5 Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

5 Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

Memiliki momongan memang menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih bagi pasangan yang sudah sejak lama membangun biduk rumah tangga. Kehadiran buah hati tidak bisa dipungkiri menjadi kado teristimewa di tengah keluarga kecil mereka, seolah menjadi penghibur setelah seharian penuh berkutat dengan rutinitas harian.

Bagi Anda yang merupakan seorang ibu, kemungkinan waktu yang Anda habiskan untuk mengurus si kecil mungkin lebih banyak. Terutama saat mereka sedang memasuki masa pertumbuhan seperti sekarang ini. Selain harus mengerahkan waktu dan tenaga, Anda juga harus mencurahkan perhatian dan kasih sayang.

Tak cukup sampai disitu saja, sebagai ibu yang baik, Anda pun harus mencukupi kebutuhan asi yang notabene menjadi makanan pokok mereka saat sehari-hari. Khususnya saat mereka sedang melewati masa keemasan 0-6. Asi yang disebut-sebut mampu menyumbang nutrisi kompleks ini tak hanya berperan dalam memenuhi keperluan gizi si buah hati saja.

5 Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Air susu ibu disinyalir mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda, mendukung perkembangan otak, serta mencegah beberapa penyakit berbahaya yang mampu menghambat kegiatan mereka. Tak heran jika mayoritas ibu memilih untuk memberikan asi eksklusif bagi buah hati mereka.

Asi yang diberikan selepas persalinan tanpa jadwal serta pendamping ini akan berlangsung sampai bayi berumur enam bulan dan akan dihentikan saat mereka menginjak 2 tahun.

Problema yang acapkali terjadi ialah saat si buah hati beranjak besar mereka seringkali menggigit ketika sedang disusui. Hal inilah yang mendasari tumbuhnya gigi pada mereka. Pemicunya karena gusi terasa gatal sehingga ketika sedang menghisap payudara, ia pun enggan melepasnya agar rasa gatal berkurang.

Akibatnya, puting sang ibu lecet dan terkadang merasa perih. Namun sebetulnya Anda tidak perlu khawatir, berbekal cara mengatasi gigitan bayi saat ibu menyusui, persoalan anda ini akan dituntaskan. Jadi ada baiknya jika Anda tidak usah terlalu cemas dan paranoid, pastikan Anda mengantongi sejumlah referensi dari sumber yang terpercaya. Konsultasikan dengan dokter lebih dulu juga tidak ada salahnya. Lalu Anda bisa memilah dan menerapkannya dengan penuh kehati-hatian.

Selengkapnya, berikut sederet cara mengatasi gigitan bayi saat ibu menyusui.

  1. Bersikap tetap tenang

Saat anak Anda menggigit puting, usahakan anda tetap tenang dan santai. Meski terkadang Anda tidak bisa menahan rasa sakit yang merupakan akibat dari gigitannya. Sebab jika Anda teriak, gigitannya akan terasa semakin kencang. Mengapa? Anak akan cenderung kaget saat mereka mendengar teriakan yang keras sehingga ia menguatkan gigitannya.

  1. Berikan pelukan dan ciuman

Cara mengatasi gigitan bayi saat ibu menyusui ini sangatlah gampang dan jarang sekali diterapkan oleh ibu di luar sana. Belum banyak yang tahu jika dengan mencium dan memeluk buah hati Anda dengan lembut secara berulang-ulang dapat membuat mereka melepaskan puting payudara sang ibu.

Hal ini bisa saja terjadi lantaran efek nyaman yang ditimbulkan. Kontak kulit dengan kulit juga akan membuat jalinan batin Anda dan si kecil lebih erat. Sehinga Anda tidak perlu ragu menerapkan alternatif yang jitu ini.

  1. Siapkan jari tangan

Terobosan baru yang bisa Anda aplikasikan adalah dengan menyelipkan ujung jari kelingking di samping mulut si buah hati hingga membuatnya mau untuk melepas gigitan. Jari selama ini memang dikenal sebagai media proteksi yang cukup handal. Tapi anda pun harus mempraktekkan cara mengatasi gigitan bayi saat ibu menyusui ini dengan hati-hati. Jangan sampai mereka merasa terganggu.

  1. Lebih memahaminya

Sang ibu harus lebih paham kapan sebenarnya si buah hati dilanda lapar dan bosan menyusu. Ini akan lebih mudah seiring dengan berjalannya waktu dimana Anda mampu mengenali kebiasaannya. Jangan pernah memberinya asi ketika ia tidak benar-benar lapar sebab nantinya ia hanya menggigit-gigit saja.

  1. Berikan mainan karet

Cara mengatasi gigitan bayi saat menyusui yang terakhir adalah dengan menyediakan mainan karet yang aman bagi mereka. Mainan ini nantinya bisa menjadi pengganti saat gusi mereka gatal, sehingga bisa digigit. Ibu dapat memamerkan mainan ini sesudah dan sebelum menyusui.

Itulah 5 trik dan tips yang bisa Anda aplikasikan saat dirundung pilu lantaran buah hati Anda terus menggigit puting.