Cara Melancarkan Asi Secara Alami

Simak Cara Melancarkan Asi Secara Alami – Kehadiran buah hati tidak dapat dipungkiri memberikan warna yang baru bagi biduk rumah tangga. Ya, kelahiran malaikat kecil yang akan mengusir penat serta menghadirkan tawa di tengah keluarga kecil Anda ini sungguh dinantikan oleh setiap pasangan yang ada di muka bumi. Mereka bahkan rela melakukan berbagai cara demi bisa dikaruniai anak.

Saking senangnya, mereka tidak ingin melewatkan apapun yang akan menghambat proses kelahiran si buah hati. Berusaha menyuplai nutrisinya dengan sebaik mungkin agar setelah lahir nanti ia tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas baik secara kognitif maupun afektifnya. ASI misalnya.

Nah, sebagai ibu yang sigap, sudah seharusnya cara melancarkan asi secara alami menjadi referensi yang harus Anda pahami. Usia bayi yang baik mendapatkan ASI adalah saat mereka berusia 0-6 bulan. ASI eksklusif pun menjadi pilihan paling jitu untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Sebab, dari sinilah mereka mendapatkan suplai nutrisi yang memadai.

Mengingat tidak semua Ibu bisa menghasilkan ASI yang lancar. Hal ini pun tak jarang menimbulkan kekhawatiran berlebih. Perlu diketahui bahwa produksi ASI sejatinya dipengaruhi oleh dua hormon, yakni prolaktin dan oksitosin. Semakin tercukupi pasokan gizi yang masuk ke dalam tubuh ibu maka mereka akan memperoleh kelancaran dalam menyusui bayi.

Cara Melancarkan Asi Secara Alami

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Sebelum mengaplikasikan cara melancarkan asi secara alami, ada baiknya jika Anda mengenali beberapa penyebab ASI keluar sedikit seperti di bawah ini:

  1. Penyakit

ASI yang keluar dalam jumlah sedikit tidak menutup kemungkinan adanya penyakit berbahaya yang bersarang di tubuh Anda. Kanker payudara misalnya. Memang untuk memastikan adanya gangguan yang ditengarai menjadi salah satu pembunuh kelas kakap ini Anda harus menempuh sederet langkah konkret terlebih dahulu.

Jika Anda menemukan tanda-tanda yang ganjil, ada baiknya untuk segera memeriksakan kesehatan Anda ke dokter.

  1. Proses

Segala sesuatu tidak pernah lepas dari yang namanya tahap. Pasca persalinan, ASI sudah mulai berproduksi sejak usia kehamilan 16 minggu, tetapi dihambat oleh hormon kehamilan yang tinggi. Bau pada 2 atau 3 hari seusai melahirkan, hormon tersebut turun drastis. Sat itulah asi mulai dikeluarkan dari payudara.

  1. Gaya Hidup

Coba ingat-ingat kembali, apakah selama ini Anda sudah berhasil menerapkan cara melancarkan asi secara alami yang akurat?. Sebab, kasus penyumbatan pada saluran air susu yang sering ditandai dengan adanya benjolan kecil yang keras saat dipijak ternyata merupakan dampak dari kebiasaan ini.

Penyebab lain bisa dikarenakan ukuran Bra yang tidak sesuai, pompa ASI yang kurang bagus dan masih banyak lagi.

Pemicu lain juga disebebkan oleh stress atau kecilnya kapasitas asi. Sebisa mungkin seimbangkan antara pekerjaan dan refreshing Anda agar psikologis tidak tertekan.

Mari beralih ke cara memperlancar asi secara alami yang selanjutnya. Metode ini memang banyak diaplikasikan oleh mayoritas orang karena tanpa efek samping dan tidak akan menguras budget berlebihan. Serta yang paling penting adalah keamanannya untuk si buah hati. Penasaran? Ini dia info selengkapnya.

  1. Penuhi nutrisi

Untuk melancarkan metabolisme, tubuh tentu butuh pasokan zat gizi dalam kadar yang ditentukan. Sama halnya dengan Anda yang menginginkan agar ASI bisa keluar dengan volume yang banyak. Cara melancarkan ASI yang recommended banget untuk Anda jajal adalah mengkonsumsi makanan pelancar air susu, antara lain:

  • Ikan salmon

Masuk dalam jajaran hidangan terbaik, salmon rupanya dibekali dengan DHA yang efektif mendongkrak untuk perkembangan sistem syaraf bayi Anda. DHA yang tersedia pada ikan salmon juga berfungsi meningkatkan mood mencerdaskan otak, serta mengurangi resiko baby blues.

  • Daging sapi tanpa lemak

Bila selama ini anda kerap dipusingkan karena tak kunjung menjumai makanan rendah lemak yang kaya akan zat besi, maka daging bisa menjadi pilihannya. Kekurangan zat besi dapat menguras energi Anda, terlebih setelah melahirkan anda dituntut untuk stand by nonstop demi bisa mengganti popok dan menjaga si kecil.

  • Kacang-kacangan

Sumber protein nabati yang baik untuk dijadikan cemilan sehat ini juga berkhasiat bagi ibu menyusui, terutama untuk kacang-kacangan berwarna gelap. Bukan hanya itu saja, makanan yang kerap diandalkan sebagai cara melancarkan asi secara alami ini juga dibanderol dengan harga yang ramah untuk kantong Anda.

  • Blueberi

Beri-berian yang kaya akan antioksidan sangat dianjurkan untuk ibu yang baru melahirkan. Buah ini juga punya cadangan vitamin, mineral, dan karbohidrat yang memadai. Anda mungkin bisa mengolahnya menjadi jus smoothies atau dimakan langsung.

  • Beras merah

Jika selama ini anda terbiasa memakan nasi putih, maka cobalah untuk menukarnya dengan beras merah yang rendah gula sekaligus punya karbohidrat kompleks yang bagus. Rekomendasi lain seperti roti gandum atau oat juga baik untuk anda makan.

  1. Meningkatkan frekuensi menyusui

Sebetulnya ada sejumlah cara melancarkan asi secara alami. Ya, menambah waktu menyusui anda akan berimbas pada asi itu sendiri. Ibu yang sibuk dan menghabiskan waktunya untuk bekerja ditakutkan akan berdampak pada kualitas asi yang jelek.

Susuilah bayi saat meminta dan hentikan saat ia merasa sudah kenyang.

Bayi memiliki lambung yang kecil dan ASI sangat mudah diserap. Bayi yang masih muda lebih cepat lapar.

Pasokan lemak pada menit awal selama menyusui juga rendah namun akan melonjak untuk menit setelahnya.

Menyusui yang digalakkan secara terjadwal dalam tiga bulan akan berakibat pada menurunnya prolaktin. Bayi meminta menyusu semata-mata juga bukan karena lapar. Namun juga keperluan kasih sayang dan cinta dari ibunya.

  1. Minimalisir depresi dengan breastfeeding father

Faktor kejiwaan yang membuat sang ibu diliputi cemas, dan tidak rileks faktanya andil pada produksi ASI. Peran ayah juga sangat penting bagi ibu menyusui. Mendampingi sang istri menjalani pemberian ASI tak lain adalah bentuk komitmen keluarga yang sangat diperlukan. Bulan hal yang mudah, tapi ayah mampu berperan dengan dukungan emosionalnya dan keputusan lain yang berkaitan dengan buah hati. ASI yang tidak dicukupi akan mengganggu pertumbuhan si kecil.

Suasana kehangatan bisa dibangun dengan cara melancarkan asi secara alami ini. Di sisi lain, Ibu juga akan lebih nyaman dan tentram ketika support ini datang.

Bagaimana? Ibu sudah tidak bingung lagi kan dengan trik menyusui yang benar?.