Ini Dia Daftar Buah-Buahan Untuk Ibu Menyusui Yang Sayang Jika Dilewatkan

Ini Dia Daftar Buah-Buahan Untuk Ibu Menyusui Yang Sayang Jika Dilewatkan

Selama masa kehamilan dan juga masa menyusui seorang ibu harus senantiasa memperhatikan asupan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Tak hanya mengonsumsi sayur-sayuran saja, melainkan juga buah-buahan.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa pemerintah sudah mencanangkan pemberian ASI eksklusif selama minimal 6 bulan yang seharusnya dipatuhi oleh masyarakatnya. Nah, fungsi buah-buahan disini adalah untuk membantu melancarkan ASI yang akan diberikan kepada si kecil.

Ya, ada beberapa daftar buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan gizi si ibu sendiri dan juga buah hati. Nah, berikut ini akan disajikan beberapa daftar buah-buahan untuk ibu menyusui yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Buah-Buahan Untuk Ibu Menyusui

 

  1. Jeruk

Jeruk merupakan daftar buah-buahan pertama yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ya, buah ini memang kaya akan vitamin C. Dimana ibu menyusui lebih membutuhkan banyak vitamin C dibandingkan dengan ibu hamil.

Buah-buahan untuk ibu menyusui ini pun sangat mudah sekali ditemukan di pasar tradisional ataupun di supermarket terdekat. Harganya pun relative terjangkau. Jika Anda tidak sempat untuk mengonsumsi buah jeruknya, silahkan konsumsi air perasan jeruk yang asli dan juga alami.

pelancarasibanner

Tak melulu harus buah jeruk, Anda pun bisa memilih alternative yang lainnya seperti lemon, jeruk bali, jeruk nipis, ataupun jenis jeruk yang lainnya guna memenuhi kebutuhan antioksidan serta vitamin untuk si kecil.

  1. Pepaya yang masih muda
Baca Juga  Makanan Sehat Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Pepaya memang sudah terkenal dengan buah yang kaya akan mineral, vitamin, dan juga serat yang sangat baik untuk tubuh. Fakta mengejutkannya adalah buah pepaya yang masih muda ternyata sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang menyusui.

Dimana pepaya yang masih muda mengandung vitamin A, B, C, D, E, enzim, dan mineral. Tentu kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh ibu dan juga bayi. Tentu saja buah pepaya yang masih muda ini masih terasa keras dan Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Cobalah untuk mengolah pepaya muda dengan cara di tumis ataupun dikukus terlebih dahulu supaya dagingnya terasa empuk dan sedap saat dimakan. Rasanya yang enak dan manis pasti akan membuat Anda ketagihan. Tak heran jika buah-buahan untuk ibu menyusui ini begitu digilai oleh para ibu.

  1. Blueberry

Meskipun buah ini kurang terkenal di Indonesia, namun ternyata buah ini sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dimana, di dalamnya terkandung vitamin, mineral, dan juga antioksidan yang sangat berguna untuk ibu dan si kecil.

Tak hanya blueberry saja, Anda juga bisa mencoba jenis berry yang lainnya seperti raspberry dan juga strawberry. Buah strawberry tentu masih mudah dijumpai di sekeliling Anda, terutama di wilayah yang bersuhu dingin. Anda pun bisa menanamnya sendiri di rumah jika memang kondisinya memungkinkan buah strawberry untuk tumbuh dan berkembang biak.

  1. Kelapa

Kesegaran dan manisnya buah kelapa memang tidak bisa ditolak. Terlebih lagi saat cuaca panas yang biasnya melanda wilayah perkotaan. Buah kelapa ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena hampir semua komponennya bermanfaat untuk ibu dan bayi.

Baca Juga  Makanan Pelancar ASI Selain Katuk

Kandungan mineral serta elektrolit yang ada di dalam kelapa mampu untuk menjaga si ibu agar tidak dehidrasi, sedangkan daging buahnya berguna untuk melancarkan produksi ASI. Jadi, antara ibu dan bayi mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Selain dapat melancarkan ASI, daging buahnya juga mengandung zat besi yang lumayan tinggi sehingga si kecil dan ibu dapat terhindar dari resiko anemia.

  1. Kurma, Aprikot, dan Kismis

Kurma, Aprikot, dan Kismis merupakan buah-buahan untuk ibu menyusui yang memiliki khasiat luar biasa untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Ya, hal ini disebabkan karena ketiga buah tersebut mengandung kalsium yang cukup tinggi.

Dengan mengonsumsi setengah gelas kismis atau kurma kering atau satu gelas Aprikot setiap hari dipercaya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dari si kecil karena ASI-nya akan keluar dengan lancar.

Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, ternyata buah-buahan tersebut memiliki manfaat unik untuk ibu menyusui. Jadi, jangan sampai tidak mengonsumsi buah-buahan untuk ibu menyusui tersebut ya  bunda. Semoga kebutuhan nutrisi si kecil tetap terpenuhi dan Anda tetap terjaga kesehatannya.

pelancarasibanner