Home » Tips Ibu Menyusui » Cara Mengobati Anemia Pada Ibu Menyusui Secara Efektif

Cara Mengobati Anemia Pada Ibu Menyusui Secara Efektif

Cara Mengobati Anemia Pada Ibu Menyusui Secara Efektif

Anemia bisa saja terjadi pada siapa saja. Anemia sering dikatakan secara awam sebagai gejala kurang darah. Anemia menjadi salah satu keluhan kesehatan yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebab jika keluhan seperti ini diabaikan begitu saja. Sebab jika diabaikan, maka aktivitas sepanjang hari akan menjadi sangat terganggu. Sebagai seseorang yang dituntung untuk terus fit dan juga sehat ketika sedang menyusui, seorang ibu harus terus menjaga kondisi kesehatannya. Anemia yang terjadi pada seorang ibu menyusui tentu saja akan sangat tidak nyaman. Sebab ibu tidak akan tenang ketika sedang menyusui bayinya. Jika ibu menyusui mengalaminya, maka harus dicari cara mengobati anemia pada ibu menyusui agar ibu bisa kembali menyusui bayinya.

Cara Mengobati Anemia Pada Ibu Menyusui Secara Alami

Cara Mengobati Anemia Pada Ibu Menyusui

Keluhan anemia yang dialami oleh ibu menyusui merupakan salah satu gangguan yang tidak bisa dianggap remeh. Para ibu menyusui yang mengalami keluhan anemia tentu saja harus segera menemukan cara mengobati anemia pada ibu menyusui supaya ibu bisa segera kembali sehat dan menyusui dengan penuh semangat lagi. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengatasi anemia:

  • Konsumsilah makanan yang bergizi dan kaya akan zat besi. Zat besi yang terkandung di dalam makanan mampu meningkatkan kadar hemoglobin yang ada di dalam darah. Tanpa konsumsi makanan yang kaya akan zat besi akan memberikan pertolongan yang cukup efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Ada beberapa jenis bahan makanan yang mengandung zat besi yang cukup tinggi. Selain dari beberapa jenis sayuran yang ada Anda bisa mengkonsumsinya Anda bisa mengkonsumsi jenis bahan makanan lainnya yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Jenis makanan lainnya yang mengandung zat besi adalah daging merah. Daging merah juga direkomndasikan untuk mengatasi kekurangan hemoglobin dalam darah yang membuat ibu menyusui terkena anemia. Ada beberapa jenis buah-buahan yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah yang juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan kondisi kesehatan.
  • Konsumsi buah kurma juga bisa membantu untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Kandungan mineral yang cukup banyak pada buah kurma dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Keluhan anemia yang dirasakan oleh ibu yang sedang menyusui tentu akan segera bisa diatasi. Meskipun buah kurma secara umum mampu meningkatkan energi untuk beraktivitas, ternyata buah kurma juga memiliki manfaat untuk mengatasi anemia. Terutama pada ibu yang baru menyusui. Kandungan buah kurma yang cukup bermanfaat ini tentu saja akan mampu menyelamatkan ibu menyusui dari keluhan anemia yang sangat mengganggu. Konsumsi kurma secara rutin selain dapat mengurangi keluhan anemia, kurma juga mampu membantu untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh ibu yang baru menyusui.
Baca Juga  7 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui

Mengatasi Anemia

Anemia sebenarnya merupakan keluhan yang sangat umum. Sehingga banyak yang seringkali mengabaikan keluhan tersebut. Gejala dari penyakit anemia sama sekali tidak dapat dibedakan dari penyakit lainnya. Sehingga mengatasinya juga harus dilakukan secara tepat. cara mengobati anemia pada ibu menyusui sebenarnya hampir sama dengan mengatasi anemia pada orang yang sedang tidak menyusui. Diantaranya adalah:

  • Perbanyak konsumsi buah pisang. Pisang bisa dikatakan sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan mineral. Kandungan mineral penting dalam buah pisang dapat membantu untuk mengurangi keluhan anemia terutama untuk ibu yang sedang menyusui. Konsumsi pisang juga akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  • Perbanyak konsumsi sayuran hijau. Kebanyakan sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral zat besi di dalam tubuh terutama untuk ibu yang sedang menyusui. Konsumsi sayuran hijau pada ibu yang baru menyusui juga akan membantu memperlancar produksi asi. Asi akan lebih lancar produksinya ketika ibu rajin mengkonsumsi sayuran hijau. Selain itu asi yang diproduksi dari ibu yang rajin mengkonsumsi sayuran hijau juga akan membantu bayi tetap senantiasa sehat selalu setiap saat. Sehingga selain akan membuat ibu bebas dari anemia, konsumsi sayuran hijau akan membantu bayi memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari serangan penyakit yang mudah menyerang bayi.
Baca Juga  Daftar 7 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi
pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini