Home » Tips Ibu Menyusui » Bolehkah Minum Obat Saat Menyusui ?

Bolehkah Minum Obat Saat Menyusui ?

Minum obat flu, obat sakit kepala, obat antibiotik, obat warung dan obat parasetamol Saat Menyusui Boleh Tidak?

Saat hamil, seorang ibu dilarang untuk sembarang konsumsi obat yang beresiko bagi janin. Namun, apakah hal ini masih berlaku saat menyusui seperti obat flu, obat sakit kepala, obat antibiotik, obat warung dan obat parasetamol? Dari sini banyak muncul pertanyaan, “minum obat saat menyusui boleh tidak?”. Jika anda adalah seorang ibu, pasti jawabannya akan sangat bervarisi. Hal ini disebabkan tiap orang pasti memiliki resistensi pada obat yang berbeda. Namun, agar lebih jelas dan tidak beresiko pada bayi, maka akan lebih baik jika anda baca sedikit ulasan yang ada di bawah ini. Dari sini anda bisa tahu apa yang terbaik untuk kesehatan baik untuk anda sendiri dan juga bayi yang masih membutuhkan ASI anda.

Poin Penting Untuk Ketahui Jawaban: Minum Obat Saat Menyusui Boleh Tidak?

Bolehkah-Minum-Obat-Saat-Menyusui

Secara umum, tubuh akan bermetabolisme dengan segala cairan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini juga termasuk dengan nutrisi yang bisa diserap tubuh mulai dari makanan, minuman, dan juga obat. Namun, jika anda sedang dalam keadaan menyusui, apakah akan diperbolehkan untuk minum obat? Apakah hal ini akan berpengaruh pada kandungan ASI yang anda berikan pada sang buah hati? Untuk lihat jawabannya, mari kita lihat poin- poin penting di bawah ini. Anda bisa pertimbangkan seberapa penting menjaga asupan nutrisi termasuk dari sebuah obat yang anda konsumsi saat menyusui. Jadi, tidak hanya saat hamil saja anda harus menjaga badan dan juga kesehatan sesuai dengan komposisi obat. Akan tetapi, saat menyusui juga menjadi hal crucial yang mesti anda pahami.

  1. Apabila anda dalam keadaan yang kurang sehat dan sangat membutuhkan obat untuk bantu kembalikan sistem imun anak saat menyusui, maka lebih baik anda hanya mengkonsumsi obat yang diberikan dokter. Tahukah anda bahwa hanya dengan konsumsi kopi atau teh saja ternyata ada kandungan kafein yang bisa pengaruh pada ASI. Apa lagi kalau membahas obat yang sudah pasti memiliki kandungan tertentu. Jadi, kalau memang ada gangguan kesehatan sebaiknya periksa ke dokter untuk dapat resep dan saran obat yang tepat buat anda selagi menyusui sang buah hati.
  2. Untuk menjawab apakah minum obat saat menyusui boleh tidak, sebaiknya bisa kita lihat kalau ini bergantung pada kondisi. Jika anda meminum obat warung atau sembarang karena kurang fit, maka sebaiknya jangan. Obat ini nanti akan sangat berpengaruh pada kualitas ASI yang diberikan pada bayi anda.
  3. Apabila obat yang diberikan terlalu keras, maka akan ada pilihan dimana anda mesti hentikan aktivitas menyusui untuk buah hati. Memang sayang sekali apa lagi ASI akan sangat berperan penting pada kesehatan sang anak. Namun, jika anda memang butuh obat tersebut dan ternyata obat ini dinyatakan akan bahaya jika dikonsumsi saat menyusui, maka memang anda mesti hentikan proses pemberian ASI pada buah hati.
  4. Untuk alternatif yang bisa diberikan saat anda sakit tapi masih harus menyusui, sebaiknya sebelum anda minum obat, anda bisa sediakan stock ASI yang segar untuk sang buah hati. Caranya dengan memeras susu terlebih dahulu dan simpan di dalam pendingin yang memang sudah tersedia khusus untuk jaga kandungan ASI tidak berubah jika diminum sewaktu- waktu untuk buah hati.
  5. Perlu diketahui kalau anda meminum obat yang resikonya tidak membahayakan bayi, maka sebenarnya tidak apa- apa. Akan tetapi, jika bayi tidak mau dengan ASI yang diberikan itu berarti memang ada rasa yang berubah dari kandungan ASI. Dalam hal ini, jika ibu hanya alami sakit flu ringan, maka bisa lebih memilih untuk pengobatan yang kandungannya tanpa bahan kimia.
Baca Juga  Daftar 7 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi

Solusi Dari “Minum Obat Saat Menyusui Boleh Tidak?” Untuk Seorang Ibu

Jika anda masih bingung dan ragu untuk tentukan mana obat yang aman, atau perlukah anda konsumsi obat saat menyusui, maka lebih baik bisa anda konsultasikan ke dokter. Dengan alternatif dari dokter yang sudah professional, maka anda bisa temukan yang terbaik dari masalah “minum obat saat menyusui boleh tidak?”. Oleh sebab itu, jadilah ibu yang waspada terhadap masalah kesehatan.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini