Bagaimana Agar ASI Banyak? Berikut Ini Cara Yang Tepat Untuk Anda

Bagaimana Agar ASI Banyak? Berikut Ini Cara Yang Tepat Untuk Anda

pelancarasibanner

ASI merupakan makanan atau minuman untuk bayi yang di peroleh secara gratis, ASI memiliki lebih banyak manfaat dari pada susu formula lainnya. Siapa sih yang tidak tahu ASI? Ya, air susu yang di peroleh dari ibu.

ASI sangat cocok untuk di konsumsi oleh bayi, ASI mampu memenuhi kebutuhan bayi baik dalam gizi maupun nutrisi. Kelebihan ASI lainnya dari pada susu formula adalah mampu mempererat hubungan yang terjadi antara bayi dengan ibu, dapat menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh bayi, ASI lebih higienis dan aman untuk dikonsumsi oleh bayi.

ASI baik dikonsumsi oleh bayi yang baru lahir hingga bayi berusia sekitar 2 tahun, hal tersebut di maksudkan agar tumbuh kembang bayi bisa maksimal dan kesehatan bayi tetap terjaga dengan baik.

Agar ASI Banyak

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Menjaga kesehatan ibu yang sedang menyusui sangat mempengaruhi air susu ibu yang di keluarkan terutama pada pikiran ibu, untuk itu sangat di sarankan apabila pikiran ibu saat menyusui bisa rileks tanpa beban.

Semua ibu dapat dengan mudah mendapatkan ASI dari payudaranya, tetapi ada sebagian ibu yang masih merasa kebingungan bagaimana caranya agar ASI banyak dan mencukupi kebutuhan si kecil.

Berikut beberapa tips agar ASI banyak yang bisa langsung dicoba di rumah :

  • Memijat Payudara

Langkah pertama yang bisa di lakukan agar ASI banyak ialah dengan cara memijat payudara, hal tersebut berfungsi untuk membuat ASI susu yang dihasilkan banyak. Metode tersebut bisa di lakukan pada malam hari ketika telah selesai memberikan ASI kepada bayi.

  • Menyusui Secara Bergantian

Menyusui bayi sebaiknya dilakukan secara bergantian antara payudara sebelah kanan dan payudara sebelah kiri, hal tersebut bertujuan agar ibu tidak merasa cemas ketika ASI tidak keluar.Untuk melakukan hal tersebut sebaiknya ibu memberikan jeda atau selang waktu antara 10 hingga 15 menit agar produksi ASI bisa bertambah banyak.

  • Menyusui Sesering Mungkin
pelancarasibanner

ASI sangat bermanfaat bagi si kecil karena memiliki banyak khasiat dibandingkan dengan susu formula lainnya, untuk itu ibu lebih disarankan untuk menyusui bayinya sesering mungkin agar ASI yang dihasilkan bisa banyak. Ibu menyusui bayi paling tidak 2 jam sekali.

  • Mengkonsumsi Air Mineral

Ibu yang sedang menyusui pastinya akan lebih cepat lelah dan haus, untuk itusangat disarankan mengkonsumsi air mineral yang banyak. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari dehidrasi ketika sedang menyusui sang buah hati.

Ini merupakan salah satu cara agar ASI banyak yang juga bisa anda lakukan. Pastikan puting ibu tidak berada pada mulut bayi sehingga mampu memompa dan memberikan ASI kepada bayi dengan banyak.

  • Rileks

Memiliki pikiran yang positif dan terhindar dari stres ialah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produksi air susu ibu, untuk itu ibu harus membuat pikirannya rileks dan tidak berpikir negatif.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang memiliki gizi, vitamin dan nutrisi yang tinggi, gizi, vitamin dan nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Makanan yang bisa anda konsumsi diantaranya yaitu buah-buahan dan sayuran seperti daun katuk, daun kemangi dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Hindari Minuman Bersoda Dan Beralkohol

Minuman bersoda dan beralkohol merupakan minuman yang harus dihindari oleh ibu ketika sedang dalam masa menyusui, karena kandungan yang terdapat pada 2 minuman ini tidak baik untuk kesehatan bayi.

  • Mengompres Payudara Dengan Air Hangat

Cara ini bisa anda lakukan setelah selesai menyusui. Anda bisa melakukannya dengan cara mencelupkan handuk ke dalam air hangat, kemudian menempelkannya ke payudara anda. Diamkan beberapa saat dan ulangi lagi hingga dirasa cukup.

  • Olahraga Ringan

Untuk berolahraga, anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup melakukan olahraga yang ringan saja. misalnya dengan melakukan yoga, joging atau sekedar jalan santai bersama bayi anda di pagi dan sore hari. Selain untuk kesehatan, olahraga ringan ini juga bisa membantu merilekskan pikiran anda.

Untuk mendapatkan ASI yang banyak dan berkualitas ternyata mudah dan praktis bukan? Jadi mulai sekarang anda tidak perlu cemas lagi akan produksi ASI yang dihasilkan. Selamat mencoba ya.

pelancarasibanner