6 Cara Meningkatkan Produksi ASI Yang Ampuh dan Patut Untuk Dicoba

6 Cara Meningkatkan Produksi ASI Yang Ampuh dan Patut Untuk Dicoba

pelancarasibanner

Setelah proses melahirkan mungkin Anda boleh lega begitu saja, namun ada hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya yaitu ASI. Apakah ASI yang dikeluarkan sudah mencukupi kebutuhan si kecil atau belum.

Ya, ASI memang sangat dibutuhkan oleh bayi sampai minimal usia 6 bulan. Kandungan gizi yang terdapat pada ASI tentu tidak bisa dibandingkan dengan susu formula. Yang mana gizinya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan susu formula.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan produksi ASI, tak perlu khawatir karena berikut ini akan disajikan informasi mengenai cara meningkatkan produksi ASI yang ampuh dan patut Anda coba.

Cara Meningkatkan Produksi ASI

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini
  1. Sering-seringlah menyusui

Kapanpun bayi Anda minta ASI jangan segan-segan untuk memberikannya karena ini merupakan cara meningkatkan produksi ASI yang paling jitu. Dimana, ASI yang dikeluarkan menyesuaikan dengan tubuh Anda. Semakin sering menyusui, maka semakin banyak pula ASI yang dikeluarkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan ASI.

Air Susu Ibu yang keluar dengan lancar merupakan sinyal bagi tubuh untuk terus memproduksi ASI dan dengan terus menyusui, kebutuhan nutrisi si kecil akan tercukupi.

  1. Posisi yang baik saat menyusui

Mungkin posisi bayi ketika menyusui merupakan hal yang sepele dan sering dilupakan oleh para ibu. Namun, tahukah Anda bahwa posisi bayi saat menyusui juga mempengaruhi seberapa lancar ASI yang dikeluarkan. Posisi si kecil yang menempel pada payudara dengan benar saat menyusui akan membuat nutrisi si kecil terpenuhi.

Sebaliknya, jika posisi menyusui salah maka produksi ASI cenderung sedikit. Jadi, bayi yang sering menyusu bukan berarti kebutuhan nutrisinya telah tercukupi karena bisa saja posisi menyusuinya salah.

Ketika si bayi menempel pada payudara ibu dengan benar, maka ia dapat mengisap seluruh bagian payudara. Dengan begitu si bayi dapat menyusu dengan baik dan tubuh menjadi terangsang untuk memproduksi ASI lebih banyak.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda
pelancarasibanner

Untuk dapat mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil, si ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuhnya terlebih dahulu. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral merupakan cara meningkatkan produksi ASI yang terbaik untuk Anda.

Sayuran hijau, buah-buahan, daging, ayam, telur, ikan, merupakan daftar makanan yang perlu Anda konsumsi guna meningkatkan produksi ASI.

Tak lupa, Anda pun perlu mengonsumsi mineral yang cukup. Usahakan untuk meminum 8 gelas air putih setiap harinya. Jangan sampai kurang karena akan mempengaruhi produksi ASI nantinya.

  1. Pastikan payudara Anda dikosongkan setiap menyusui

Supaya produksi tetap lancar, pastikan kondisi payudara Anda sudah kosong sebelum berpindah ke payudara yang satunya lagi saat menyusui. Jika payudara Anda memang sudah kosong dari ASI dan si kecil berpindah ke payudara yang satunya lagi, bisa dipastikan bahwa si kecil menghisap payudara Anda dengan sempurna. Biasanya si kecil membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menyusu pada satu payudara.

Pastikan pula bahwa bayi Anda menyusu pada kedua payudara agar produksi ASI dapat seimbang.  Bila bayi sudah merasa kenyang sebelum ASI-nya habis, sebaiknya pompa payudara Anda untuk mengeluarkan sisa ASI tersebut. Hal ini berguna untuk membuat tubuh Anda tetap memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda tidak memompa ASI tersebut, bisa jadi pada periode berikutnya ASI yang keluar hanya sedikit saja karena mengira bahwa produksi ASI pada periode sebelumnya mengalami kelebihan.

  1. Merangsang payudara Anda

Jika bayi selesai menyusu dan Anda merasa payudara belum sepenuhnya kosong dari ASI. Silahkan rangsang payudara Anda untuk mengeluarkan ASI dengan cara memompanya ataupun menggunakan pijatan tangan.

Cara meningkatkan produksi ASI tersebut memang sangat dianjurkan untuk ibu menyusui agar produksi ASI tetap lancar dan tidak berkurang dari hari ke hari.

  1. Hindari stres dan istirahat yang cukup

Produksi ASI juga berkaitan erat dengan kondisi tubuh Anda. Jika Anda stres dan kurang istirahat tentu saja ASI yang dikeluarkan juga sedikit. Untuk itu, penting sekali agar Anda dapat mengelola stres dengan baik dan beristirahat yang cukup.

Ternyata mudah sekali cara meningkatkan produksi ASI. Anda pun bisa mulai mencoba menerapkan cara tersebut di rumah sekarang juga agar nutrisi bayi tetap tercukupi.

 

pelancarasibanner