Bolehkah Ibu Menyusui Saat Sakit

Bolehkah Ibu Menyusui Saat Sakit

Menjadi seorang ibu memang menjadi hal yang menyenangkan. Tidak hanya bisa menyaksikan si buah hati tumbuh dengan tingkahnya yang lucu, anda terutama yang baru pertama kali melahirkan tentu mendapatkan pengalaman yang mengesankan bersama buah hati anda bukan?.

Mereka seolah menjadi penghibur saat penat mampir di tengah keluarga kecil Anda. Tak heran jika banyak orang beranggapan bahwa kehadiran buah hati menjadi kado teristimewa dalam membina rumah tangga.

Namun tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Anda sebagai orang tua pun dituntut untuk bisa merawat mereka dengan sepenuh hati, menyayangi dan mencukupi segala hal yang menjadi kebutuhan mereka. Salah satunya adalah menyuplai nutrisi yang nantinya akan berpengaruh terhadap kecerdasan mereka.

Gizi yang mereka perlukan tentu saja berbeda dengan orang dewasa. ASI atau air susu ibu memang menjadi pilihan paling tepat dan sangat direkomendasikan. Berbekal senyawa baik nan kompleks yang dimiliki, asi disebut-sebut sebagai asupan paling mutakhir dan baik untuk mendukung perkembangan buah hati Anda.

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Bolehkah Ibu Menyusui Saat Sakit

400 nutrisi lengkap yang tersemat di dalamnya juga mampu menangkal beragam penyakit dan meningkatkan sistem imunitas buah hati Anda. Sehingga bukan hal yang asing lagi apabila banyak ibu diluar sana mendambakan asi eksklusif untuk anak kesayangannya. Tak hanya memasok zat yang mereka perlukan, ikatan batin antara ibu dan bayi pun semakin kuat.

Namun bagaimana dengan kabar yang menanyakan bolehkan ibu menyusui saat sakit? Bagaimana dengan kualitas asi yang dihasilkan? Apakah hal ini juga akan berimbas untuk kesehatan buah hatinya? Inilah yang menjadi pertanyaan mayoritas ibu di luar sana.

Nah, jika Anda salah satu dari mereka, sebaiknya Anda kini Anda tidak perlu khawatir lagi. dengan mengumpulkan info sebanyak mungkin berkaitan dengan hal ini dan sering berkonsultasi, maka kekhawatiran Anda perlahan sirna karena sudah mengantongi wawasan yang pasti.

Seringkali banyak wanita yang memutuskan untuk berhenti menyusui sementara. Akibatnya, asi menjadi terhambat. Kalau sudah begini, bayi yang menanggung resikonya. Sebetulnya suplai asi tidak perlu dihentikan asalkan Anda dapat menangkal penularan pada bayi.

Penularan saat ibu sedang menyusui sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan masker atau obat-obatan. Anda tidak perlu cemas karena antibodi yang dibentuk saat ibu menyusui akan bekerja dengan sendirinya. Sehingga zat ini akan memproteksi bayi dari kemungkinan perpindahan penyakit.

Jadi, jawaban yang benar berhubungan dengan bolehkah ibu menyusui saat sakit ini juga tidak terlalu bahaya apabila dikaitkan dengan obat-obatan atau ramuan yang Anda konsumsi. Selama masih dalam batas wajar dan bukan merupakan obat anti kanker atau radioaktif maka semuanya akan aman saja. Konsultasikan juga dengan orang terdekat Anda yang pernah menyusui.

Selain pengetahuan bolehkah ibu menyusui saat sakit, ada juga info gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu menyusui dan cara mengatasinya.

  1. Flu atau demam

Anda bisa mengenakan masker agar virus tidak menyebar ke bayi anda ketika sedang menyusui. Flu atau batuk memang gampang sekali menular. Anda bisa memeriksakan ke dokter, dan menebus obat yang nantinya akan memulihkan kondisi kesehatan Anda.

  1. Diare

Penyakit yang selanjutnya ini dapat mengakibatkan dehidrasi sehingga ibu menyusui harus tetap menyuplai cairan sesuai porsi yang dibutuhkan setiap harinya. Atur juga pola makan Anda dan jauhi makanan yang dapat menjadi pemicu diare yang semakin parah. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan.

  1. Hepatitis A

Rasanya begitu mengerikan saat Anda mendengar penyakit ini. tapi bagi anda yang menderitanya, Anda bisa bernafas lega lantaran belum ditemukan penelitian yang benar mengenai penularan hepatitis A melalui ASI. Rajinlah untuk membersihkan tangan sebelum menyusui. Konsumsi obat hepatitis A tidak akan berimbas kepada produksi dan kualitas ASI.

  1. Diabetes

Selain disebut sebagai penyakit yang mematikan, diabetes sebagai momok yang dekat dengan lifestyle ini juga bisa saja diderita oleh ibu yang sedang menyusui. Berbahagialah Anda karena perubahan hormon di dalam tubuh akan mencegah peningkatan kadar gula darah sehingga membuatnya lebih baik.

Misal peranan hormon oksitosin yang dapat menghilangkan stress.

Bagaimana? Masih bingung dengan anggapan bolehkah ibu menyusui saat sakit?.