Cara Memperbanyak ASI yang Berkurang Secara Alami

Cara Memperbanyak ASI yang Berkurang Secara Alami

pelancarasibanner

Begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan bagai tumbuh kembang bayi terdapat dalam ASI. Pemberian ASI juga diharuskan terutama pada masa emas yakni 6 bulan pertama. Namun terkadang pemberian ASI dapat terhambat karena beberapa alasan seperti ASI yang berkurang atau kering. Terdapat cara memperbanyak ASI yang berkurang yang mungkin dapat memberikan manfaat bagi Anda yang menginginkan produksi ASI yang lebih banyak. Makanan bayi yang sehat ini memang lebih dianjurkan jika dibandingkan menggunakan susu formula. Selain nutrisi yang berlimpah dalam susu ibu, memberikan ASI juga bisa menjadi cara untuk mendekatkan rasa antara ibu dan anak. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk ibu-ibu yang membutuhkan atau menginginkan produksi ASI berlimpah.

3 Cara Memperbanyak ASI

Ibu yang menghasilkan ASI hanya sedikit memiliki beberapa faktor yang mungkin merupakan keturunan atau akibat pola hidup. Psikologi ibu termasuk faktor terbesar yang mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi. Selain itu makanan yang dimakan oleh ibu juga memiliki pengaruh terhadap ASI yang dihasilkan. Cara memperbanyak ASI yang berkurang adalah dengan memperhatikan asupan makanan untuk si ibu dan menjaga emosionalnya, simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya.

Cara Memperbanyak ASI yang Berkurang Secara Alami

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini
  1. Menghindari stres

Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh suasana hati si ibu, jika ibu bahagia maka ASI akan keluar banyak dan berkualitas. Namun apabila ibu sedang sedih atau memiliki banyak pikiran akan sangat mengganggu keluarnya ASI. Hormon oksitosin sebagai pengendali ASI akan bekerja dengan lebih baik pada saat seseorang dalam kondisi yang tenang. Istirahat yang cukup  juga bisa menjadi salah satu cara memperbanyak ASI yang berkurang, karena kebanyakan ibu yang memiliki bayi bisa begadang untuk menjaga bayi. Aturlah waktu dengan pasangan atau keluarga agar ibu bisa memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Selain itu buatlah suasana menyusui yang menyenangkan dan menenangkan. Suasana yang tenang dapat menjadikan ibu menjadi lebih rileks dan bayi pun akan terbawa dengan suasana tersebut.

  1. Memenuhi nutrisi ibu

Apa yang dimakan oleh ibu akan mempengaruhi ASI yang dikeluarkan. Saat ibu kurang nutrisi atau kurang minum dapat menjadikan ASI yang dihasilkan berkurang. Salah satu makanan yang sudah dikenal luas dapat membuat ASI keluar banyak adalah daun katuk. Buatlah makanan yang menggunakan bahan tersebut karena memiliki kandungan zat besi yang cukup penting bagi produksi ASI. Tidak hanya daun katuk saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui, bayam juga menjadi salah satu sayuran yang bermanfaat dalam memperbanyak ASI ibu. Mengonsumsi olahan sayur bayam merupakan cara memperbanyak ASI yang berkurang yang sudah sering dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui. Dua sayur tersebut memang terbukti membantu bagi ibu untuk menghasilkan ASI yang lebih banyak.

  1. Kebiasaan untuk payudara

Selain pikiran dan makanan, produksi ASI juga dipengaruhi oleh perlakuan terhadap payudara. Salah satu cara yang diketahui dapat membuat ASI keluar lebih banyak adalah dengan memberi  pijatan pada payudara. Pada saat ibu akan menyusui bayi, sebaiknya pijat dengan cara memutar ke sisi luar. Pijatan tersebut dapat memberikan rangsangan agar air susu dapat keluar lebih banyak. Biasakan juga untuk menyusui pada dua bagian, jangan satu saja. Hal tersebut bertujuan agar produksi ASI tetap lancar dan tidak kering. Menyusui secara rutin dan sering juga dapat membantu ibu menghasilkan ASI lebih lancar.

Demikian beberapa informasi dan cara memperbanyak ASI yang berkurang yang mungkin dapat menjadi informasi tambahan bagi ibu yang sedang menyusui.

pelancarasibanner