5 Cara Memperbanyak Asi Sebelum Melahirkan Paling Efektif

5 Cara Memperbanyak Asi Sebelum Melahirkan Paling Efektif

Perlu untuk Anda ketahui jika asupan makanan pertama yang masuk dalam tubuh bayi itu adalah ASI pertama, mengapa? Karena ASI yang mengandung colostrum akan memberikan daya imun sehingga bayi tahan terhadap berbagai penyakit. Sebelum melahirkan, sangat penting untuk merangsang ASI agar bisa keluar dan memberikan ASI pertama pada buah hati. Lantas, bagaimana cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan? Nah, pada kesempatan kali ini, akan memberikan informasi penting berupa tips penting agar ibu siap untuk menyusui dan ASI melimpah untuk si buah hati.

Sebelum membahas mengenai cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan, apakah Anda sudah tahu apa pentingnya ASI untuk sang buah hati khususnya yang baru saja lahir? ASI memiliki pernanan yang sangat penting untuk bayi yang baru lahir, mengapa? Karena ASI pertama yang keluar itu mengandung colostrum yang merupakan zat paling penting untuk dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh bayi untuk pertama kalinya. Manfaat colostrum itu sangat besar untuk sistem imun bayi agar lebih tahan terhadap berbagai penyakit yang menyerang. Maka dari itu, cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan juga harus diperhatikan dengan baik.

5 Cara Memperbanyak Asi Sebelum Melahirkan Paling Efektif

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk ataupun cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan yang paling efektif dan penting untuk diperhatikan yaitu:

Rajin membersihkan area puting

Baca Juga  Makanan Tepat untuk Ibu Menyusui sebagai Cara Menambah ASI Biar Banyak

Hal ini perting untuk dilakukan karena salah satu penghambat keluarnya ASI itu bisa disebabkan oleh fakor puting yang tersumbat kotoran. Maka dari itu sebelum persalinan terjadi ada baiknya untuk mulai membersihkan bagian puting dengan menggunakan baby oil secara perlahan.

Kurangi konsumsi kafein yang berlebihan

pelancarasibanner

Untuk ibu hamil memang harus mengurangi konsumsi minuman berkafein dan bersoda. Mengapa? Karena dapat menghambat keluarnya ASI dan bahkan ASI yang dihasilkan sedikit.

Menjaga pola hidup yang sehat

Selama masa kehamilan, pastikan untuk merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mulai mengkonsumsi berbagai makanan organik yang menyehatkan dan lakukan olahraga ringan agar metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik. Makanan yang paling baik untuk di konsumsi ketika sedang hamil yaitu buah serta sayur yang mengandung banyak zat gizi penting baik itu untuk sang ibu maupun juga untuk janin serta membantu menghasilkan ASI lebih banyak.

Jangan stres

Selama masa kehamilan terutama ketika sudah hamil tua, pastikan untuk relaks dan jangan stres, mengapa? Karena stres juga dapat menjadi salah satu faktor penghambat ASI keluar dengan lancar. Maka dari itu, jauh-jauh hari sebelum proses persalinan, pastikan untuk menjaga suasana senang dan happy. Nikmati semua proses yang ada dengan sabar dan ikhlas.

Tidak menggunakan bra yang terlalu ketat

Perlu Anda ketahui, ternyata menggunakan bra yang ketat itu tidak sehat dan bahkan bisa menghambat jalan keluarnya ASI loh. Maka dari itu pastikan untuk tak menggunakan bra yang terlalu ketat.

Baca Juga  Cara Memperbanyak ASI bagi Ibu Menyusui dengan Aman

 

Dengan memperhatikan berbagai hal yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja Anda akan merasakan manfaat yang luar biasa ketika berhasil mengeluarkan ASI dan menyusui buah hati Anda sendiri. Semoga berbagai informasi tips ataupun cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan ini bisa memotivasi Anda untuk memacu ASI agar bisa keluar dengan baik. Pada dasarnya ASI memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk membantu tumbuh kembang bayi, sehingga pemberian ASI merupakan hal yang harus dan wajib untuk dilakukan agar kedepannya anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

pelancarasibanner