Cara Memperbanyak ASI setelah Operasi Caesar yang Mudah Dilakukan

Cara Memperbanyak ASI setelah Operasi Caesar yang Mudah Dilakukan

Setelah melahirkan pikiran dan tugas ibu fokus pada menyusui bayi. Namun untuk ibu yang melahirkan bukan dengan cara normal biasanya akan mencari cara memperbanyak ASI setelah operasi caesar, terutama jika terjadi kondisi yang membuat ibu tidak dapat mengeluarkan ASI dalam jumlah yang cukup. Padahal bayi baru lahir hingga 6 bulan ke depan harus diberi ASI secara rutin dan dalam jumlah yang cukup banyak sebab makanannya hanya air susu dari ibunya saja. Sebelum bayi bisa diberi makanan tambahan, sebaiknya pelajari hal-hal yang perlu dilakukan untuk ibu menyusui paska menjalani operasi caesar berikut ini.

3 Cara Memperbanyak ASI untuk Ibu yang Menjalani Operasi Caesar

Hal yang paling membuat khawatir ibu menyusui setelah operasi caesar adalah konsumsi obat-obatan yang diberikan dokter. 3 hal yang perlu dilakukan agar produksi ASI tidak terganggu antara lain yaitu dengan menghindari stres, mengonsumsi makanan sehat, dan tidak mengonsumsi obat-obatan yang tidak diberikan dengan resep dokter spesialis. Simak penjelasan berikut ini untuk lebih lengkapnya mengenai cara memperbanyak ASI setelah operasi caesar.

Cara Memperbanyak ASI setelah Operasi Caesar

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini
  1. Jauhi stres

Melahirkan melalui operasi caesar sebenarnya tidak terlalu memberikan masalah bagi produksi ASI. Kekhawatiran ibu yang menyusui bersamaan dengan mengonsumsi obat-obatan untuk pemulihan pasca operasi itulah yang dapat mempengaruhi kelancaran ASI yang keluar. Obat yang diberikan oleh dokter tentunya sudah diperiksa bahwa tidak akan berdampak buruk bagi keluarnya ASI. Anda harus lebih tenang dan tidak perlu khawatir berlebihan, sehingga ASI dapat keluar dengan normal dan dalam jumlah yang banyak. Konsultasi kepada dokter yang menangani Anda mengenai semua yang dipikirkan setelah caesar. Bertanya sebanyak mungkin yang ada dalam pikiran Anda agar lebih jelas dan tidak takut. Jaga kondisi psikologi ibu, sebab mental atau pikiran ibu juga akan berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas ASI.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Obat-obatan kimia memang memiliki beberapa efek samping, begitu juga dengan obat-obatan yang dikonsumsi setelah operasi caesar. Walaupun tidak berpengaruh banyak terhadap produksi ASI, cara memperbanyak ASI setelah caesar yang perlu dilakukan adalah memperbanyak makan makanan yang bergizi. Penuhi gizi ibu dan konsumsi makanan yang dapat memperlancar ASI. Banyak pilihan bahan makanan yang dapat bekerja dan memberi manfaat dalam memperbanyak produksi ASI. Sayuran hijau seperti daun katuk dan bayam adalah beberapa sumber pangan yang dibutuhkan dalam memperlancar ASI yang dikeluarkan. Jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi air putih yang dapat mengurangi efek samping dari obat yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Jangan konsumsi obat tanpa resep dokter

Menyusui merupakan kegiatan yang dapat memberikan banyak manfaat untuk bayi dan juga ibunya. Selain mengurangi potensi terkena kanker payudara, menyusui juga dapat memberi stimulasi bagi tubuh untuk mengembalikan ukuran rahim menjadi normal setelah melahirkan. Jadi Anda dapat kembali pulih lebih cepat setelah melakukan operasi caesar. Jika terjadi masalah, bicarakan kembali kepada dokter untuk mendapatkan solusi. Cara memperbanyak ASI setelah caesar adalah dengan tidak mengonsumsi obat-obatan bahkan jamu tanpa sepengetahuan dari dokter. Mintalah saran terlebih dahulu kepada dokter agar tidak ada masalah yang timbul yang berbahaya untuk proses menyusui dan juga pada jahitan setelah caesar. Cari tahu apakah obat yang dikonsumsi akan berdampak buruk bagi pemulihan paska operasi caesar atau tidak.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai hal yang sebaiknya dilakukan bagi ibu menyusui setelah operasi caesar. Semoga cara memperbanyak ASI setelah caesar ini dapat menambah pengetahuan dan juga bermanfaat bagi Anda atau ibu yang sedang menyusui.