Langkah Mudah untuk Cara Memperbanyak ASI Ibu Bekerja

Langkah Mudah untuk Cara Memperbanyak ASI Ibu Bekerja

Kalangan wanita karir terkadang mengalami masalah atau pun kesulitan ketika dalam masa menyusui. Biasanya perusahaan memberikan waktu cuti sebelum, saat, dan sesudah melahirkan hanya 3 bulan, padahal ibu menyusui disarankan untuk memberikan ASI secara penuh selama 6 bulan. Hal tersebut membuat banyak ibu mencari cara memperbanyak ASI ibu bekerja agar sang anak tetap mendapatkan kebutuhan pentingnya tersebut. Walaupun pekerjaan ibu sangat padat, kewajiban untuk memberikan ASI pada bayi harus tetap dilakukan demi kesehatan dan kecerdasan anak di masa mendatang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan oleh wanita karir yang sedang dalam masa menyusui.

3 Cara Ibu Bekerja dalam Memperbanyak ASI

Ibu yang sedang menyusui dan juga bekerja harus pintar dalam membagi waktu dan cara untuk tetap bisa memberikan ASI untuk bayi dan menyelesaikan tugas pekerjaan. Jika masih dalam masa cuti, ibu tidak akan kesulitan untuk memberikan ASI esklusifnya. Setelah cuti habis dan harus kembali bekerja, ibu harus bisa memberikan ASI di sela-sela pekerjaan karena bayi yang memang harus sering diberi ASI. Cara memperbanyak ASI ibu bekerja antara lain adalah persiapan sebelum bekerja dan memompa ASI di tempat kerja yang sudah menyediakan tempat khusus, dan berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Cara Memperbanyak ASI Ibu Bekerja

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini
  1. Memanfaatkan waktu sebelum bekerja

Setiap waktu yang dimiliki oleh ibu yang juga bekerja akan terasa sangat berarti. Begitu juga untuk ibu yang menyusui dan bekerja. Memaksimalkan sisa waktu cuti untuk memberikan ASI dan mempersiapkan diri saat nanti harus kembali bekerja. Mempelajari cara yang benar dalam mengeluarkan ASI melalui pompa perlu dilakukan, karena setelah bekerja nanti tentu waktu berjam-jam akan dihabiskan di luar rumah atau di kantor. Pada pagi hari sebelum Anda berangkat bekerja sebaiknya sempatkan waktu untuk memberikan ASI pada bayi. Salah satu cara memperbanyak ASI ibu bekerja ini juga bermanfaat untuk mendekatkan ikatan antara orang tua dan anaknya.

  1. Jangan stres

Saat Anda mulai masuk kerja tentu beban pikiran akan bertambah dengan adanya tugas dari tempat kerja. Tenaga Anda juga akan terkuras lebih banyak dibandingkan tinggal di rumah dan hanya menyusui. Semua tanggungan tersebut jangan sampai membuat Anda menjadi stres. Kondisi emosional bagi ibu menyusui harus tetap terjaga agar dapat mengeluarkan ASI yang berlimpah. Mintalah izin atau gunakan waktu istirahat untuk mengeluarkan ASI dengan pompa ASI. Pada saat mengeluarkan ASI tersebut gunakanlah waktu untuk menenangkan diri, bayangkan wajah si bayi yang lucu dan menggemaskan sehingga beban dan suasana kantor yang ramai dilupakan sejenak. Dengan memompa ASI tentu dapat membantu Anda yang bekerja dan memiliki bayi yang harus diberi ASI.

  1. Menyusui sepulang kerja

Setelah Anda kembali pulang ke rumah, gunakanlah waktu tersebut untuk menyusui bayi secara langsung. Cara memperbanyak ASI ibu bekerja yang satu ini dapat dilakukan untuk istirahat dan menyegarkan kembali badan dan pikiran. Sebelum Anda tidur, jangan lupa untuk memastikan persediaan ASI tetap ada. Persiapkan dengan kembali memompa untuk digunakan saat Anda tidak ada di rumah nanti. Simpan dan jaga ASI dalam tempat yang bersih dan sejuk agar kualitasnya tetap terjaga.

Itulah beberapa cara memperbanyak ASI ibu bekerja yang dapat diterapkan dengan mudah. Melakukan cara-cara sederhana di atas dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan dan hak bayi untuk memperoleh nutrisi dari ASI. Lakukan hingga masa menyusui sudah dapat dibantu dengan susu tambahan atau susu formula.