar semua problem dan keharusan di dalamnya dapat terselesaikan dengan sempurna. Tidak semua orang mau mengambil keduanya dengan berbagai macam alasan.

Namun di tengah sederet pertimbangan yang memusingkan, tidak sedikit ibu di luar sana yang memutuskan untuk tetap mengurus buah hati dan suaminya dengan tetap bertahan pada pekerjaan mereka.

Memberi asi eklksusif yang notabene menjadi hal penting tetap mereka tempuh dengan tujuan agar bayi mereka tidak kekurangan nutrisi yang mana sangat berguna bagi tumbuh kembang bayi mereka. Terlebih jika mengingat asi yang dipercaya mampu menyuplai gizi terbaik dan tidak akan mampu Anda temukan pada susu formula atau makanan pengganti lainnya.

5 Cara Memberikan ASI Eksklusif Untuk Ibu Bekerja

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Penerapan cara memberikan asi eksklusif untuk ibu bekerja yang benar juga dapat berdampak baik bagi kesehatan si bayi. Anak yang mendapatkan asi cukup umumnya tidak mudah terserang penyakit lantaran mereka dibekali dengan kekebalan tubuh yang tinggi. zat-zat kompleks yang terdapat di dalamnya juga bisa membuat pertumbuhan otak mereka lebih terdongkrak.

Wawasan seputar beberapa penyebab yang menyebabkan asi tersumbat juga patut anda kuasai, diantaranya :

  1. Faktor keturunan atau gen
  2. Gaya hidup tidak sehat
  3. Kurang olahraga
  4. Terlalu banyak konsumsi alkohol, soda, dan kafein
  5. Stress

Selengkapnya, berikut sejumlah cara memberikan asi eksklusif untuk ibu bekerja yang bisa Anda jadikan pedoman.

  1. Gunakan waktu libur untuk menyusui

Pakailah masa cuti Anda untuk memberikan buah hati asi, saat tanggal merah misalnya. Susui mereka setiap 2-3 jam sekali. Langkah ini akan membantu produksi asi lebih banyak karena bersamaan dengan pengiriman sinyal ke otak untuk mendongkrak banyaknya asi yang dikeluarkan oleh ibu.

Asi akan bertambah 3-7 hari setelah Anda telaten mengaplikasikan cara memberikan asi eksklusif untuk ibu bekerja ini. payudara akan mengeluarkan asi dengan kadar yang melimpah jika Anda sering menyusui. Sebaliknya, jika Anda jarang memberikan susu secara langsung maka akan tersumbat bahkan kering.

  1. Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi

Kebutuhan nutrisi ibu menyusui bisa dibilang dua kali lipat. Sebab ia tak hanya memerlukan vitamin dan mineral bagi dirinya sendiri, namun juga bagi buah hatinya. Sebab apapun hidangan yang mereka konsumsi nantinya akan berimbas pada kualitas asi yang dihasilkan. Terlebih bagi mereka yang juga bekerja, makanan empat sehat lima sempurna baik yang berasal dari sumber protein hewani atau nabati harus tetap lancar.

Tambahkan porsi buah-buahan, sayuran segar, serta jauhi junk food atau makanan cepat saji yang hanya mengandung kalori dan lemah berlebih.

  1. Dukungan dari keluarga

Tak hanya tenaga saja, support dari orang-orang terdekat Anda juga sangat diperlukan. Setidaknya Anda seperti tidak berjuang sendiri untuk membesarkan malaikat kecil Anda. Dukungan, masukan serta nasihat yang Anda terima akan menjadi bekal penting agar nantinya anda tetap semangat dan tidak mudah putus ada.

Agar bisa mengimbangi cara memberikan asi eksklusif untuk ibu bekerja, Anda boleh meminta suami untuk menemani Anda saat sedang menyusui buah hati. Sembari sesekali bercerita, jalinan kasih antara Anda, suami, dan buah hati pun akan semakin erat.

  1. Perah asi di kantor

Asi yang dihasilkan sebenarnya mengikuti prinsip “suplai and demand’ dimana produksinya akan melimpah jika Anda sering menyusui. Perahlah asi di tempat yang tertutup saat Anda berada di kantor, alternatif ini juga berfungsi untuk menstimulasi asi agar keluar banyak. Pelajari teknik memerah asi yang benar agar Anda tidak salah langkah.

  1. Pijat payudara

Cara memberikan asi eksklusif untuk ibu bekerja yang selanjutnya yakni dengan pijatan pada area payudara. Praktekkan pemanasan dengan menghangatkan payudara memakai handuk hangat 4-5 kali selama 2 menit. Mulailah dengan memijat puting pelan-pelan dari atas ke bawah. Lalu dilanjutkan dengan gerakan ke atas dan bawah dari kiri ke kanan 5-6 kali pada setiap payudara.

Pijatan melingkar dengan tangan dan spiral sangat ampuh mengatasi saluran air susu yang tersumbat.

Semoga bermanfaat.