Home » Tips Ibu Menyusui » Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi?

Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi?

Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi?

Minum kopi menjadi salah satu pro kontra bagi sebagian ibu menyusui. Jika anda salah satunya pasti sering bertanya, bolehkah ibu menyusui minum kopi? Memang benar jika kandungan kafein dalam kopi terlalu banyak dikonsumsi apa lagi saat sedang menyusui, akan mempengaruhi kondisi ASI yang diberikan pada bayi. Untuk itu, anda mesti tahu apa pengaruhnya kafein dan seberapa banyak takaran yang masih ditoleransi tubuh terutama menyangkut pemberian ASI eksklusif pada si buah hati. Sebenarnya, jika anda mengkonsumsi kopi, maka kandungan kafein yang akan masuk dalam ASI berkisar 1% dan bergantung seberapa banyak anda minum kopi tersebut. Perlu dipahami juga kalau yang bisa sebabkan kandungan kafein meningkat dalam pemberian ASI juga dipengaruhi makanan atau minuman lain, seperti the, coklat, dan masih banyak lagi.

Membahas Fakta Terkait; Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi?

Memang tidak mudah buat seseorang menghentikan kebiasaan minum kopi. Apa lagi kopi tersebut memang sudah pasti mengandung banyak kafein. Jika anda adalah seorang ibu yang sedang dalam menyusui, pasti sangat paham kalau hal ini nanti bisa berpengaruh pada kondisi si bayi. Untuk itu, mari dilihat lebih dalam soal fakta dari konsumsi kopi untuk anda yang memang gemar minum kopi dari saat sebelum anda mengandung.

Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi

  1. Perlu diperhatikan kalau kandungan kafein yang ada dalam kopi pasti akan tersalur ke dalam ASI. Kafein ini sendiri bisa merubah zat besi yang ada di dalam kopi tersebut. padahal, zat besi adalah kandungan yang tidak bisa disepelekan untuk memberikan bayi nutrisi yang bagus pula. Oleh sebab itu, perlu dipertimbangkan lagi untuk anda seorang ibu yang masih menyusui jika mau meminum kopi.
  2. Fakta yang kedua dalam hal ini adalah bayi bisa jadi terkena banyak resiko organ. Tahukah anda jika anda meminum kopi terlalu sering pada saat masih menyusui dimana usia byi masih di bawah 3 bulan, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan bayi? Hal ini benar karena memang ASI yang diberikan akan bertumpu pada bayi yang meminumnya. Semakin banyak kopi semakin banyak kandungan kafein yang ada di tubuhnya. Sedangkan dalam tubuh bayi masih banyak organ yang belum bisa menerima kandungan kafein dengan lebih baik. Oleh karena itu, sangat penting buat anda memahami jika ada pertanyaan bolehkah ibu menyusui minum kopi?
  3. Selain itu, pada dasarnya kopi bisa membuat anda sebagai ibu sulit tidur. Kurangnya waktu istirahat karena banyak minum kopi akan pengaruh sekali pada kualitas ASI dan imunitas. Selain kafein yang tinggi, anda pun tidak memiliki kondisi yang agus serta nutrisi yang cukup untuk si buah hati.
  4. Jika anda banyak konsumsi kopi secara berlebihan, maka anda malah cenderung mengalami asam lambung yang berlebih. Asam lambung ini sangat membuat rasa tidak nyaman di dalam perut. Apa lagi jika ini sampai diterima oleh bayi yang konsumsi ASI anda. Maka bisa dibayangkan kalau hal ini nanti akan sangat beresiko untuk kesehatan bayi anda sendiri.
  5. Lebih baik untuk berusahan hentikan kebiasaan minum kopi pada saat anda masih menyusui. Meskipun berat, tetapi hal ini penting demi kesehatan si buah hati. Anda mesti tahu kalau hal ini akan sangat pengaruh ke dalam nutrisi ASi apabila diteruskan dalam jangka waktu yang lama.
Baca Juga  Bolehkah Minum Obat Saat Menyusui ?

Pertimbangan Tepat Untuk Menjawab; Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi?

Sedikit lagi kita bahas soal kafein dalam kopi, untuk orang yang sehat kopi juga sangat pengaruh dan bisa berikan resiko yang tidak baik jika dikonsumsi berleihan. Apa lagi anda yang sedang menyusui setidaknya jangan sampai malah minum kopi dengan aturan yang sesuka hati anda. Jika terlalu banyak, maka akan berakibat fatal untuk bayi. Gantilah kebiasaan minum kopi dengan minum susu atau pun makan buah yang segar. Anda bisa temukan khasiat dan manfaat yang lebih baik, sehingga bolehkah ibu menyusui minum kopi? Jawabannya, lebih baik tidak selama anda masih menyusui si buah hati tercinta.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini