Home » Tips Ibu Menyusui » Cara Membuat Bayi Bersendawa Setelah Minum ASI Eksklusif

Cara Membuat Bayi Bersendawa Setelah Minum ASI Eksklusif

Cara Membuat Bayi Bersendawa Setelah Minum ASI Eksklusif

 

Bayi merupakan anugerah terindah yang pernah ada. Menjadi orang tua adalah hal yang sangat menyenangkan, apalagi bagi pasangan yang baru dikaruniai seorang anak. Pengalaman pertama kali dalam mengurus seorang bayi tentunya pengalaman yang membahagiakan sekaligus menakutkan. Banyak pasangan baru yang bingung ketika harus mengurus bayi, ketika menggendong atau memposisikan bayi entah ketika digendong, ditidurkan atau ketika harus menyendawakan bayi. Jangan takut untuk menyendawakan bayi karena ini adalah hal yang dianjurkan setelah bayi minum ASI karena ketika bayi minum, udara juga ikut masuk kedalam perut bayi dan menyebabkan perut begah (adanya tekanan dalam perut). Udara dalam perut dapat menimbulkan sakit perut sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman didalam perut dan membuat bayi menangis. Ketika bayi menangis, udara akan masuk kembali kedalam perut, dan siklus tersebut akan berulang-ulang terus apabila udara dalam perut tidak segera dikeluarkan setelah bayi minum ASI. Apabila bayi menangis ketika sedang minum ASI, bayi sebaiknya ditenangkan terlebih dahulu sebelum melanjutkan minum ASI agar udara yang masuk kedalam perut tidak menjadi semakin banyak. Ada beberapa cara membuat bayi bersendawa setelah minum ASI yang aman bagi bayi yang bisa Bunda coba.

Cara Membuat Bayi Bersendawa

Sama seperti ketika orang dewasa makan, tidak hanya makanan yang masuk kedalam perut kita, namun udara yang mengandung nitrogen dan oksigen pun bisa masuk. Udara yang masuk ini dapat menyebabkan tekanan dalam perut atau yang biasa disebut dengan begah. Orang dewasa terkadang dengan otomatis akan bersendawa setelah makan, udara dalam perut akan keluar melalui kerongkongan dan mulut. Begitu juga dengan bayi, oleh sebab itu sangat penting untuk membuat bayi bersendawa, tentunya dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat agar tidak menyakiti bayi. Berikut adalah cara membuat bayi bersendawa setelah minum ASI.

Baca Juga  Daftar 7 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi

 

Cara Membuat Bayi Bersendawa setelah Minum ASI

Dengan mengacu pada penjelasan diatas bahwa sendawa terjadi ketika udara dari dalam perut keluar melewati kerongkongan dan kemudian keluar lewat mulut, maka akan dijelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat bayi bersendawa setelah minum ASI.Jangan lupa untuk menyiapkan handuk kecil sebelum membuat bayi bersendawa karena biasanya ketika bayi bersendawa, dia juga akan mengeluarkan sejumlah kecil cairan (ASI).

  1. Memeluk bayi dengan menghadapkan bayi pada dada
pelancarasibanner

Cara terbaik adalah dengan memposisikan bayi pada keadaan tegak sehingga udara dalam perut dapat naik keatas. Sandarkan kepala bayi pada dada dengan posisi dagu bayi pada bahu Bunda. Kemudian jaga posisi tersebut dengan memegang kepala dan pundak bayi dengan tangan Bunda. Lalu usap dan tepuk-tepuk dengan halus punggu bayi. Metode ini baik digunakan bagi bayi baru lahir yang belum dapat menahan kepalanya sendiri

  1. Duduk dipangkuan

Mendudukkan bayi dalam pangkuan Bunda dapat dilakukan apabila bayi sudah agak besar dan sudah dapat duduk. Pada posisi ini Bunda boleh tidak mengelus ataupun menepuk punggung bayi karena udara dalam perut dapat keluar dengan sendirinya. Cara ini adalah yang paling efektif namun membutuhkan waktu yang lama. Tapi tentunya Bunda tidak akan bosan menunggu bayi bersendawa sambil melihat wajah lucu bayi.

  1. Tengkurap dipangkuan
Baca Juga  Waspada Benjolan Keras Di Payudara Pada Ibu Menyusui

Jika bayi dalam keadaan mengantuk setelah menyusu, Bunda boleh menengkurapkan bayi pada pangkuan Bunda. Usahakan agar pakaian atau popok bayi longgar sehingga bayi dapat merentangkan tangan dan kakinya. Jangan lupa untuk membuat posisi kepala bayi lebih tinggi dari perutnya, karena tujuan utamanya adalah mendorong udara keatas sehingga dapat keluar. Bunda dapat menepuk atau mengelus dengan halus punggung bayi.

Harus diingat dalam cara membuat bayi bersendawa setelah minum ASI, ketika menepuk punggung bayi, tepuklah dengan pelan dan halus karena apabila tepukan terlalu keras maka dapat membuat gelembung udara dalam perut bayi pecah dan membuatnya menjadi gelembung kecil dalam jumlah banyak. Walaupun bayi dapat mengeluarkan sebagian udara dari perutnya, namun masih banyak udara yang tertinggal karena ukurannya yang sangat kecil didalam perut bayi. Tepuklah dengan halus punggung bayi sehingga bayipun merasa nyaman ketika akan bersendawa setelah minum ASI.

Perhatikan setelah beberapa menit, jika bayi tidak bersendawa maka kemungkinan bayi sedang tidak ingin bersendawa. Dan jika terlihat bayi kurang nyaman dengan posisinya, maka Bunda dapat mengganti posisi bayi dengan posisi yang lain seperti yang dijelaskan diatas. Apabila bayi tidak pernah bersendawa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Namun perlu diingat juga, seiring bertambahnya usia bayi, bayi dapat sendawa dengan sendirinya setelah minum ASI, biasanya pada usia 4 hingga 6 bulan.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini