Home » susu formula » Bolehkah ASI Diselingi Susu Formula?

Bolehkah ASI Diselingi Susu Formula?

Bolehkah ASI Diselingi Susu Formula? Cek di Sini

Tidak semua ibu menyusui memiliki kondisi yang cukup baik dan sehat untuk menyusui bayinya, bahkan ada beberapa ibu yang produksi ASInya tidak cukup baik sehingga susu formula merupakan salah satu alternatif yang menjadi pilihan ibu agar kebutuhan makanan bayinya terpenuhi. Muncul pertanyaan bahwa bolehkah ASI diselingi susu formula? Apakah tidak berbahaya? Sebarnya pemberian susu ASI yang diselingi dengan susu formula pada bayi sah-sah saja, selama pemberian ASI lebih mendominasi ketimbang pemberian susu formula. Hal tersebut dikarenakan kandungan gizi pada ASI lebih baik ketimbang susu formula, sehingga jika ibu ingin memberikan gizi terbaik dalam tumbuh kembang bayi ibu, ada baiknya untuk memberi ASI secara eksklusif ketimbang diselingi susu formula.

bolehkah ASI diselingi susu formula

Ada banyak kandungan bermanfaat pada ASI yang tidak terkandung dalam susu formula yang diantaranya adalah:

  1. Bolehkah ASI diselingi susu formula? Pada dasarnya ASI mengandung sebanyak 87,5% air, dengan tingkat kekentalan yang sesuai dengan kemampuan daya serap bayi, sehingga organ-organ dalam tubuh bayi tidak bekerja terlalu keras selama proses penyerapannya. Berbeda dengan susu formula yang berbentuk bubuk dan harus dicampur dengan air sehingga tingkat kekentalannya tidak konsisten.
  2. ASI mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi pada bayi.
  3. ASI memiliki protein yang cukup dan tidak berlebihan seperti yang terkandung dalam kebanyakan susu formula, sehingga ASI tidak mengakibatkan alergi pada bayi.
  4. ASI mengandung kadar lemak yang tinggi untuk mendukung pertumbuhan otak bayi. Jadi pertanyaan tentang bolehkah ASI diselingi susu formula? Semua tergantung pada seberapa peduli ibu pada tingkat perkembangan otak bayi ibu.
  5. Agar bayi tubuh sehat dan kuat, bayi membutuhkan asupan ASI yang megandung karnitin yang berfungsi sebagai pembentuk energi yang dibutuhkan oleh bayi. Kandungan karnitin sangat diperlukan untuk mempertahankan metabolisme tubuh sang bayi agar bayi tumbuh kuat dan sehat.
  6. Hampir semua vitamin yang larut di dalam air seperti asam folat, vitamin B dan vitamin C terkandung dalam ASI
  7. Bolehkah ASI diselingi susu formula? Sebenarnya ASI mengandung mineral yang cukup banyak, sehingga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi yang mampu membantu pembentukan jaringan otot dan rangka, serta transmisi jaringan saraf dan pembekuan darah.
  8. ASI mengandung laktoferin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan usus halus bayi
  9. ASI mengandung sel darah putih hidup yang sangat banyak, bahkan jumlahnya bisa mencapai jutaan dalam sekali menyusui bayi. Sel darah putih berfungsi sebagai anti bodi. Dan faktanya, tidak semua susu formula mengandung sel darah putih. Kalaupun ada, kandungan sel darah putinya sudah mati.
  10. Vitamin dan mineral pada ASI ibu cenderung lebih mudah diserap oleh bayi, sedangkan pada susu formula, semakin banyak vitamin dan mineral yang terkandung, maka bayi akan semakin kesulitan mencernanya.
Baca Juga  Keunggulan ASI Eksklusif Dibanding Susu Formula untuk Bayi

Itulah beberapa ulasan tentang kandungan dalam ASI yang bisa menjawab pertanyaan ibu tentang bolehkah ASI diselingi susu formula. Sehingga menjadi alasan bagi para ibu untuk lebih mempertimbangkan pemberian susu formula kepada sang bayi. Serta memberi kesadaran pada para ibu bahwa ASI merupakan makanan terbaik yang dapat diberikan oleh seorang ibu kepada bayinya dalam membantu pertumbuhan sang bayi agar tumbuh sehat dan kuat. Jika ibu ingin bayi ibu tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas, maka berikanlah ASI eksklusif.

 

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini