Home » Tips Ibu Menyusui » Cara Mensterilkan Botol Kaca Agar ASI Dapat Terjaga Kemurniannya

Cara Mensterilkan Botol Kaca Agar ASI Dapat Terjaga Kemurniannya

Cara Mensterilkan Botol Kaca Agar ASI Dapat Terjaga Kemurniannya

Pastinya banyak yang mengira bahwa ASI hanya dapat tersimpan pada payudara namun ternyata dengan kemajuan teknologi dapat dilakukan pada botol kaca yang bersih bahkan juga steril sehingga perlu tahu cara mensterilkan botol kaca. Karena botol kaca merupakan salah satu botol yang mudah untuk dibersihkan juga mudah untuk disterilkan dengan cara direbus. Tak hanya itu botol kaca kuat terhadap beberapa kuman sehingga tak bisa keluar masuk melalui kaca kecuali terdapat celah. Bahkan memang botol kaca sangat dianjurkan bukan hanya untuk ASI namun untuk banyak bahan makanan dan minuman lainnya yang ingin memiliki kualitas yang baik secara lama.

Namun tetap saja ASI tetap baik berada di payudara karena suhu tetap terjaga terus menerus 24 jam tanpa berhenti. Tak hanya itu saja ASI yang ada terjamin kualitasnya sehingga bayi mendapatkan ASI segar yang masih dalam kondisi yang sangat baik. Namun dengan banyak wanita yang sering menjadi pekerja sehingga disebut wanita karir melakukan hal ini yaitu menaruh ASI pada botol kaca agar selama tak bertemu sang buah hati, bayi tetap terpenuhi nutrisi melalui ASI. Sheingga perlu sekali penanganan yang tepat agar ASI tetap terjaga kemurnian dan kandungan yang ada didalamnya.

Cara Mensterilkan Botol Kaca Agar ASI

Anda pelu tahu cara mensterilkan botol kaca dan serta mengetahui cara penyimpanan yang benar :

Cara mensterilkan botol kaca :

  • Cucilah botol
Baca Juga  3 Penyebab Bayi Muntah Setelah Diberi Susu Formula

Ini merupakan salah satu cara yang pasti harus anda lakukan. Dengan menggunakan sabun pencuci yang memang dianjurkan untuk peralatan bayi seperti yang ada di iklan komersial. Dengan muah caranya yaitu mencuci dengan air hangat agar semua kotoran dapat terkelupas dengan baik dan juga dengan spons yang lembut agar tak merusak botol. Dalam pembilasan perlu dilakukan dengan baik juga seperti membilas sabun yang ada dan memastikan tak ada kotoran yang masih menempel pada bagian botol pastinya. sehingga mencuci tidaklah mudah dilakukan atau merupakan hal yang sepele.

  • Keringkan dengan benar

Ini yang perlu anda lakukan kedua yaitu keringkan dengan benar. Pertama tiriskan air yang ada sehingga tak basah lagi oleh air bekas cucian. Lalu lap menggunakan kain yang lembut dan juga pastinya yang bersih agar plak yang ada tak tertinggal di dalam botol yang ada. Membersihkan dan mengeringkan ini juga merupakan bagian yang penting, bila kain lap kotor pastinya akan membuat botol kotor dan menjadi sarang kuman didalam botol tersebut.

  • Sterilkan dengan mesin uap
pelancarasibanner

Ini yang penting juga dengan mesin sterilisasi dirumah yaitu steam sterilizer merupakan alat yang menggunakan uap air untuk menstreilkan botol kaca untuk sibuah hati. Sheingga ASI yang dimasukan kedalam botol ini terjaga dari bakteri dan juga hal yang dapat merusak ASI.

Cara penyimpanan setelah cara mensterilkan botol kaca :

  • Lemari es
Baca Juga  Daftar 7 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi

Anda pasti memiliki lemari es yang merupakan salah satu tempat yang dapat anda gunakan untuk menyimpan ASI. Dengan cara ini dapat membuat ASI bertahan lama sekitar 3 hari. Cara menaruhnya cukup mudah dengan menempatkan di rak-rak yang ada dan juga di pintu kulkas ang dekat dengan rak telur. Namun ingat jangan sering buka tutup lemari es agar dinginnya dapat terjaga dan membuat ASI menjadi aman.

  • Freezer

Anda memiliki lemari es pasti juga ada freezer yang dapat juga sebagai tempat untuk menaruh ASI. Dapat digunakan untuk menyimpan ASI dari 3 minggu hingga 6 bulan lamanya. Hal ini membuat anda pastinya akan mulai mencoba untuk menaruh di tempat ini karena memiliki jangka waktu yang panjang dari pad arak lemari es.

  • Box pendingin

Ini merupakan yang anda lakukan bila sedang berjalan-jalan karena hanya mampu untuk menjaga ASI selama 24 jam saja tak lebih dan tak kurang. Sehingga bila dalam keadaan jalan-jalan ini sangat cocok digunakan bagi anda.

Sehingga cara mensterilkan botol kaca untuk ASI bayi merupakan salah satu cara yang tak boleh disepelekan karena dapat memngaruhi hal keadaan ASI yang harusnya memenuhi gizi pada bayi namun sebaliknya. Dengan melakukan pencucian dan pengeringan yang benar serta di sterilkan dengan alat mampu membuat ASI bertahan lebih lama. Ditambah penyimpanan yang tepat dapat membuat ASI lebih bertahan lama dari yang anda pikirkan.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini