Home » Tips Ibu Menyusui » Cara Menyusui Bayi Sebelah Kanan Yang Efektif Dan Nyaman

Cara Menyusui Bayi Sebelah Kanan Yang Efektif Dan Nyaman

Cara Menyusui Bayi Sebelah Kanan Yang Efektif Dan Nyaman

Cara menyusui bayi sebelah kanan ternyata tak sembarangan karena pastinya memerlukan teknik yang khusus agar lebih efektif dan juga membuat ibu dan bayi nyaman. Hal ini mulai diperbincangkan karena mulai adanya banyak hal yang terjadi pada ibu yang baru memiliki anak. Salah satunya adalah rasa nyeri pada payudara, hal ini terjadi karena ada yang tak beres pada payudara ibu. Salah satunya adalah kepenuhan ASI yang membuat payudara ibu menjadi keras dan akibatnya tersa nyeri yang tak tertahankan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membiarkan bayi menyusui bagian payudara tersebut. Dan fakta menarik selanjutnya adalah cara menyusui pada orang Indonesia yang unik yaitu langsung saja mendekatkan puting ke mulut bayi sehingga bayi terstimulasi untuk membuka mulut dan langsung menyedot ASI pada payudara ibu. Tak hanya itu ternyata orang Indonesia memiliki cara yang unik saat menyusui yaitu dengan cara berdiri karena diimbangi dengan mengobrol dengan para tetangga atau sambil membeli sayur atau memasak. Padahal hal ini adalah cara yang tak efektif yang akhirnya membuat ibu tak nyaman dan bayi juga tak nyaman sehingga muncul kata-kata iritasi putting pada payudara ibu.

Cara Menyusui Bayi Sebelah Kanan

Perlu tahu cara menyusui bayi sebelah kanan dan juga keuntungan yang didapat oleh ibu dan bayi :

Cara menyusui bayi sebelah kanan :

  • Cara tidur
Baca Juga  Cara Membuat Bayi Bersendawa Setelah Minum ASI Eksklusif

Cara ini jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan ibu atau mungkin juga anda, karena hal ini cukup melelahkan bagi ibu namun menguntungkan bagi bayi. Cara ini mudah dengan ibu memiringkan badan ke sebelah kanan karena bayi di bagian kanan dan mendekatkan puting ke mulut bayi. Biarkan bayi mencari puting tersebut agar membantu reflex menghisap bayi. Dan setelah itu bayi mendapatkan asupan nutrisi dari ASI ibu. Hal ini mungkin akan melelahkan bagi ibu karena harus memiringkan badan terus-menerus hingga bayi berhenti dan melepaskan puting dari mulutnya.

  • Cara duduk

Cara duduk yang sering dilakukan dan mungkin ini merupakan salah satu cara favorit bagi anda. karena cara ini memang benar-benar mudah dan juga memberikan kenyamanan pada ibu dari dalam namun bayi juga tetap rasa nyaman. Caranya mudah dengan mendekatkan bayi ke bagian payudara ibu dengan tangan kanan berada dibawah dan dagu serta badan bayi menempel pada ibu dan dekatkan puting. Biarkan bayi mencari puting yang sudah didekatkan dipinggir mulut dan biarkanlah bayi menghisap hingga kenyang dan haus hilang.

  • Cara C-hold

Secara medis anda harus tahu teknik ini yang dilakukan disemua cara. Cara ini dengan memegang bagian puting dengan jari menyerupai bentuk C dan memasukannya pada mulut bayi. Cara ini dilakukan agar bayi lebih dalam mengenyot puting ibu agar saat dihisap ASI langsung tertelah dan tak menyebabkan tersedak karena langsung turun ke tenggorokan bayi. Dan cara ini harus dilakukan pada setiap posisi menyusui bayi.

Baca Juga  Inilah Cara Posisi Menyusui Yang Benar
pelancarasibanner

Keuntungan cara menyusui bayi sebelah kanan dengan cara yang benar :

  • Membuat bayi nyaman

Ini yang pasti anda rasakan, yaitu bayi menjadi lebih nyaman karena bayi pada posisi tidur meruapakn salah satu posisi yang memang benar-benar memberikan kenyamanan pada bayi. Tak hanya itu juga bayi nyaman dapat dilihat dengan responnya yaitu tak menangis setelah diberi ASI.

  • Nutrisi terpenuhi

Iniyang pasti anda inginkan yaitu si buah hati memiliki nutrisi yang baik dan terpenuhi. Hal ini terjadi karena ASI tersalurkan dengan baik pada posisi yang efektf dan juga yang benar ini dan bayi menjadi sehat serta tumbuh kembang tak terhambat.

  • Ibu bebas dari rasa nyeri

Ini pasti yang ibu rasakan yaitu tak terjadi iritasi puting karena ibu dalam posisi yang benar menggunakan cara C-hold yang mampu untuk membawa puting masuk lebih dalam dan memberikan nurtisi yang baik pada si buah hati.

Sehingga anda mengetahui sekarang bahwa cara menyusui bayi sebelah kanan memiliki keutungan bila menggunakan cara yang benar yang pastinya memberikan nutrisi yang baik karena terpenuhi dengan baik pada bayi dan juga kenyamanan pada ibu dan anak.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini