Home » Info » Inilah 7 Cara Menyusui Di Malam Hari Untuk Membuat Bayi Tetap Nyaman

Inilah 7 Cara Menyusui Di Malam Hari Untuk Membuat Bayi Tetap Nyaman

Inilah 7 Cara Menyusui Di Malam Hari Untuk Membuat Bayi Tetap Nyaman

Memberikan asi ekslusif sudah pasti menjadi dambaan setiap ibu. Tak hanya mampu menyuplai zat gizi kompleks yang mampu mendukung tumbuh kembangnya, air susu ibu yang selama ini diketahui sebagai asupan paling recommended ini juga berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga kekebalan tubuh buah hati Anda. Tak heran jika banyak ibu rela melakukan berbagai cara agar asi yang diproduksinya bisa melimpah.

Pada tahu pertama kelahiran buah hati, Anda mungkin sedikit dibingungkan dengan cara menyusui di malam hari yang benar. Sebab selain dihinggapi rasa capek, pegal, dan ngantuk, Anda pun tetap harus memasok makanan pokok bagi buah hati Anda ini. Selain penting untuk memenuhi kebutuhan gizinya, jalinan emosional saat Anda melakukan skin to skin contact dengan bayi juga semakin kuat.

Nah, berikut ini 9 hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan menyusui Anda di malam hari tetap menyenangkan.

Cara Menyusui Di Malam Hari Untuk Membuat Bayi Tetap Nyaman

  1. Pahami tujuan Anda melakukan hal tersebut

Pada waktu kelahirannya, Anda tidak bisa memaksa mereka untuk terlelap di malam hari dan bangun di waktu siang sebagaimana orang dewasa pada normalnya. Bayi dapat bangun kapan saja sesuai dengan keinginan mereka. Yang harus anda lakukan bukanlah memaksa mereka tapi menciptakan lingkungan yang nyaman agar mereka bisa menciptakan tidur yang berkualitas.

Tujuan utama dari cara menyusui di malam hari yang Anda lakukan ini ialah mengajarkan si kecil tentang kebiasaan tidur pada saat malam tiba dalam kondisi yang nyaman dan perhatian penuh dari kedua orang tuanya.

  1. Pola pikir realitistis
Baca Juga  Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

Secara ilmiah, tidur sekitar 5 jam di malam hari yang dipraktekkan oleh bayi di bawah enam bulan tergolong tidur sepanjang malam. Bayi anda mungkin bisa tidur 4-6 jam setiap harinya. Beruntunglah Anda yang bisa mengawasi mereka siang dan malam karena bayi dengan kebutuhan ini merupakan tipe yang normal.

pelancarasibanner

Di saat anda mengaplikaikan cara menyusui di malam hari yang benar mereka juga berkembang secara fisik, emosional, dan intelegensinya. Tak perlu menidurkan mereka dengan susah payah, dampingi mereka agar Anda dan bayi bisa menikmati momen ini.

  1. Cobalah berbagai posisi tidur

Bagi bayi yang senang melakukan kontak dengan bundanya, tidur di dekat sang ibu sangat dianjurkan. Dengan demikian, ibu akan lebih gampang saat menjangkaunya, menenangkan mereka di malam hari saat menangis, dan sebagainya.

Berbeda dengan bayi yang butuh ketenangan. Umumnya mereka akan  terbangun setiap kali ada orang yang mendekatinya, termasuk sang ibu. Dengan kata lain, Anda mungkin harus meletakkan mereka di baby box atau tempat tidur khusus bayi.

  1. Pastikan si kecil kenyang dengan sering menyusui saat siang

Seiring dengan bertambahnya usia, terutama saat mereka memasuki usia 6 bulan mereka akan lebih aktif dan punya banyak kegiatan. Inilah yang membuat mereka sering lupa makan dan meminta minum di malam hari. Untuk mengatasinya, Anda harus membuat mereka terlepas dari beban lapar dengan memberikan mereka asi 3 jam sekali.

  1. Beri minum bayi dengan kedua payudara
Baca Juga  4 Cara Menyimpan Asi Eksklusif Di Kulkas

Susui mereka dengan masing-masing payudara secara bergantian di malam hari. Anda bisa mengaplikasikannya melalui dua cara menyusui di malam hari dengan posisi berbaring. Pertama, setelah selesai menyusui bayi dengan satu sisi, angkat bayi melintasi badan ibu untuk membaringkannya di sebelah badan ibu di sisi yang lain. Jika langkah ini dirasa sulit, Anda bisa mengatur posisi payudara yang ada di atas supaya di kecil bisa meraihnya.

  1. Ganti popok sebelum menyusui

Dengan mengganti popok, si kecil akan merasa lebih nyaman sehingga bisa tertidur setelah minum asi. Namun hal ini tidak berlaku jika bayi anda termasuk yang sering buang air setelah minum asi.

  1. Lepaskan puting dari mulut bayi ketika ia tidur

Mayoritas bayi suka tertidur dengan keadaan mulut masih terikat dengan puting payi bahkan sampai ada yang 30 menit. Tunggulah sampai mereka benar-benar terlelap dan anda bisa melepaskan puting dari mulut mereka.

Sisipkan dengan lembut jari telunjuk bunda ke sisi mulut si kecil hingga rahangnya terbuka. Keluarkan puting secara perlahan. Anda boleh melindungi puting dengan jari telunjuk untuk berjaga-jaga bila si kecil mengatupkan rahangnya tiba-tiba.

Semoga bermanfaat.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!