Home » melancarkan asi » Cara Melancarkan Asi Sebelum Melahirkan Yang Benar

Cara Melancarkan Asi Sebelum Melahirkan Yang Benar

Begini Cara Melancarkan Asi Sebelum Melahirkan Yang Benar – Calon ibu yang baik, pasti punya gambaran tersendiri ketika ia berencana untuk mempersembahkan yang terbaik untuk anaknya. ASI misalnya. Ya, bayi dan air susu ibu adalah dua hal mutlak yang tidak dapat dipisahkan.

ASI adalah sumber nutrisi yang kompleks. Sebab, di dalamnya terkandung banyak sekali manfaat yang berguna untuk mendongkrak perkembangan buah hati. Uniknya lagi, gizi yang tersemat di dalam asi tidak dimiliki oleh produk susu formula mana pun.

Pada awalnya, banyak ibu yang didera kebingungan lantaran saat pertama kali mereka mengaplikasikan cara melancarkan asi sebelum melahirkan, hasil yang keluar berwarna kekuningan. Ini sama sekali bukan asi yang basi seperti persepsi kebanyakan orang, melainkan warna ini muncul karena pengaruh kolostrum dan recommended untuk dikonsumsi bayi.

Pentingnya pasokan asi demi menjamin kecerdasan bayi perlu diketahui oleh setiap ibu. Sehingga mereka pun harus melatih keluarnya asi agar nantinya pada saat menyusui ASI menjadi lebih lancar, yang artinya bayi pun akan memperoleh jatahnya secara maksimal.

Cara Melancarkan Asi Sebelum Melahirkan Yang Benar

Sebenarnya terdapat segudang terobosan baru yang bisa ditempuh oleh ibu untuk merealisasikan hal ini. Cara melancarkan asi sebelum melahirkan secara alami lebih disarankan. Selain tidak disertai efek samping, langkah ini pun tidak akan menurunkan kualitas ASI.

Nah, bagi Anda yang tertarik menerapkan tips ini, berikut ulasan selengkapnya.

  1. Asupan makanan

Melatih keluarnya asi saat masa kehamilan berlangsung jarang dipraktekkan oleh mayoritas orang. Padahal, tindakan ini berguna merangsang produksi asi yang melimpah selepas persalinan berlangsung.

pelancarasibanner

Maraknya kasus di lapangan yang menyatakan acapkali asi hanya berproduksi dalam jumlah sedikit tentu menimbulkan kekhawatiran berlebih. Pasalnya, hal ini berpotensi membuat bayi dehidrasi.

Kalau sudah begitu, dengan terpaksa anda pun harus menyuguhkan susu formula, yang terkadang tidak cocok untuk bayi Anda. Upaya preventif yang bisa anda lakukan mulai dari sekarang ialah penerapan cara melancarkan asi sebelum melahirkan dengan hidangan yang Anda santap. Kali ini Anda harus selektif dalam menyajikan kudapan di meja makan.

Baca Juga  Cara Melancarkan Asi Secara Alami

Pilihlah makanan empat sehat lima sempurna dari sayuran, buah, daging, dan susu.

  1. Terapi dan pijat payudara

Cara melancarkan asi sebelum melahirkan ini mungkin tidak asing lagi di telinga anda. Pijat refleksi pada area payudara yang bertujuan untuk mendorong ASI keluar dalam kadar yang memadai ini, bisa dengan mudah anda jumpai di klinik pijat atau praktek dokter kehamilan yang tidak jauh dari tempat tinggal anda.

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk mengunjunginya, maka anda bisa melakukan gerakan melingkar yang dimulai dari bagian bawah payudara ke atas selama 10 sampai 15 menit, lakukan hal serupa pada puting payudara. Jangan lupa oleskan minyak kelapa sebelum memijatnya.

  1. Mengkonsumsi daun katuk

Sayuran hijau yang kerap diolah menjadi panganan lezat atau dimasak bersama kecambah ini rupanya sudah sejak lama dipercaya masyarakat Indonesia sebagai ara melancarkan asi sebelum melahirkan yang manjur. Katuk yang dijual dengan harga ramah ini bisa dengan gampang anda temukan di pasar atau supermarket terdekat.

Katuk disinyalir mampu memperbanyak asi berkat vitamin, protein, dan mineral yang dimilikinya. Katuk juga dibekali dengan senyawa minyak esensial diantaranya saponin, tanin flavonoid, triterpenoid, dan asam amino yang fungsinya untuk melancarkan ASI khususnya bagi ibu yan sedang menyusui. Prosentasi serat yang mencapai 19 % pada katuk akan mempermudah metabolisme dalam tubuh.

  1. Mengompres payudara

Untuk cara melancarkan asi sebelum melahirkan ini tidak repot. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat dah handuk bersih. Celupkan kain tersebut ke dalam panci yang berisi air hangat dan kompres payudara dengan lembut. Metode ini selain berkhasiat mendongkrak produksi ASI yang banyak juga mampu mengurangi rasa sakit pada payudara. Dan mengatasi penyumbatan yang acapkali membatasi ASI untuk bayi.

Air panas juga ampuh memberikan efek tenang pada ibu. Namun sebaiknya Anda tidak memakai air yang tidak terlalu panas untuk menghindari kulit melepuh atau kemungkinan lain yang dapat membahayakan anda.

  1. Olahraga ibu hamil

Siapa bilang jika Anda dilarang hamil saat sedang mengandung?. Anggapan ini tentu salah. Selama aktifitas yang Anda lancarkan tidak berakibat fatal bagi janin, itu tidak masalah. Jalan kaki contohnya, olahraga kelas ringan ini akan melancarkan peredaran darah dan menjaga anda agar tetap fit.

Baca Juga  6 Cara Melancarkan Asi Yang Tersumbat Dengan Cepat

Menurut American Collage of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil bisa menggalakkan jalan kaki selama 30 menit per hari untuk menghindari penipisan cairan tubuh. Berenang juga dianjurkan sebagai cara melancarkan asi sebelum melahirkan.

Senam hamil dengan gerakan-gerakan sederhana yang dipandu oleh instruktur professional juga bisa Anda tirukan. Selain mendapat kebugaran dan pedoman yang sesuai, ibu hamil dapat berinteraksi dengan banyak orang sehingga bisa bertukar pengalaman.

  1. Menghindari stress

Tuntutan pekerjaan rumah atau permasalahan pribadi kerap membikin seseorang kehilangan mood untuk beraktifitas sebagaimana mestinya. Kondisi dimana psikologis tidak terkontrol karena belum merampungkan deadline atau tuntutan lain yang mesti dipenuhi memang terus menghantui. Imbas pada kesehatan, depresi juga berpengaruh pada air susu ibu. Sebaiknya seimbangkan antara pekerjaan dengan waktu refreshing Anda agar tidak menemui keadaan serupa.

Untuk menanganinya, Anda mungkin bisa mengajak pasangan berlibur sembari quality time atau menjajal yoga yang efektif menenangkan pikiran serta membuat tubuh santai. Anda pun bisa mengikuti kelasnya 1 minggu sekali dengan bimbingan pemandu yang ahli.

  1. Minum jamu

Ramuan tradisional warisan nenek moyang sudah pasti tak luput dari cara melancarkan asi sebelum melahirkan. Ya, resep turun temurun yang memanfaatkan tumbuhan herbal di sekeliling Anda, tanpa sedikitpun bahan pengawet ini bisa anda buat sendiri di rumah. Langkah pembuatannya bisa dijalankan dengan menumbuk atau mengambil perasan dari daunnya, merebus kemudian di saring dan diminum airnya.

Jika Anda butuh metode yang lebih enak, tambahkan madu atau gula aren, tips ini berlaku bagi jamu yang rasanya getir atau pahit.

Lebih praktisnya, Anda bisa mendatangi apotek atau toko jamu. Pastikan komposisi bahan aman, tidak dibarengi dengan indikasi maupun efek buruk lainnya.

Itulah beberapa cara melancarkan asi sebelum melahirkan. Agar optimal, hindarilah rokok dan alkohol yang dapat mengancam keselamatan janin.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!