Cara Menyusui Di Tempat Umum

Cara Menyusui Di Tempat Umum

Menyusui menjadi hal wajib yang perlu dilakukan seorang ibu untuk anaknya. Menyusui dapat ibu lakukan dimana pun dan kapan pun saat si bayi menangis meminta ASI. Oleh sebab itu, sebagai seorang ibu yang sedang menyusui harus siap siaga. Seorang ibu harus rela menyusui dimana saja meskipun itu adalah tempat umum demi anaknya.

Walaupun rasa malu mungkin melanda namun seorang ibu harus berkorban demi anak tercintanya. Akan tetapi bagi ibu-ibu yang sedang mengalami hal ini sebaiknya tidak perlu khawatir, sebab ada cara menyusui di tempat umum yang akan membuat Anda nyaman serta tidak merasa malu.

Cara Menyusui Di Tempat Umum

  1. Menggunakan Pakaian yang Tertutup

Ketika menyusui payudara pasti akan terlihat jika tidak ditutup. Maka dari itu, ibu bisa memakai pakaian dengan ukuran yang besar dan bisa menutup pada bagian payudara meski sedang menyusui.

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Ibu bisa memakai pakaian oversize sehingga akan mudah untuk menutupi payudara. Menyusui di tempat umum maka menjadi hal yang mudah jika ibu memakai pakaian tertutup, jadi rasa malu bisa dikurangi.

  1. Selalu Membawa Kain

Membawa kain yang cukup lebar bisa membantu ibu ketika menyusui di tempat umum. Kain tersebut bisa digunakan untuk menutupi payudara beserta muka bayi yang sedang menyusui. Ini adalah cara menyusui di tempat umum yang aman yang bisa dilakukan saat si bayi menangis meminta ASI. Maka hal ini akan aman dan ibu bisa menyusui dengan nyaman.

Selain kain, ibu juga bisa menggunakan kain gendong anak yang panjang atau manual. Dengan kain ini selain untuk menggendong juga multifungsi bisa menutupi dada saat menyusui. Sekarang ini juga sudah ada kain khusus penutup dada ketika menyusui, jadi lebih praktis dan nyaman. Ibu bisa membelinya khusus di toko bayi ataupun secara online.

  1. Mencari Tempat Khusus Menyusui

Sekarang di tempat umum seperti kantor, mall, dan tempat umum lainnya sudah banyak yang menyediakan ruangan khusus untuk ibu menyusui. Nah bagi ibu yang sedang berada di kantor dan bayinya tiba-tiba menangis ingin minum ASI bisa segera menuju tempat tersebut. Di tempat inilah ibu bisa menyusui dengan nyaman dan tidak usah merasa malu karena laki-laki tidak boleh masuk ke tempat ini.

  1. Menggunakan Kerudung

Bagi ibu menyusui yang mengenakan kerudung inilah manfaatnya. Manfaat dari menggunakan kerudung salah satunya adalah bisa menutupi payudara ketika menyusui.

Ibu bisa menggunakan kerudung yang cukup panjang supaya bisa menutupi bagian dada dengan sempurna. Dengan begitu menyusui di tempat umum pun tidak menjadi masalah.

Untuk kerudung sendiri pilihlah yang bahannya enak dipakai karena akan berpengaruh juga kepada si bayi. Ketika si bayi ditutup dengan kerudung bisa saja merasa tidak nyaman dan akhirnya malah menangis. Jadi pilih kerudung dengan bahan yang adem dan juga ringan.

  1. Mencari Tempat Tertutup

Tempat tertutup adalah solusi yang bisa ibu lakukan jika malu menyusui anaknya di tempat umum. Dan cara menyusui di tempat umum ini juga aman, sehingga ibu bisa menyusui dengan nyaman. Carilah tempat tertutup yang memang bersih, aman, dan nyaman sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan.

Jika ibu sedang bersama teman ataupun saudara perempuan maka minta bantuannya untuk menjaga dan mengawasi siapa tahu ada orang yang melihatnya.

  1. Menyusui Di Dalam Mobil

Bagi ibu menyusui yang memarkirkan mobilnya di parkiran maka bisa ibu menyusui di dalam mobil. Cara menyusui di tempat umum ini bisa membuat ibu menyusui dengan leluasa karena tertutup dan lebih aman. Di dalam mobil ibu juga bisa menyusui sambil bersantai. Dengan ini bayi juga lebih nyaman sehingga pemberian ASI pun bisa berkualitas.

Menyusui memang susah-susah gampang dan menjadi kewajiban seorang ibu setelah melahirkan anaknya. Jadi usahakan untuk berikan yang terbaik untuk si anak terutama dalam hal menyusui. Menyusui yang berkualitas bisa ibu berikan yang pada akhirnya juga akan memengaruhi psikologis si bayi. Sebab dengan menyusui akan terjalin ikatan batin yang kuat antara ibu dan juga anak. Oleh sebab itu jadikan kegiatan menyusui sebagai quality time bersama si bayi.

Nah, sedikit info diatas tentang cara menyusui di tempat umum semoga bisa bermanfaat untuk para ibu menyusui.