Cara Memperbanyak ASI yang Aman Tanpa Menimbulkan Efek Samping

Cara Memperbanyak ASI yang Aman Tanpa Menimbulkan Efek Samping

Bagi anda yang merupakan wanita karir dan sudah memiliki buah hati yang masih mengkonsumsi ASI, tentunya anda dilanda kerisauan. Apabila anda tetap tinggal di rumah, maka pekerjaan kantor menumpuk. Oleh karena itu, dibutuhkan ASI ekstra banyak. Lalu bagaimana cara memperbanyak ASI yang aman? Apa saja yang diperlukan agar ASI yang dihasilkan oleh payudara kita menjadi banyak dan tidak khawatir lagi meninggalkan buah hati di rumah.

ASI merupakan hal yang sangat penting bagi buah hati, khususnya bagi mereka yang berusia dibawah 18 bulan. Sangat dibutuhkan asupan ASI. Lalu, bagaimana cara memperbanyak ASI yang aman agar dapat mencukupi kebutuhan susu buah hati? Berikut adalah beberapa caranya:

Cara Memperbanyak ASI yang Aman

  1. Sering-seringlah untuk menyusui. Kunci meningkatkan produksi ASI ialah payudara anda yang dirangsang. Dengan rangsangan yang mengalir pada payudara anda, maka payudara anda akan memproduksi sesuai dengan rangsangan tersebut. Begitu pula dengan penyaluran ASI yang teratur juga akan meningkatkan produksi ASI.
  2. Berkaitan dengan kelancaran ASI maka seringlah menyusui, jangan pernah menjadwalkan kapan buah hati anda harus menikmati ASI anda. Akan tetapi, selalu sedia setiap saat kapanpun buah hati anda membutuhkan.
  3. Pijatlah payudara anda. Memijat payudara ternyata bermanfaat untuk memperbanyak ASI. Hal tersebut akan keluar dengan sendirinya apabila buah hati anda malas menghisap.
Baca Juga  Cara Memperbanyak ASI setelah Operasi Caesar yang Mudah Dilakukan

Selain ketiga cara diatas, cara memperbanyak ASI yang aman agaknya beberapa cara lainnya bisa anda cari. Akan tetapi, ketiga cara tersebut merupakan cara paling mudah tanpa membutuhkan alat atau bantuan apapun. Untuk poin ketiga, memijat payudara, dapat dilakukan dengan beberapa cara atau tahapan berikut ini:

  1. Mulailah pijatan anda dari pangkal payudara anda.
  2. Tekanlah dinding dada menggunakan jari telunjuk dan jari tengah
  3. Lakukan gerakan melingkar pada bagian payudara lain selain puting
  4. Kepalkan tangan anda, kemudian tekan ruas ibu jari ke dinding dada.
  5. Pindahkan tekanan bertutur-turut ruas telunjuk, jari manis, jari tengah dan kelingking anda ke arah puting.
  6. Ulangi gerakan tersebut.

Setelah mengetahui tentang cara memperbanyak ASI yang aman, kini kita beranjak kepada bagaimana memberikan ASI yang baik bagi buah hati. Memberikan ASI bagi buah hati gampang-gampang susah. Mengapa seperti itu? Karena banyak peraturan yang harus ditaati agar kita tidak salah kaprah dalam memberikan ASI. Apabila dalam pikiran anda memberikan ASI hanya sekedar menyusui, agaknya anda harus mulai membuang jauh pemikiran tersebut. Mengapa? Memberikan ASI bukanlah hal yang mudah karena salah posisi dalam memberikan ASI juga bisa membahayakan sang buah hati kita. Kunci dalam memberikan ASI bagi sang buah hati ialah anda harus berada dalam posisi duduk dan kepala buah hati anda harus berada simetris dengan payudara anda, namun tetap berada di bawah payudara anda. Hal tersebut sangat berguna apabila dipatuhi oleh anda karena dengan begitu ASI yang diminum oleh buah hati anda menjadi lebih lancar selain itu dengan memberikan ASI pada posisi tersebut juga akan menghindarkan buah hati anda dari tersedak.

Baca Juga  6 Cara Meningkatkan Produksi ASI Yang Ampuh dan Patut Untuk Dicoba

Demikianlah seputar cara memperbanyak ASI yang aman. Apapun cara memperbanyak ASI, diusahakan hal tersebut tidak membahayakan diri anda terutama untuk buah hati anda. Tetap lakukan yang terbaik dan lakukan segala sesuatunya berdasarkan kodrat anda sebagai seorang wanita. Semoga buah hati anda dan anda sehat selalu. Selamat mencoba berbagai cara yang telah disebutkan di atas!

pelancarasibanner