Home » Tips Ibu Menyusui » Bolehkah Bayi Minum Air Putih

Bolehkah Bayi Minum Air Putih

Bolehkah Bayi Minum Air Putih

Bolehkahbayi minum air putih sebenarnya tak perlu sekali untuk dilakukan bagi beberapa orang tua terkhusus seorang ibu. Fakta ini ada karena banyak sekali orang yang masih menyamakan bayi dengan orang dewasa sehingga mereka beranggapan bahwa air putih boleh diberikan pada bayi. Sesungguhnya bayi merupakan makhluk unik yang tak dapat disamakn dengan tahapan perkembangan yang lainnya. Bayi mulai dri umur 0 – 1 tahun atau ,uali dari lahir hongga berumur satu tahun. Pada tahap perkembangan ini bayi memiliki perncernaan yang masih belum sempurna sehingga rentan dan hanya bisa mendapatkan nutrisi secara baik dan aman melalui ASI. Air putih dapat diserap oleh pencernaan bayi namun perlu diketahui bahwa air putih tak memiliki nutrisi sehingga hanya dapat menghilangkan dehidrasi pada bayi. Pemerintah Indonesia telah memerintahkan untuk melakukan ASI eksklusif yag merupakan gerakan memberikan makanan dan minuman pada bayi hanya ASI saja tak ada yang lain selama lahir hingga 1 tahun. Hal ini berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi semakin baik dan sempurna.

Bolehkah Bayi Minum Air Putih

Ternyata bolehkah bayi minum air putih memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri yaitu :

Keuntungan bolehkah bayi munim air putih :

  • Dapat membantu menghilangkan cegukan

Pastinya dapat anda ketahui bahwa cegukan dapat dihilangkan dengan meminum air putih hangat yang memang dapata mengatasi cegukan yang terjadi akibat beberapa hal. Tak hanya pada bayi saja namun juga bisa pada orang dewasa sehingga ini hanya untuk alternatif saat cegukan bukan untuk kebutuhan sehari-hari.

  • Pertolongan pertama saat kehausan
Baca Juga  4 Cara Menyimpan Asi Eksklusif Di Kulkas

Ini yang pastinya anda ketahui juga saat bayi mengalami kehausan pastinya anda tak bisa langsung memberikan ASI di tempat umum dan cara satu-satunya adalah memberikan air putih yang dapat meredakan sejenak kehausan pada bayi dan langsung berikan ASI. Karena ASI juga mengandung air yang dapat menghilangkan kehausan bahkan juga dehidrasi pada bayi bukan yang lain.

  • Untuk mengatasi kekurangan ASI

Bila anda merupakan ibu yang sering sekali susah untuk mengeluarkan ASI atau sering tersendat dan hanya mengeluarkan ASI sedikit pada bayi. Hendaknya konsultasikan pada dokter untuk memberikan susu formula atau air putih sebagai salah satu alternatif yang tetap saja tak bisa menggantikan ASI.

pelancarasibanner

Kerugian bolehkah bayi minum air putih :

  • Bayi menjadi kekurangan gizi atau nutrisi

Tentu saja anda pasti tahu hal ini karena bayi hanya dapat menerima nutrisi dengan bayi dengan menyerap dari ASI yang ibu berikan. Bahkan bila dalam keadaan dehidrasi atau kehausan sekali pun perlu gunakan ASI sebagai salah satu obatnya. Karena ASI tak hanya memiliki kandungan air namun juga memiliki nutrisi yang dapat membuat bayi kehausan menjadi tak haus lagi serta mendapat nutrisi.

  • Bayi bisa kembung

Ini yang sering terjadi saat memberikan air pada bayi bisa menjadi lebih mudah kembung dari pada memberikan ASI. Hal ini terjadi karena ASI memiliki nutrisi sehingga lebih bernutrisi dan di proses di lambung namun bila air tak memiliki nutrisi jadi tak lebih encer dan dapat membuat kembung bila kebanyakan pada perut.

  • Pertumbuhan dan perkembangan menjadi terhambat
Baca Juga  Penyebab Dan Cara Mengatasi Payudara Perih Saat Menyusui

Ini yang paling sering ditakutkan banyak orang adlaha pertumbuhan dan perkembangan menjadi terlambat. Karena pada saat memberikan air lebih banyak dari pada ASI pastinya bayi tak mendapatkan nutrisi lebih terpenuhi karena pada dasarnya air tak memiliki nutrisi dan hanya menghilangkan rasa haus dan kekurangan cairan pada tubuh. Sehingga dapat anda pikirkan pada bayi bila melakukan hal tersebut, perkembangan dan pertumbuhan bayi terlambat karena nutrisi yang dibutuhkan pada tahapan ini sungguh banyak dan hanya ASI yang gratis mampu mengisi kebutuhan nutrisi pada bayi.

Sehingga bolehkah bayi minum air putih menjadi salah satu yang hanya diperbolehkan karena hal yang mendadak bukan untuk menjadi hal yang dilakukan secara rutin hingga dapat mengurangi mengonsumsi ASI pada bayi dengan melihat keuntungan dan kekurangan yang telah dijelaskan pasti anda akan mulai berwaspada untuk memberikan air putih kepada sang buah hati yang sebenarnya membutuhkan nutrisi yang ada di ASI dari pada air putih yang sering anda konsumsi.

 

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini