7 Makanan Agar Asi Keluar Banyak

7 Makanan Agar Asi Keluar Banyak – Wajar saja bila seorang ibu mengkhawatirkan jumlah asinya ketika ia mulai menyusui. Terlebih jika mengingat segudang kelebihan yang dimiliki asi tidak ditemukan pada susu formula mana pun.

Penelitian terbaru yang diterbitkan oleh jurnal Genome Biology dari Biomed Central edisi 30 April 2012 membeberkan bahwa asi mendukung terbentuknya komunitas bakteri yang menguntungkan di dalam usu.

Bayi yang disusui dengan asi mempunyai kandungan mikroba yang lebih beragam ketimbang bayi yang diberi susu formula.

Cara yang kerap digencarkan agar asi keluar banyak efektif mencegah penularan penyakit. Fakta ini didasarkan pada eksperimen Fakultas Kedokteran Universitas North Carolina baru-baru ini yang menyatakan bahwa air susu ibu punya daya bunuh tinggi terhadap virus penyebab AIDS (HIV).

Menilik banyaknya manfaat yang tersimpan pada ASI, tentu sangat disayangkan apabila Anda enggan menyusui buah hati lantaran bermacam alasan yang sejatinya bisa dengan mudah ditepis saat disandingkan dengan nilai plus dari asi sendiri.

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Langkah efektif yang bisa Anda praketkkan agar asi keluar banyak antara lain dengan mengkonsumsi makanan yang ampuh mendongkrak produksi air susu agar melimpah. Metode ini tergolong aman lantaran tidak dibarengi dengan efek samping dan indikasi sekalipun diaplikasikan untuk jangka panjang. Syaratnya Anda harus konsisten agar hasil yang dituai maksimal.

7 Makanan Agar Asi Keluar Banyak

Berikut ini adalah beberapa tanaman yang bisa Anda jadikan referensi agar asi keluar banyak.

  1. Fenugreek

Tumbuhan ini biasanya dipasarkan dalam bentuk teh. Dimana konsumen dapat dengan mudah menikmatinya tanpa harus menyempatkan waktu untuk meraciknya terlebih dahulu. Herbal alami ini rupanya sudah sejak lama digunakan untuk menambah pasokan ASI. Sejumlah dokter mengatakan bahwa fenugreek yang dimasukkan ke dalam catatan diet Anda akan berpengaruh signifikan terhadap kadar air susu yang dihasilkan dalam seminggu.

Fenugreek yang digandrungi dengan maksud agar asi keluar banyak ini dibekali dengan zat besi, kalsium, vitamin, dan mineral yang mencukupi. Hindari konsumsi fenugreek yang melampaui batas karena bijinya merupakan dieuretic dan berpotensi menghilangkan cairan tubuh.

  1. Adas

Elemen jamu yang nyaris tidak pernah absen ini juga andil penuh dalam menghasilkan air susu yang berkualitas. Biji adas yang diracik menjadi jamu akan mencegah kolik pada bayi. Adas diperkaya dengan vitamin C, menyegarkan mulut, dan baik untuk melancarkan pencernaan. Biji adas bisa ditambahkan pada sayuran atau hidangan yang biasanya Anda santap ketika makan siang. Jika Anda pandai mengkombinasikannya, Anda pun dapat mengolahnya sebagai makanan penutup.

Adas biasanya dijual dalam bentuk yang sudah dikeringkan.

Tanaman yang diandalkan untuk mengobati sariawan ini umumnya dibudidayakan sebagai pengisi pekarangan rumah dan secara turun-temurun dimanfaatkan oleh wanita nusantara untuk menangani persoalan sedikitnya air susu.

  1. Jinten hitam

Obat alami agar asi keluar lancar ini awalnya digunakan untuk ramuan yang berasal dari Mesir, Timur Tengah, dan masyarakat India. Bentuknya yang tips menyerupai bulan sabit menyematkan sifat penyembuhan yang manjur. Jinten hitam tersedia dalam bentuk minyak hasil ekstraksi maupun kapsul siap minum yang dijual di apotek maupun supermarket.

Hebatnya, rempah ini dilengkapi dengan sekitar 100 senyawa kimia seperti asam lemak, protein, mineral, dan karbohidrat.

1 gram jinten yang dikonsumsi dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T dan dipercaya dapat melancarkan produksi ASI secara maksimal.

  1. Kemangi

Eksitensi tanaman yang mengusung sifat khas berbau langu dan berdaun kecil ini nampaknya tidak lekang oleh waktu. Komponen yang selalu ada dalam lalapan ataupun obat penghilang bau badan ini juga mampu memperbanyak asi bagi ibu yang sedang menyusui. Kemangi memiliki efek menenangkan, dan mampu menambah nafsu makan.

Kemangi bisa dimakan bersama sayuran atau dibuat sebagai air rebusan yang natinya siap diminum. Untuk menetralisir rasa pahitnya, Anda bisa menuangkan madu secukupnya.

Tumbuhan agar produksi asi lancar yang terpatri dengan nama khusus Ocimum basilicum ini dapat meredakan demam, masuk angin, menyehatkan mata dan mulut, anti inflamasi yang mencegah osteoporosis, dan menunda menopause karena senyawa triptofan.

  1. Pepaya

Buah yang kaya akan suplai vitamin A, C, kalsium, asam folat, dan enzim papain ini mampu mempermudah proses pencernaan protein. Ibu menyusui perlu banyak cadangan protein untuk memproduksi ASI. Pepaya yang mempunyai banyak cairan ini dapat dimakan ketika ranum, atau dibuat menjadi sup saat masih mengkal.

Banyak alternatif menghidangkan pepaya, misal sayur asam.

Anda juga bisa menyajikan segelas jus pepaya setiap hari, mengolahnya dengan dikombinasikan bersama madu atau kue yang rendah gula.

Penawar agar asi keluar banyak ini tidak akan menguras kantong anda, patokan harganya yang murah dan ketersediaannya yang tidak pernah habis di pasaran bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

  1. Havermouth (Oatmeal)

Selain berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah, oatmeal juga salah satu makanan yang memperbanyak asi. Wanita yang terbiasa sarapan setiap pagi dengan memakan havermouth akan merasa relaks dan memicu hormon oxytocin yang berpengaruh pada air susu ibu.

Pengganti karbohidrat kompleks yang kaya serat sekaligus masuk dalam daftar makanan sehat ini bisa disandingkan dengan segelas susu. Energi yang dipasok oleh oatmeal cocok sekali untuk kegiatan Anda yang multitasking.

Langkah pembuatan yang cukup mudah dan tidak menyita waktu membuat penggemar oatmeal terdiri dari berbagai kalangan, anak-anak hingga orang dewasa.

  1. Bayam

Pemilik zat besi yang ambil peran dalam pembentukan sel darah merah ini juga membawa Vitamin B yang akan mempertebal kekebalan tubuh si bayi. Agar asi keluar banyak, Anda bisa memasaknya menjadi sup, tumisan, atau mencampurnya dengan buah-buahan dan madu sebagai jus smoothies yang lezat.

Sayuran hijau dengan klorofil ini menyuguhkan vitamin A, C, E, K, protein, thiamin, riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalsium.

Sama dengan sayur berwarna hijau lainnya, bayam mengandung enzim phytoestrogens ini dapat memperbanyak ASI.

Bayam juga berguna melawan sel kanker, menjadikan penglihatan lebih taja, jantung lebih sehat, dan menurunkan tekanan darah tinggi bekat sodiumnya.

Bagaimana? Masih bingung agar asi keluar banyak setelah membaca ulasan di atas?. Imbangi dengan olahraga ringan dan gaya hidup akurat agar hasilnya lebih memuaskan.