Bolehkah Ibu Menyusui Makan Pedas Dan Minum Es

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Pedas Dan Minum Es ?

Menjadi seorang ibu memang menjadi idaman banyak orang. Terlebih bagi mereka yang sudah lama membina hubungan rumah tangga. Kehadiran buah hati seolah menjadi kado paling istimewa bagi setiap pasangan. Tak heran jika banyak dari mereka yang rela menempuh berbagai cara demi bisa memperoleh momongan.

Tidak hanya sampai disitu saja, begitu anda berhasil memiliki buah hati. Anda pun harus mau mengerahkan waktu dan tenaga untuk menjaga mereka. Memantau tumbuh kembangnya serta memberikan asupan yang baik untuk mendukung pertumbuhan si kecil.

Salah satunya adalah menyuplai asi. Ya, nutrisi lengkap yang terkandung di dalam asi disebut-sebut sebagai gizi yang sempurna dan tidak bisa ditemukan dalam susu formula jenis apapun. Bahkan senyawa baik yang terdapat di dalamya ditengarai mampu membuat buah hati Anda menjadi anak yang cerdas serta memiliki kekebalan tubuh yang bagus.

Air susu ibu sebagai makanan pokok terutama saat si kecil menginjak masa keemasan yakni 0-6 bulan bahkan bisa mencegah infeksi telinga, gangguan pada pencernaan, serta melindungi buah hati anda dari serangan penyakit yang berbahaya.

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Pedas Dan Minum Es

Sayangnya, dengan segudang manfaat yang ditawarkan oleh asi, masih ada saja mitos atau berita-berita buruk yang menjadi momok menakutkan bagi ibu. Diantaranya adalah mengenai bolehkah ibu menyusui makan pedas dan minum es. Padahal seperti yang Anda ketahui, kebanyakan orang sangat suka dengan kedua tipe makanan ini. Namun karena ketakutan yang teramat sangat, para ibu diluar sana rela menghindari hidangan pedas dan segar ini.

Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh ketika Anda hanya makan pedas dalam porsi kecil saja. artinya, Anda bisa mempertimbangkan seberapa banyak kadar yang bisa Anda konsumsi agar kesehatan Anda dan si buah hati tidak terganggu. Kemudian, hindari juga hidangan dengan level pedas yang sudah diluar batas. Khususnya, seperti sekarang ini banyak beredar jajanan serba pedas yang bisa membuat siapa pun ketagihan.

Pikirkan lagi pengaruh ibu menyusui makan pedas dan minum es yang akan Anda dapatkan ini.  Selain beresiko terkena asam lambung atau sakit perut bahkan diare, kualitas asi yang harus Anda berikan kepada buah hati pun bisa saja menurun karena segala sesuatu yang Anda konsumsi juga akan berimbas pada rasa asi yang menjadi makanan pokok mereka. Jika pengetahuan Anda seputar hal ini belum begitu memadai, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau mengumpulkan wawasan sebanyak mungkin.

Melalui posyandu Anda juga dapat menanyakan kepada bidan, seperti apa makanan yang direkomendasikan dan yang harus anda hindari untuk sementara waktu selagi proses menyusui berlangsung. Meski cabai pada dasarnya dibekali dengan kandungan vitamin C yang menggiurkan, tetapi apabila Anda mengonsumsinya tanpa aturan ini justru bisa menimbulkan efek samping yang fatal.

Tidak bisa dielak bahwa menjadi seorang ibu memang memerlukan perjuangan yang sangat berat. Bebannya selama 9 bulan masih harus dibarengi dengan ketelatenan menyusui dan merawat buah hatinya dengan penuh cinta kasih.

Kabar seputar beberapa makanan atau minuman pun harus menjadi pantangan baginya. Entah itu menurut saran dokter atau hal yang sifatnya turun temurun sejak dulu. Minum es misalnya. Selepas melahirkan, mereka yang hobi dengan dunia kuliner utamanya minuman dingin harus mengorbankan kesukaannya ini lantaran takut dihinggapi permasalahan bagi kesehatan si anak.

Jika si ibu minum es maka akan membuat anak menjadi flu. Padahal antara es dan flu tidak ada hubungannya sama sekali. Bahkan belum ada penelitian yang mampu menjadi dasar bahwa flu disebabkan oleh es atau minuman dingin yang dikonsumsi oleh ibu. Pemicu flu pada bayi sendiri biasanya diakibatkan oleh cuaca, virus, hingga kekebalan tubuhnya yang terkadang masih rentan dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Apabila secara tiba-tiba bayi terserang penyakit, bisa saja dikarenakan gizinya tidak dicukupi atau tertular oleh si ibu. Namun ada baiknya jika ibu dalam kondisi kurang sehat untuk tidak minum es karena bisa membuat tenggorokan radang dan berpotensi menular pada bayi. Sehingga ibu yang sedang memberi asi eksklusif dihimbau untuk menjaga kesehatannya.

Demikian sedikit info mengenai pengaruh ibu menyusui makan pedas dan minum es. Semoga bermanfaat.