Home » memperbanyak asi » Cara Alami Menderaskan ASI yang Efektif dan Aman

Cara Alami Menderaskan ASI yang Efektif dan Aman

Cara Alami Menderaskan ASI yang Efektif dan Aman

Produksi ASI memang memiliki sistem yang unik. Susu yang dihasilkan akan tergantung dari susu yang dikeluarkan atau dikonsumsi bayi. Semakin sering bayi menyusui akan membuat pengosongan yang merangsang produksi susu lebih banyak. Tidak salah jika rajin menyusui adalah cara alami menderaskan ASI yang bisa diterapkan. Lebih sering memberikan ASI secara langsung kepada bayi mempunyai beragam manfaat luar biasa. Sebagai makanan terbaik bayi, ASI bermanfaat untuk membantu pertumbuhan, perkembangan, dan kecerdasan si kecil. Badan kesehatan dunia pun sangat menganjurkan ibu memberikan ASI eksklusif 6 bulan dan ASI lanjutan hingga 2 tahun dengan ditambah makanan pendamping ASI. Bagi ibu-ibu yang mempunyai masalah ASI, bisa menerapkan langkah-langkah berikut untuk memperbanyak produksi air susu.

Cara Alami Menderaskan ASI

Cara Memperbanyak ASI

Memperbanyak ASI tidak harus dengan suplemen atau obat-obatan tertentu. Terdapat cara alami yang bisa dilakukan ibu untuk memperbanyak ASI, seperti cara-cara berikut.

  1. Menjaga kualitas makanan

Hal penting yang perlu ibu perhatikan adalah kualitas makanan yang dikonsumsi selama menyusui. Melalui makanan tertentu juga bisa menjadi cara alami menderaskan ASI. Seperti daun katuk yang banyak digunakan untuk memperbanyak produksi ASI. Bukan hanya daun hijau itu saja, sayuran hijau lain pun bisa dikonsumsi untuk memperoleh manfaat yang sama. Seperti toge dan sawi putih untuk menderaskan ASI. Selain sayuran, kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai, dan kacang tanah merupakan sumber protein yang baik untuk membantu memperbanyak produksi ASI.

  1. Menjaga istirahat dan menghindari stres
Baca Juga  6 Cara Meningkatkan Produksi ASI Yang Ampuh dan Patut Untuk Dicoba

Selain memperhatikan makanan, ibu menyusui juga perlu memperhatikan istirahatnya. Ibu menyusui disarankan untuk istirahat yang cukup supaya tidak mengganggu produksi ASI. Banyak ibu yang memiliki bayi kemudian tidak bisa mengatur waktu istirahat dan akhirnya membuat ASI yang diproduksi menjadi sedikit atau terhambat. Selain itu, menghindari stres juga dapat Anda terapkan sebagai cara alami menderaskan ASI. Ibu menyusui harus bisa menjaga fisik dan psikis untuk kelancaran produksi ASI. Stres akan memberikan pengaruh tidak baik bagi produksi ASI dan juga kualitas ASI yang dihasilkan. Peluang mengalami stres ada, terutama bagi yang baru melahirkan anak pertama. Pada kondisi tersebut, banyak hal yang perlu disesuaikan yang bisa saja membuat tekanan dan stres. Maka dari itu, bagi ibu-ibu yang baru pertama kali melahirkan bisa belajar dari ibu lain untuk menjalani masa-masa pertama menjadi ibu. Bantuan dari keluarga pun penting supaya si ibu tidak mengalami stres yang akan mempengaruhi banyak hal, termasuk produksi air susu ibu.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih banyak disepelekan orang, padahal air sederhana tersebut mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Air putih juga bermanfaat untuk produksi air susu ibu. Walaupun hanya air biasa, mengonsumsi air putih akan memberikan perbedaan bagi kesehatan seseorang. Bagi ibu menyusui sangat disarankan mengonsumsi air putih yang cukup supaya produksi ASI lancar. Air putih menjadi salah satu cara alami menderaskan ASI yang mudah untuk dilakukan. Walaupun mudah, nyatanya mengonsumsi cukup air putih sering dilupakan. Jika Anda merupakan seorang ibu yang produksi ASI-nya tidak bagus, sebaiknya mulai memperbaiki kebiasaan minum air putih. Dalam sehari, sebaiknya ibu menyusui tidak lupa dengan 2 liter air putih yang perlu dikonsumsi.

Baca Juga  Cara Memperbanyak ASI yang Aman Tanpa Menimbulkan Efek Samping
pelancarasibanner

Itulah beberapa cara alami menderaskan ASI yang mungkin bisa bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Cara di atas dapat diterapkan agar Anda bisa memberikan si kecil ASI yang begitu penting bagi tumbuh kembangnya.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini