Home » Info » Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

Memiliki momongan memang menjadi hal yang menyenangkan. Kehadiran buah hati tidak bisa dipungkiri menjadi kado terindah bagi mereka yang telah lama membina hubungan rumah tangga. Ya, tawa serta tangis dari malaikat kecil itu seolah menjadi kado paling istimewa untuk menemani hari-hari mereka. Melepas penat dan mencurahkan segenap kasih sayang.

Namun tentu tak semudah membalikkan telapak tangan, sebagai orang tua khususnya ibu anda pun harus bisa menjadi pendidik yang baik bagi mereka. Mau atau tidak, anda harus mengerahkan waktu dan tenaga untuk merawat mereka dengan baik. Termasuk menyuplai asi yang menjadi makanan pokok dalam keseharian mereka.

Saking pentingnya asi, ia bahkan disinyalir mampu melengkapi hingga 400 nutrisi kompleks untuk mendorong perkembangan baik secara afektif maupun kognitif pada bayi anda. keunggulan lain yang ditawarkan oleh asi ialah dapat menghambat datangnya penyakit yang mengancam kesehatan bayi seperti infeksi telinga, radang paru-paru (pneumonia), radang pencernaan (gastroenteritis), sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Begitu hebatnya asi, ia bahkan tidak bisa tergantikan dengan susu formula yang anda beli dengan harga fantastis sekalipun. Maka tak heran jika menilik kelebihannya yang super duper ini banyak ibu yang kemudian memutuskan untuk memberikan asi eksklusif untuk bayi mereka.

Tetapi tak menutup kemungkinan jika pemahaman ibu di luar sana mengenai asi juga masih sangat terbatas. Ada saja mitos yang menyebutkan bahwa makanan pedas dan minuman es dapat mengganggu kesehatan si buah hati. Termasuk dengan pertanyaan bolehkah ibu menyusui makan mie instan. Seperti yang kita ketahui, makanan cepat saji ini menjadi santapan favorit bagi banyak orang.

Baca Juga  Cara Menyimpan dan Memberikan Asi Saat Travelling

Sebenarnya bagi ibu menyusui tidak boleh asal-asalan dalam menentukan menu makanan apalagi mie instan. Karena apapun yang masuk ke dalam tubuh akan berimbas pada kualitas asi yang dihasilkan. Proses laktasi ini akan berpengaruh terhadap jumlah maupun rasa asi.

pelancarasibanner

Mie instan selama ini dirasa sebagai alternatif yang paling mengenyangkan karena bahan pembuatannya sendiri terbuat dari terigu yang mampu memasok karbohidrat dalam jumlah yang mencukupi. Meski banyak pro dan kontra berkaitan dengan bolehkah ibu menyusui makan mie instan tetapi panganan ini nyatanya tetap digemari oleh masyarakat. Selain enak, tak perlu waktu lama untuk mengolahnya.

Makanan ini juga diperkaya dengan gluten yang menjadikan mie instan terasa kental dan mengembang. Tapi ada sebagian orang yang susah dalam mencerna gluten ini karena rusaknya daya tahan tubuh yang membuat gluten dapat memperburuk kondisi dinding pada usus halus.

Di samping itu, mie instan juga menyumbang prosentase cukup besar untuk lemak jenuh, yakni 4-8 gr. lemak ini tidak menutup kemungkinan dapat menjadi lemak jahat yang bisa memenuhi 40 persen dari keseluruhan kebutuhan lemak setiap harinya. Walaupun mie intan dilengkapi dengan beberapa vitamin dan mineral, namun belum cukup untuk melunasi takaran yang anda perlukan. Khususnya bagi ibu menyusui yang butuh nutrisi berlipat.

Untuk memperdalam wawasan Anda mengenai bolehkah ibu menyusui makan mie instan, berikut beberapa mitos dan fakta yang menyertainya.

  1. Mie instan kenyal karena bahan dasarnya karet
Baca Juga  4 Cara Menyimpan Asi Eksklusif Di Kulkas

Ini sama sekali tidak benar karena kekenyalan pada mie instan disebabkan oleh gluten dari tepung terigu. Gluten juga banyak ditemukan pada gandum.

  1. Mengandung pengawet makanan

Bahan pengawet di dalam mie instan telah melalui seleksi ketat dari BPOM sebagai badan resmi milik pemerintah yang mengawasi obat dan makanan yang beredar dalam masyarakat. BPOM sendiri menyatakan pengawet dalam mie instan masih wajar.

  1. Menggunakan lilin

Mie instan yang keruh sama sekali tidak menyertakan lilin. Itu merupakan minyak sisa deep fring atau sebuah teknik pengawetan yang menggunakan minyak panas untuk mengurangi kadar air dalam mie.

  1. Air sisa rebusan harus dibuang

Ini sama saja Anda menyia-nyiakan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya.

  1. Punya kandungan MSG tinggi

Senyawa msg atau penyedap rasa memang terdapat dalam mie instan, namun masih dalam batas yang aman. Kecuali untuk beberapa orang yang alergi dengan msg, mereka bisa merasakan pusing atau migrain saat mengkonsumsinya.

Bolehkah ibu menyusui makan mie instan sepenuhnya tergantung pada Anda. Tentu Anda bisa mempertimbangkan bagaimana efeknya.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!