Home » Tips Ibu Menyusui » Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Penambah Darah?

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Penambah Darah?

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Penambah Darah?

Anemia atau yang sering disebut sebagai kurang darah merupakan penyakit yang bisa dikategorikan sebagi penyakit yang paling sering diderita oleh banyak perempuan. Hampir semua perempuan pernah merasakan terkena penyakit ini. Gejala penyakit anemia atau kurang darah ini dikatakan hampir mirip dengan penyakit lainnya. Kepala pusing dan mudah sekali lelah menjadi salah satu gejala penyakit yang paling mudah sekali muncul. Termasuk pada ibu yang sedang menyusui. Sehingga sebenarnya bolehkah ibu menyusui minum obat penambah darah harus dijawab dengan hati-hati dan juga dijawab menggunakan bahasa ilmiah yang mudah dimengerti. Tujuannya adalah melakukan edukasi terhadap bahayanya anemia jika tidak segera diatasi yang menyerang kaum perempuan.

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Penambah Darah Kimiawi?

Ibu menyusui sama sekali tidak terbebas dari semua jenis penyakit yang kemungkinan besar mengintainya. Salah satunya yang paling memungkinkan adalah anemia. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan ibu menyusui terkena anemia. Salah satunya adalah faktor kelelahan yang terjadi karena baru saja memiliki  bayi dan sulit sekali beristirahat. Sehingga jika ibu menyusui terkena anemia maka solusi yang paling praktis adalah dengan mengkonsumsi obat penambah darah. Namun pertanyaannya adalah bolehkah ibu menyusui minum obat penambah darah yang banyak dijual di apotik maupun toko obat? Berikut alasannya:

bolehkah ibu menyusui minum obat penambah darah

  • Ibu menyusui termasuk golongan orang yang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat. Secara sembarangan. Sehingga ibu menyusui memiliki perlakuan yang sama ketika berhadapan dengan dosis dan juga cara mengkonsumsi obat-obatan maupun vitamin. Konsumsi vitamin tau obat-obatan sembarangan yang dikonsumsi ketika ibu hamil maupun menyusui di khawatirkan akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi yang ada di dalam kandungan maupun bayi yang sedang disusui. Ibu menyusui termasuk ke dalam kategori wanita yang cukup memerluka perhatian yang besar. Mengingat ibu yang sedang menyusui membutuhkan kondisi yang senantiasa sehat untuk menjamin tumbuh kembang anak menjadi normal. Sehingga sama sekali tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat secara sembarangan ketika sedang menyusui.
  • Ibu menyusui membutuhkan suplemen yang alami yang aman untuk ibu menyusui. Sebab jika ibu menyusui mengkonsumsi suplemen penambah darah secara sembarangan, dikhawatirkan produksi asi menjadi sedikit terpengaruh. Ketika produksi asi terpengaruh maka akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi. Meskipun demikian ibu menyusui membutuhkan vitamin yang sangat baik untuk mengatasi anemia khususnya untuk ibu yang sedang menyusui. Kandungan bahan kimia yang terdapat dalam berbagai jenis vitamin penambah darah dikhawatirkan akan membuat kandungan asi yang diproduksi untuk bayi menjadi sedikit terpengaruh. Oleh karenanya, diperlukan vitamin maupun obat khusus untuk mengatasi anemia. Jika diperlukan sebaiknya konsultasikan keada dokter jenis obat seperti apakah yang boleh dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui agar efektif untuk melaawan keluhan anemia.
Baca Juga  5 Cara Memberikan Asi Perah Yang Benar

Dosis Dan Aturan Obat Penambah Darah

Mengkonsumsi obat penambah darah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Vitamin penambah darah yang dikonsumsi oleh ibu menyusui ada beberapa jenis. Masing-masing memiliki dampak atau efek samping yang berbeda djika dikonsumsi secara sembarangan. Inilah alasan selanjutnya mengapa ibu menyusui sama sekali tidak boleh menbgkonsumsi obat penambah darah secara sembarangan. Sebenarnya bolehkah ibu menyusui minum obat penambah darah jawabannya adalah boleh.

Namun tidak semua jenis obat-obatan untuk menambah darah boleh dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Ada beberapa jenis obar-obatan yang diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Yaitu jenis obat penambah darah yang terdiri dari vitamin B yang baik untuk mengatasi anemia.  Selain mengkonsumsi vitamin B, yang dianjurkan untuk dijadikan obat alami untuk mengatasi keluhan anemia adalah jenis makanan penambah darah. Mengkonsumsi makanan khususyang membanru untuk meningkatkan kondisi kesehatan terutama ibu menyusui yang terkena serangan anemia tentu saja lebih dianjurkan. Konsumsi makanan bergizi serta mengkonsumsi makanan untuk menambah darah jauh lebih dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui namun terkena anemia. Cara ini dianggap aman dan juga relatif lebih efketif untuk mengatasi keluhan anemia yang sedang diderita oleh ibu yang sedang menyusui sekalipun dan dianggap paling aman untuk dilakukan.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini