6 Cara Melancarkan Asi Yang Tersumbat Dengan Cepat

Ini Dia, 6 Cara Melancarkan Asi Yang Tersumbat Dengan Cepat

Setiap ibu pasti mendambakan segala sesuatu yang terbaik untuk malaikat kecilnya. Termasuk dalam hal memasok asi yang berkualitas. Sayangnya, ada saja kendala yang menghampiri, entah itu produksi asi yang sedikit atau mengering. Hal inilah yang kerapkali menimbulkan kecemasan tersendiri.

Terlebih jika berkaca dari keberadaan asi yang menempati posisi cukup signifikan bagi tumbuh kembang bayi. Tentu ibu perlu mengaplikasikan cara melancarkan asi yang tersumbat dengan benar.

Asi ditengarai sebagai penyuplai energi paling kompleks dibandingkan dengan nutrisi yang diperoleh dari makanan atau minuman lain. Tersumbatnya asi biasanya disertai dengan gejala tertentu seperti benjolan pada payudara, bengkak, bercak, kemerahan, atau rasa sakit. Pada kebanyakan kasus, cara melancarkan asi yang tersumbat kerap gagal lantaran kelebihan simpanan air susu.

Nah, sebelum Anda mengaplikasikan alternatif jitu untuk membuat produksi asi melimpah, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa faktor yang penyebab terhentinya produksi asi.

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini
  1. Gen atau keturunan
  2. Sinyal akan keberadaan penyakit tertentu seperti kanker
  3. Penggunaan bra yang kurang tepat
  4. Stress
  5. Gaya hidup tidak sehat

5 poin tersebut acapkali disepelekan. Padahal dengan mengenali sederet hal yang andil dalam penyumbatan saluran air susu, setidaknya Anda bisa merancang terobosan baru yang efektif.

Cara Melancarkan Asi Yang Tersumbat Dengan Cepat

Cara melancarkan asi yang tersumbat di bawah ini sebetulnya tidak mengharuskan anda untuk menyiapkan peralatan yang mahal maupun budget yang fantastis. Kuncinya tetap kembali pada prinsip yang Anda pegang, yakni konsisten dan kesabaran.

  1. Konsumsi air putih

Dengan mencukupi takaran 8 gelas air putih setiap harinya, kinerja metabolisme tubuh akan lancar. Untuk ibu yang sedang menyusui ada baiknya untuk tidak meninggalkan kewajiban menyediakan air mineral bagi kelangsungan kinerja organ dalam maupun pencernaan yang terkendali.

Kekurangan cairan disinyalir berdampak buruk bagi kesehatan. Sebut saja terhambatnya kerja jantung, ginjal, ataupun kulit yang mengering. Akibat lain juga dapat menghilangkan kemampuan seseorang untuk fokus, dan yang pasti dehidrasi berpotensi membuat tubuh lesu.

  1. Relaksasi

Cara melancarkan asi yang tersumbat ini baik dipraktekkan sejak usia kehamilan memasuki trisemester ke-3. Pemijatan yang benar dapat dilakukan dengan menggunakan minyak pijat seperti olive oil, virgin coconut oil, ataupun baby oil.

Oleskan minyak tersebut pada kedua telapak tangan dan payudara anda. Selanjutnya angkat dan topanglah payudara kanan dengan tangan kanan. Lalu pijatlah memakai tiga jari dengan gerakan memutar atau spiral, dari pangkal payudara menuju areola. Terapkan hal serupa untuk payudara kiri.

Tips lain juga bisa Anda lancarkan dengan meletakkan kedua telapak tangan di dada di tengah payudara.

Lalu praktekkan dengan mengarahkan payudara ke atas sambil diangkat dan dilepaskan bersamaan perlahan-lahan.

  1. Rutin menyusui

Tahukah Anda jika teratur memberikan asi 2-3 jam sekali dapat mengirimkan perintah ke otak untuk memproduksi asi dalam jumlah yang melimpah?. Bayi yang baru lahir rupanya lebih mudah lapar. Produksi asi pada tubuh wanita mengikuti prinsip supply dan demand, artinya asi yang dikeluarkan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan bayi.

Jika Anda telaten menyusui, asi akan bertambah dalam waktu 3-7 hari berdasarkan instruksi tersebut. Bila anda jarang menyusui, maka cara melancarkan asi yang tersumbat yang sudah jauh-jauh hari anda galakkan akan gagal karena air susu yang dihasilkan akan menurun. Habiskan satu payudara setelahnya pindah ke payudara lain.

  1. Kontak langsung

Mayoritas orang diluar sana belum memahami bahwa bayi yang disusui dalam keadaan telanjang akan mendapatkan kontak langsung ke kulit dada ibu. Hal ini juga efektif menambah kapasitas air susu ibu. Di samping itu, bayi juga akan merasa nyaman saat disusui. Inilah langkah jitu yang menjadi awal terbangunnya ikatan antara si kecil dan ibu.

Maka sebisa mungkin carilah posisi paling nyaman ketika menyusui. Sesekali Anda bisa menjalankan tips yang akan menangani saat problema asi yang terganggu dengan mengompres payudara dengan air hangat dan handuk yang bersih. Di samping mampu membuat peredaran darah lancar, cara alami ini lebih aman.

  1. Olahraga

Siapa bilang jika sehabis melahirkan ibu dilarang untuk berolahraga?. inilah persepsi keliru yang masih hidup dan dianut oleh masyarakat kita. Padahal, olahraga yang masuk dalam kategori gaya hidup akurat menawarkan segudang nilai plus bagi kebugaran tubuh. Ya, aktifitas sederhana yang dipercaya mampu mendetoksifikasi tubuh secara alami ini juga akan menumpas habis tumpukan lemak yang membandel pada tubuh.

Orang yang tidak pernah berolahraga tidak menutup kemungkinan daya tubuhnya lemah, sehingga memudahkan virus maupun bakteri untuk menyerangnya. Olahraga juga akan menghadirkan pikiran yang lebih positif, dan memperbaiki nafsu makan. Untuk cara melancarkan asi yang tersumbat,  Anda cukup mempraktekkannya dengan berjalan santai di pagi hari, yoga, atau senam aerobik.

  1. Makanan

Apapun pencapaian yang ingin anda raih, hidangan yang Anda santap punya efek yang dominan untuk keberhasilannya. Terlalu banyak menyantap junk food, makanan cepat saji, minuman beralkohol, soda, atau kopi, secara tidak langsung akan melemahkan tubuh Anda. Terutama sejumlah menu di atas miskin gizi dan hanya menyediakan kalori atau lemak dalam kadar tinggi.

Bersegeralah untuk merubah kebiasaan buruk ini. Cantumkan sayuran, buah, maupun makanan empat sehat lima sempurna. Agar cara melancarkan asi yang tersumbat sukses, Anda bisa menjajal khasiat beberapa tanaman maupun obat herbal, diantaranya:

  • Kedelai

Edamame atau kedelai jepang ini memang sumbernya protein. Edamame banyak digandrungi oleh ibu menyusui karena kacang-kacangan ini diperkaya vitamin K, mangan, asam folat, Vitamin C, fiboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium.

Edamame recomended sekali karena mampu melunasi protein harian anda 65 gr. Anda bisa merebus atau mencampurnya dengan telur dadar.

  • Semangka

Buah segar berwarna merah ini dilengkapi dengan lemak jenuh yang rendah, asam folat, dan jatah vitamin A. Komposisi air yang mumpuni dalam semangka juga bisa dijadikan pasokan cairan tubuh. Anda bisa menjadikannya teman menonton tv atau dijadikan jus tanpa gula.

  • Labu siam

Vitamin C, seng, dan mangan. Labu siam juga menyuguhi anda Vitamin B6. Menghidangkan 100 gram labu siam dapat memenuhi 23 % kebutuhan asam folat tubuh yang berguna untuk pembentukan sel, hemoglobin dalam darah, dan progress jaringan tubuh bayi.

Bagaimana? Berminat untuk membuktikan cara melancarkan asi yang tersumbat dengan tips di atas?.