Home » Tips Ibu Menyusui » Cara Mengatasi Masalah Bayi Bingung Puting

Cara Mengatasi Masalah Bayi Bingung Puting

Cara Mengatasi Masalah Bayi Bingung Puting

Banyak ibu yang baru tahu tentang bayi yang mengalami bingung puting sehingga perlu tahu cara mengatasi masalah bayi bingung puting. Bingung putting merupakan salah satu istilah yang diberikan pada bayi bila bayi telah dikenalkan pada dot atau semacamnya selain puting. Kebiasaan bayi yang diberikan dot karena bayi diberikan susu formula, atau air putih atau juga ASI dalam botol mengakibatkan hal ini. Bingung putting terjadi saat menyusui secara langsung bayi menjadi tak nyaman dan resah sehingga tak mau lagi menyusui langsung kecuali menggunakan dot. Hal ini meresahkan para ibu dan mungkin anda yang perlu sekali penanganan khusus yang mampu mengatasi hal seperti ini.

Bingung puting juga membuat hubungan ibu dan anak menjadi terganggu karena bayi tak bisa bersentuhan langsung dengan ibu yang mengakibatkan bonding attachment tak terbangun dengan baik alhasil menciptakan ibu yang tak memiliki naluri kuat dengan keadaan bayi. Tak hanya itu menyusui juga ternyata memberikan keuntungan pada ibu karena dapat menghasilkan hormon yang dapat memproduksi ASI bila ASI sisa sedikit atau bahkan habis. Sehingga bila tak menyusui ibu bisa saja tak menghasilkan ASI lagi kedepannya karena tak terstimulasi dengan bayi yang mengenyot pada payudara ibu.

Cara Mengatasi Masalah Bayi Bingung Puting

Ibu perlu tahu cara mengatasi masalah bayi bingung puting dan akbitanya bila tak ditangani dengan baik:

 

Cara mengatasi masalah bayi bingung puting :

  • Dengan berhenti menggunakan dot
Baca Juga  Cara Memilih Pompa ASI Yang Bagus

Ini yang perlu anda lakukan sekarang yaitu menghentikan penggunaan dot pada bayi atau semacamnya selain puting. Hal ini merupakan salah satu cara yang harus anda lakukan karena mau tidak mau inilah yang membuat bayi bingung puting. Kalau sudah mengetahui hal seperti ini bisa langsung berhenti menggunakan dot atau secara perlahan dikurangi pemakaiannya dan rutin dengan putng ibu.

  • Mencoba dengan menyusui menggunakan puting
pelancarasibanner

Setelah anda berhenti menggunakan dot dan sebagainya mulailah dengan menggunakan puting. Dapat dilakukan dengan cara menyusui yang baik dan benar yang mampu untuk membuat bayi nyaman saat disusui. Hal inilah yang perlu anda ketahui, cobalah dengan posisi tidur yang membuat bayi nyaman tanpa harus menggendongnya karena bayi dalam keadaan tidur. Bila bayi tenang dan nyaman dapat dengan mudah mengajarkan untuk menyusui kembali langsung emlalui payudara.

  • Lakukan secara rutin

Pastinya anda harus lakukan ini dengan rutin,bila tidak bayi akan kembali lagi mencari dot atau kembali bingung puting lagi karena tak diajarkan secara terus menerus dan juga tak diperkenalkan dengan puting secara terus-menerus. Sehingga bagi anda yang sibuk bekerja cobalah untuk mengambil libur atau cuti untuk menangani bayi anda.

Hal yang terjadi saat cara mengatasi masalah bayi bingung puting tak dilakukan :

  • Bayi tak nyaman lagi melalui payudara

Pasti ini akan terjadi dan anda dapat rasakan. Bayi akan bermain dengan puting namun tak menyedot untuk mendapatkan ASI karena berbeda dengan dot. Dengan kekuatan yang sedikit dapat mengeluarkan ASI yang banyak dan mengakibatkan bayi menjadi malas bila menyusui melalui payudara. Tak hanya itu saja bayi dapat juga menjadi menangis dan merengek bila disusui langsung melalui payudara.

  • Bayi dapat ketergantungan pada dot
Baca Juga  Yuk Hindari Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Bila bayi anda sudah tak nyaman melalui puting yang ada di payudara pasti juga akan bergantung terus pada dot yang anda sering gunakan. Bayi akan malas karena bayi yang menyusui melalui dot menjadi lebih mudah menghisap ASI karena memang mekanismenya seperti itu. Beda halnya dengan puting yang membuat bayi perlu untuk menghisap dengan penuh kekuatan yang melatih bayi untuk tetap berusaha dan menggerakan otot di wajah.

  • Nutrisi tak terpenuhi

Ini pasti yang terjadi karena saat ASI anda telah ditaruh dibotol akan membuat nutrisi menjadi tak sama dengan yang baru ada di payudara. Sehingga nutrisi yang didapatkan bayi setelah menggunakan botol kaca tak 100% memiliki nutrisi yang sama dengan ASI langsung dari payudara.

Sehingga cara mengatasi masalah bayi bingung puting dapat diatasi dengan melakukan cara menyusui dengan puting, boleh dengan posisi tidur atau juga dengan posisi duduk yang menggunakan metode C-hold. Yang terjadi bila tak diatasi segera dpaat menimbulkan banyak masalah pada bayi di tahap tumbuh kembang ini.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini