Home » Tips Ibu Menyusui » Penyebab Dan Cara Mengatasi Payudara Perih Saat Menyusui

Penyebab Dan Cara Mengatasi Payudara Perih Saat Menyusui

Penyebab Dan Cara Mengatasi Payudara Perih Saat Menyusui

Kebahagiaan seorang ibu adalah ketika bisa memberikan ASI eksklusif pada bayi tercinta. Namun, bagi yang baru pertama kali merasakan pasti pernah mendapai rasa nyeri pada puting sehingga kurang nyaman. Dalam artikel ini, anda bisa baca dulu cara mengatasi payudara perih saat menyusui dan juga ketahui penyebabnya. Untuk itu, mari kita bahas dulu apa saja penyebab dari rasa nyeri yang biasa anda rasakan saat sedang member ASI. Untuk yang pertama, adalah tongue tie. Hal ini disebabkan karena sang anak masih belum bisa menggerakkan mulutnya dengan benar sehingga akan minum dengan membuat rasa tidak nyaman pada sang bu. Yang kedua, adalah dermatitis. Kondisi ini adalah dimana anda sedang alami gangguan pada area puting yang disebabkan salah penggunaan sabun atau pun produk lainnya. Bisa jadi anda malah merasa gatal dan perih saat merasakan ini. Lalu, anda juga bisa merasa nyeri karena bayi sedang tumbuh gigi. Akan jadi fase yang tidak nyaman saat anak sudah mulai tumbuh gigi sehingga bisa jadi gigi akan sedkit melukai bagian puting. Oleh sebab itu, anda bisa coba atasi rasa nyeri yang ada dengan cara berikut ini.

Ketahui Beberapa Cara Mengatasi Payudara Perih Saat Menyusui

Ketika anda merasa nyeri yang tidak tahan saat member ASI padahal bayi sangat membutuhkannya, maka ada hal yang bisa dilakukan. Anda bisa kurangi rasa nyeri yang sering mengganggu sehingga tidak akan membuat anda tidak nyaman saat anak sedang minum ASI.

Baca Juga  Efek Bleaching Badan Untuk Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Payudara Perih Saat Menyusui

  1. Anda bisa mulai dari perhatikan penggunaan bra yang tepat. Bra terkadang menjadi factor yang membuat posisi puting menjadi kurang nyaman. Sehingga pastikan anda menggunakan bra yang pas dan tidak membuat anda merasa kesakitan.
  2. Jika ada infeksi seperti dermatitis tadi, anda bisa coba pergi ke dokter. Dengan ini anda bisa dapat saran dan juga obat yang direkomendasikan sehingga sudah tidak perlu bingung lagi bagaimana cara atasi masalah dermatitis tadi.
  3. Untuk yang lainnya, anda bisa coba posisi yang paling nyaman saat hendak menyusui. Posisi sangat menentukan dimana anak akan menyusu pada anda. Sehingga pastikan anda tidak merasa sakit nanti misal dengan berbaring dalam posisi miring.
  4. Sebelum menyusui, anda juga bisa melakukan kompres pada payudara terlebih dahulu. Lakukan cara mengatasi payudara perih saat menyusui yang satu ini dengan menggunakan air hangat sehingga lebih baik. Dan ketika sudah menyusui bisa dengan air dingin atau dengan kubis putih. Hal ini juga bagus dalam menghindari adanya pembengkakan yang tidak nyaman nantinya.
  5. Anda juga bisa menyusui saat anak sedang tidak rewel. Hal ini bantu kurangi terjadinya luka saat anak sedang menyusu. Jika anak sedang rewel dan baru anda tawarkan, biasanya akan ada banyak gerakan sehingga nantinya malah sulit buat anda terhindar dari rasa nyeri.
  6. Jika anda masih merasa nyeri, maka anda bisa peras susu terlebih dahulu dan berikan dengan dot. Hal ini biasanya juga menjadi alternatif yang baik apa lagi saat ini sudah ada media yang bisa bantu anda untuk tetap jaga kualitas ASI meskipun ditaruh dalam botol. Bahkan hal ini juga disarankan saat anda sedang bepergian.
Baca Juga  4 Cara Menyimpan Asi Eksklusif Di Kulkas

Saran Dari Dokter Untuk Cara Mengatasi Payudara Perih Saat Menyusui

Jika anda memiliki dokter pribadi, maka anda bisa coba konsultasi. Atau anda bisa juga pergi ke ahli laktasi sehingga tidak bingung untuk cari saran yang anda inginkan dan cocok dengan kondisi menyusui anda tentunya. Jadi, itulah hal yang bisa anda ketahui soal penyebab dan juga cara mengatasi rasa nyeri dan perih ketika sedang menyusui. Pastikan anak anda tetap dapatkan ASI terbaik sehingga anda tidak akan berikan ASI yang tidak sempurna. Jika terjadi keluhan segera pergi ke dokter. Namun, untuk cara yang lebih cepat bisa ikuti cara mengatasi payudara perih saat menyusui di atas seperti yang sudah diperjelas sebelumnya. Jadilah ibu siaga dan tahu atasi masalah laktasi untuk si kecil.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini