Home » Info » Tips Aman Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui

Tips Aman Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui

Tips Aman Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui

Buah dada yang mulai membesar ketika hamil membuat seorang ibu harus menggunakan bra yang berukuran sesuai dengan kebutuhan. Dan setelah bayi lahir biasanya bra yang biasanya dipakai ketika hamil ukurannya sudah tidak sesuai lagi. Maka dari itu pasca melahirkan ibu butuh bra yang ukurannya sesuai dan pastinya memudahkan ketika menyusui si buah hati.

Bra meski terlihat sepele ternyata memiliki manfaat untuk mendukung proses laktasi. Bra khusus ibu menyusui biasanya didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan bra yang bisa menyangga payudara dengan baik. Selain itu bra untuk ibu menyusui dirancang dengan cup terbuka. Dan ibu bisa membuka flap pada cup, jadi bayi dapat menyusu tanpa harus membuka seluruh bra.

Bagi ibu yang saat ini sedang kesulitan mencari bra mana yang baik untuk menyusui, maka berikut ini adalah cara memilih bra untuk ibu menyusui yang aman dan juga nyaman.

Tips Aman Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui

  1. Pilih Ukuran Bra yang Sesuai

Cara pertama yang bisa ibu lakukan untuk memilih bra untuk ibu menyusui adalah pilihlah yang ukurannya sesuai dengan ukuran payudara. Hal ini bisa membuat bayi lebih nyaman saat menyusui.

Kemudian hindari memilih bra yang ukurannya ketat karena bisa membuat ibu menjadi tidak nyaman ketika payudara sedang membesar. Selain itu memilih bra yang terlalu ketat dapat mengakibatkan sakit dan juga membuat payudara menjadi tertekan.

  1. Flap Pada Bra Mudah Dibuka
Baca Juga  Tips Agar ASI Melimpah Saat Puasa

Biasanya bayi menangis minta ASI di waktu yang tidak terduga dan bisa kapan saja. Maka dari itu, ibu perlu mengetahui kondisi ini dengan cara memilih bra dengan flap yang mudah dibuka. Perlu diketahui juga bahwa untuk kondisi terbaik sebaiknya flap bisa dibuka dengan mudah menggunakan satu tangan. Hal ini karena ketika bayi ingin menyusu lengan ibu yang satu menyangga bati jadi akan kesulitan saat memulai proses laktasi.

  1. Pilih Bra yang Nyaman
pelancarasibanner

Memilih bra untuk ibu menyusui adalah hal penting dan wajib untuk ibu lakukan. Dengan bra yang nyaman maka ketika ibu melakukan aktivitas sehari-hari ataupun ketika menyusui menjadi nyaman.

Menggunakan bra yang nyaman juga akan membuat aliran ASI menjadi lancar. Selain itu bra yang bahannya bagus juga bisa mencegah terjadinya gatal ataupun iritasi pada kulit.

  1. Pillih Cup Bra Dari Bahan Mudah Menyerap Keringat

Cup pada bra sebaiknya terbuat dari bahan yang dapat dengan mudah menyerap keringat. Ini berguna supaya setelah selesai menyusui sisa ASI yang menempel di kulit bisa terserap dengan baik oleh cup pada bra. Anda bisa memilih bra yang terbuat dari bahan katun karena bisa menyerap keringat ataupun air dengan baik.

Menjaga kelembapan payudara juga penting, jangan sampai payudara terlalu lembap karena keringat. Sebab keringat tersebut bisa mendatangkan bakteri yang berbahaya untuk bayi.

  1. Hindari Underwires
Baca Juga  Daftar 7 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi

Apabila memilih bra underwire, sebaiknya hindari menggunakannya pada awal kelahiran karena jaringan penghasil susu payudara akan meluas jadi kembali ke tulang rusuk serta ketiak. Underwire bisa menghalangi saluran ASI pada daerah tersebut dan juga akan mengganggu kenyamanan Anda.

  1. Penuhi Ketersediaan Bra

Ketika menyusui aktivitas cukup banyak terjadi pada payudara. Kita tidak pernah tahu mungkin saja payudara menjadi kotor karena keringat dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, selama menyusui sebaiknya penuhi kebutuhan bra dengan cukup. Cara memilih bra untuk ibu menyusui ini dilakukan untuk menjaga payudara tetap bersih dan sehat. Sehingga ASI yang diberikan kepada bayi pun tetap bersih.

Adanya ketersediaan bra juga bisa menghindari terjadinya kekurangan bra. Misalnya saja bra yang satu sedang dicuci dan basah, maka ibu bisa menggunakan bra yang lainnya. Jadi menyediakan bra yang cukup ketika menyusui itu perlu sekali dilakukan.

Seorang ibu yang sedang mengalami masa menyusui harus mengutamakan kenyamanan dalam memakai bra. Pilihlah bra dengan bahan yang nyaman serta bisa menyerap keringat dengan baik. Dengan begitu payudara tetap sehat dan bersih dari kotoran. Selain itu dengan bra yang nyaman maka ASI yang diberikan untuk si buah hati pun menjadi lancar tanpa gangguan. Ayo ibu utamakan kenyamanan dan keamanan.

 

 

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!