Cara Memperbanyak ASI Perah Berkualitas

Cara Memperbanyak ASI Perah Berkualitas

Pemberian ASI pada bayi yang baru lahir sampai berumur 2 tahun itu sangatlah penting karena kandungan gizinya sangat baik untuk pertumbuhan serta perkembangan bayi. Pastikan untuk selalu memperhatikan jadwal yang tepat untuk pemberian ASI pada si kecil. Agar pemberian ASI bisa diberikan secara teratur tanpa perlu menyusui secara langsung, salah satu caranya adalah dengan memerah ASI. Ternyata, cara memperbanyak ASI perah sendiri bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tak sesulit yang dibayangkan. Nah, pada kesempatan kali ini akan memberikan tips untuk Anda yang ingin menghasilkan ASI perah dalam jumlah yang banyak sebagai persediaan di rumah.

Pada dasarnya ASI perah ini akan sangat dibutuhkan ketika Anda sudah berkomitmen dan konsisten untuk memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati. Ketika Anda sedang melakukan kegiatan lain dan harus meninggalkan sang buah hati dalam waktu yang cukup lama, maka ASI perah ini akan sangat membantu untuk asupan ASI sementara Anda melakukan kegiatan lain baik itu pergi bekerja ataupun melakukan berbagai kegiatan lainnya. Cara memperbanyak ASI perah tentu saja dengan cara dipompa dengan menggunakan alat pompa ASI khusus. Namun ada saja berbagai hal yang menjadikan hal ini kurang efektif. Sebenarnya Anda bisa mengatasi berbagai hal tersebut dengan membiasakan diri untuk memompa ASI dengan melakukan beberapa tips yang akan diberikan pada kesempatan kali ini.

Cara Memperbanyak ASI Perah Berkualitas

Berikut ini merupakan beberapa cara memperbanyak ASI perah paling efektif yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi stok ASI, yaitu:

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Membuat jadwal yang rutin untuk memompa ASI

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu membiasakan diri untuk mengatur jadwal  rutinitas memompa ASI pada waktu yang tepat. Anda bisa memompa ASI pada jam, tempat, serta waktu yang sama setiap harinya. Misalkan saja, Anda bisa melakukan pompa ASI pada pagi hari di rumah, maka lakukanlah rutinitas tersebut setiap harinya. Tentu saja waktu yang tepat dalam hal ini sangatlah fleksibel sesuai dengan waktu yang Anda miliki.

Lakukan pijatan sebelum memompa ASI

Pijatan menjadi salah satu faktor untuk menghasilkan ASI yang banyak ketika di pompa. Anda bisa memulai pijatan dari bagian ketiak sampai ke bagian payudara. Pijatan paling efektif untuk memperbanyak keluarnya ASI itu dengan pijatan spiral di daerah payudara. Biasanya ASI yang sulit keluar itu dikarenakan terjadinya penumpukan, dengan adanya pijatan, maka aliran ASI akan kembali lancar sehingga bisa menghasilkan banyak ASI ketika dipompa.

Menenangkan pikiran dan rileks

Dalam proses memompa ASI, pastikan tubuh dan pikiran Anda dalam keadaan tenang dan juga rileks. Anda bisa memposisikan tubuh Anda dalam keadaan yang nyaman dan keadaan yang membuat Anda tenang. Maka dari itu pastikan melakukan pompa ASI ketika memiliki waktu senggang dan santai.

 

Itulah beberapa informasi mengenai cara memperbanyak ASI perah yang ternyata bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tentu saja untuk mendapatkan ASI yang melimpah itu juga perlu memperhatikan pola makan yang tepat. Pastikan banyak minum air putih serta memakan banyak buah serta sayur yang mengandung banyak nutrisi penting. Cara memperbanyak ASI perah ini sudah terbukti sangat efektif ketika dilakukan oleh seorang ibu menyusui. Dengan melakukan cara di atas, hasil ASI melimpah dan bisa terus memproduksi ASI yang berkualitas. Tentu saja dengan ASI yang berkualitas tersebut, buah hati Anda akan mendapatkan nutrisi yang tepat dan tetap terjaga sehat.