Cara Memilih Pompa ASI Yang Bagus

Cara Memilih Pompa ASI Yang Bagus Setelah melahirkan maka tugas ibu adalah menyusui bayinya. ASI atau Air Susu Ibu dibutuhkan seorang bayi untuk bertahan hidup dan tetap sehat. Karena ASI mengandung banyak sekali manfaat untuk kebaikan si bayi.

pelancarasibanner

Bayi harus diberi ASI secara optimal agar pertumbuhannya pun juga optimal. Bahkan World Helath Organize (WHO) menganjurkan bahwa pemberian ASI sebaiknya secara eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan.

Meski ASI adalah hal yang sangat terpenting untuk bayi, namun ada saja kendalanya. Biasanya banyak ibu yang susah memberikan ASI karena harus bekerja dan tidak bisa cuti. Dan lebih memilih ASI cadangan dari ibu lain untuk memenuhi kebutuhan air susu si anak. Padahal jika kita tahu bahwa ASI itu sangat penting diberikan kepada si bayi. Jika kita bisa memberikannya secara eksklusif kenapa tidak?

Maka dari itu, kita perlu menyelesaikan masalah ini dengan solusi terbaik berupa pompa ASI. Pompa ASI ini akan menyelamatkan para ibu yang terlalu sibuk bekerja sampai tidak  bisa memberikan ASInya untuk si buah hati. Dengan pompa ASI ini maka ibu masih bisa memberikan ASI untuk anaknya sendiri.

Cara Memilih Pompa ASI Yang Bagus

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Ketika hendak memutuskan untuk menggunakan pompa ASI maka ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Hal-hal tersebut yaitu mengenai pompa ASI yang akan digunakan apakah fungsinya baik atau tidak. Selain itu juga kualitas serta apakah aman untuk digunakan. Ada beberapa cara memilih pompa ASI yang bagus untuk para ibu menyusui, antara lain yaitu :

  1. Perhatikan ukuran payudara dengan corong pompa

Ingat, sebelum membeli pompa ASI pastikan bahwa corong pompa ukurannya sesuai dengan payudara Anda. Hal ini bertujuan supaya ASI tidak merembes saat keluar.Jangan sampai ukuran payudara tidak sesuai dengan corong karena bisa membuat ibu menjadi tidak nyaman ketika pumping.

Kemudian puting harus benar-benar ada di tengah-tengah corong agar tidak bergesekan dengan corong dan menyebabkan luka. Perhatikan seberapa sering pompa ASI digunakan

Apabila setiap hari Anda memompa ASI, sebaiknya gunakan pompa elektrik dengan pompa dobel supaya ASI keluar secara bersamaan dari payudara. Akan tetapi jika Anda jarang memompa maka gunakanlah pompa ASI elektrik dengan pompa manual atau tunggal. Penggunaan pompa tersebut bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan si ibu.

  1. Pilih pompa ASI yang mudah digunakan

Untuk memudahkan ibu ketika memompa ASI, maka pilih pompa yang mudah dipakai, mudah dibersihkan, dan juga mudah dibongkar pasang. Dengan cara memilih pompa ASI yang bagus inilah ibu akan selalu nyaman saat melakukan pumping, sehingga ASI yang diberikan untuk si bayi selalu berkualitas.

  1. Dimana Ibu akan memompa ASI
pelancarasibanner

Supaya lebih mudah membawa ataupun menggunakannya, maka pilih pompa yang mudah dibawa kemana-mana. Sebenarnya pompa elektrik dengan tenaga baterai ataupun manual mudah dibawa kemana pun.

Dan yang perlu diketahui bahwa ada pompa elektrik dengan tenaga listrik serta membutuhkan saklar saat pengoperasiannya, jadi susah untuk dibawa kemana-mana. Dengan pilihan tersebut maka dimanapun ibu memompa ASI tetap selalu nyaman dan ASI yang keluar bisa optimal.

Adapun saat memompa ASI ibu perlu mengetahui beberapa hal berikut ini :

  • Sebelum memompa, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun sampai 15-20 detik. Kemudian bilaslah menggunakan air hangat dan keringkan dengan tisu atau handuk.
  • Sebelum menggunakan pompa baca terlebih dahulu petunjuk pemakaiannya.
  • Lalu bersihkan payudara Anda menggunakan krim atau produk lain.
  • Setelah selesai memompa maka bersihkan pompa menggunakan sabun dan bilas dengan ari hangat. Pisahkan bagian pompa supaya bisa dibersihkan dengan mudah dan menyeluruh.
  • Apabila ada ASI yang tertinggal di pompa sebaiknya bersihkan sesuai dengan instruksi yang ada di kemasan produk. Lalu pastikan bahwa pompa ASI benar-benar kering setelah selesai dibersihkan.
  • Simpan kembali pompa ASI pada tempatnya atau kedalam tas pompa.
  • Belilah pompa ASI yang memang sesuai dengan kebutuhan agar pemberian ASI untuk si bayi tetap lancar.

Cara memilih pompa ASI yang bagus memang susah-susah gampang. Yang penting ibu nyaman memakainya dan pompa ASI yang digunakan selalu dalam keadaan bersih. Demikianlah semoga bermanfaat.

pelancarasibanner