Home » Tips Ibu Menyusui » Bolehkah Ibu Menyusui Ikut Donor Darah?

Bolehkah Ibu Menyusui Ikut Donor Darah?

Bolehkah Ibu Menyusui Ikut Donor Darah?

Jika anda adalah seorang ibu menyusui, maka ada banyak hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya adalah bolehkah ibu menyusui ikut donor darah? Hal ini menjadi pertanyaan yang ternyata masih sering muncul terutama pada ibu muda saat ini. Banyak yang ragu dengan jawaban yang ada. apa lagi saat sedang menyusui pastinya akan butuh ASI yang cukup sehingga apakah donor darah akan pengaruh pada pemberian ASI untuk si buah hati? Untuk tahu jawabannya dengan lebih pasti, maka berikut ini ada sedikit info yang bisa anda pahami. Jadi, perhatikan dengan seksama sehingga tidak akan membuat kandungan ASI yang anda miliki turun kualitasnya terutama untuk sang buah hati tercinta.

Membahas Hal- Hal Yang Terkait Dalam; Bolehkah Ibu Menyusui Ikut Donor Darah?

Menyusui bagi para ibu adalah menjadi momen penting. Sang ibu bisa berikan ASI dengan kualitas yang bagus terutama untuk dukung tumbuh kembang anak semakin membaik. Akan tetapi, kalau sampai anda sebagai salah satu ibu terbiasa mendonorkan darah saat masih belum memiliki anak, apakah kegiatan ini masih diperolehkan saat anda sedang menyusui. Berikut ini penjelasannya yang bisa bantu anda sedikit memahami keputusan donor atau tidak.

Bolehkah Ibu Menyusui Ikut Donor Darah

  1. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti dunia, ada yang memberikan jawaban yang beragam. Sebagian menyatakan boleh asalkan seorang ibu yang menyusui sudah melewati masa pemberian ASI eksklusif. Namun, ada juga yang tidak membenarkan hal ini. Bahkan ada juga buat anda yang mau donor darah dan masih menyusui diperbolehkan untuk donor darah. Dengan catatan kalau anda sendiri tidak anemia.
  2. Jika dilihat lagi, seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui jangan sampai kekurangan darah. Jadi, bisa dikatakan kalau anda mau donor darah, hal yang dikhawatirkan adalah kekurangan darah. Untuk itu, akan lebih baik untuk tidak usah mendonor.
  3. Keputusan untuk donor darah saat sedang menyusui juga menjadi salah satu yang bisa dipertimbangkan seseorang dilihat dari kondisi kesehatan. Jika anda memiliki riwayat kesehatan bagus maka anda bisa donor. Namun, anda tidak usah khawatir karena saat anda mau donor semua pengecekan kesehatan akan dilakukan sehingga akan ada jawaban dari tiap kondisi individu yang hendak mendonorkan darahnya. Hal ini juga termasuk anda yang merupakan ibu menyusui.
  4. Jika seorang ibu masih dalam usia 6 bulan selepas melahirkan, maka akan lebih baik untuk tidak mendonor darah. Dalam masa ini anda sedang dalam pemberian ASI eksklusif, sehingga jika ditanya bolehkah ibu menyusui ikut donor darah? Maka jawabannya cenderung menjadi tidak. Namun, anda bisa konsultasikan lagi pada dokter yang akan bertanggung jawab dalam hal donor darah ini terkait dengan anda yang masih aktif menyusui sang buah hati.
Baca Juga  Yuk Hindari Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Diare

Kekhawatiran Dari Pertanyaan; Bolehkah Ibu Menyusui Ikut Donor Darah?

Jika menurut beberapa ahli kesehatan donor darah itu selalu aman untuk siapa saja yang memenuhi syarat, maka sekilas yang hanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Biasanya hal ini mencakup pada kondisi seseorang sehat jasmani dan rohani berat, badan minimal 45 kg, tidak sedang menderita penyakit tertentu, dan juga tidak sedang mengkonsumsi obat- obatan. Namun, jika anda ibu yang sedang menyusui akan beda lagi pertimbangannya. Anda masih dilihat apakah sedang dalam masa pemberian ASI ekslusif tidak.selain itu, jika anda donor maka yang ditakutkan adalah kandungan ASI yang berkurang nutrisinya karena sang ibu harus kekurangan darah yang mungkin berbeda dari sebelum donor. Hal ini juga bisa jadi berimbas pada kondisi kesehatan sang buah hati. Untuk itu, lebih baik setiap ibu yang merasa ingin donor darah bisa datangi dokter pribadinya. Dengan konsultasi kekhawatiran yang ada pun bisa hilang. Bahkan dengan melakukan donor maka akan ada regenerasi dari sirkulasi darah yang ada di tubuh anda. Maka dari itu, jika ada pertanyaan soal bolehkah ibu menyusui ikut donor darah, jawabannya akan bergantung pada kondisi kesehatan ada sebagai seorang ibu yang sedang dalam masa pemberian ASI.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini