Home » Tips Ibu Menyusui » Beberapa Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar

Beberapa Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar

Beberapa Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar

Menjaga kesehatan bayi, dapat diawali dari menjaga kebersihan botol susunya. Sebagai ibu, anda mesti paham cara membersihkan botol susu bayi yang benar. Jika botol susu yang sering digunakan oleh buah hati selalu bersih saat dipakai, maka akan sangat baik pula kualitas susu yang diminumnya. Dengan kata lain, saat botol benar bersih, maka tidak ada kandungan susu yang tercampur bahaya bakteri jahat. Hal ini karena residu susu yang menjadi salah satu penyebab banyaknya bakteri juga sudah dibersihkan. Namun, untuk para ibu yang masih belum yakin dengan cara mencuci botol susu yang benar, maka anda bisa coba perhatikan beberapa cara mencuci botol susu berikut ini.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar Dengan Mudah

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Mencuci bersih botol susu secara maksimal memang sangat penting untuk dilakukan. Apa lagi jika anda adalah salah satu ibu yang peduli kebersihan pada piranti yang digunakan untuk kesehatan sang buah hati. Berikut ini, anda bisa ikuti beberapa cara yang direkomendasikan dengan benar.

  1. Sebelum anda mulai bersihkan botol susu bayi, alangkah baiknya perhatikan kebersihan tangan anda terlebih dahulu. Anda perlu bersihkan tangan anda dengan cara mencucinya dengan seksama sehingga tidak akan menambah resiko adanya bakteri di tangan anda. Terlebih lagi kalau anda sudah selesai masak atau pun seusai mengerjakan perkerjaan rumah tangga lainnya.
  2. Perlu diketahui kalau mau cuci botol susu, siapkan sebuah baskom khusus. Jangan langsung samakan cuci botol susu bayi anda dengan peralatan dapur lainnya. Gunakan sebuah baskom yang bersih dan anda bisa gunakan air mengalir selama mencuci di dalam baskom tersebut.
  3. Gunakan sebuah sabun cuci piring yang mengandung anti bakteri. Saat ini sudah banyak sabun cair pencuci piring yang mana memang memiliki khasiat cuci yang handal dan juga benar- benar bersih. Bahkan ada juga sabun cuci alat bayi yang diproduksi khusus sehingga tidak akan merusak atau pun memberikan efek kimia berbahaya pada botol susu nantinya.
  4. Untuk cara membersihkan botol susu bayi yang benar selanjutnya adalah dengan siapkan baskom yang sudah diberi air suam suam kuku. Lalu, tambahkan satu sendok makan cairan pencuci piring yang biasa anda pakai.
  5. Kocok dengan tangan anda air dan sabun yang sudah dibubuhkan di dalamnya. Buat hingga tercampur rata dan jangan lupa tetap pastikan airnya penuh. Kalau air penuh maka bisa dipastikan bahwa botol susu nantinya juga akan terendam secara keseluruhan.
  6. Saat merendam botol, pastikan anda sudah melepas tiap bagian satu per satu sehingga semua piranti botol susu bisa dapatkan rendaman air sabun secara merata.
  7. Untuk bagian membersihkan botol dengan menyeluruh, maka akan lebih baik gunakan sikat botol susu yang khusus. Jangan sampai anda juga gunakan sikat botol bayi ini untuk bersihkan piranti lainnya karena hal ini nanti akan berpengaruh dan tidak baik untuk botol susunya.
  8. Anda bisa bersihkan residu susu yang ada di dalam botol. Jangan lupa gunakan gerakan memutar pada sikat pencuci sehingga semua residu susu bisa hilang dan terbawa air saat dicuci.
  9. Jika sudah, pada bagian dot anda bisa tekan dengan jari. Pastikan air busa bisa keluar dari lubang dot karena hal ini juga bagus untuk pastikan tidak ada residu susu yang menyangkut di dalamnya.
  10. Saat semua sudah dipastikan bersih, bilas botol susu dan bagian botol susu semuanya hingga bersih. Pastikan tidak ada residu yang menempel dan juga tidak ada lagi buih yang tersisa dalam botol. Keringkan dahulu jika hendak digunakan untuk membuat susu.
Baca Juga  Cara Mengobati Anemia Pada Ibu Menyusui Secara Efektif

Manfaat Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar

Selepas anda bersihkan botol susu dengan cara di atas, ada manfaat yang bisa didapat. Selain botol susu bayi bersih dan bebas dari kuman penyakit, cara membersihkan botol susu bayi yang benar ini juga meningkatkan kesadaran anda pada kesehatan buah hati. Dimulai dari botol susu, anda sudah tahu pentingnya kebersihan untuk bayi tercinta.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini