7 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui

7 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui

Menjadi seorang ibu nyatanya memang menyenangkan. bagaimana tidak? dialah orang yang palig berperan dalam memantau tumbuh kembang si buah hati. Sebab sang ayah lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mencari nafkah. Namun bukan berarti mereka bisa bernafas lega tanpa memperhatikan apa yang menjadi kewajibannya.

Ya, sebagai orang tua mereka tentu mempunyai tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan buah hatinya. Mulai dari sandang pangan papan serta kasih sayang yang menjadi hal mutlak. Sehingga jalinan kuat antara mereka bukan sekedar fiktif belaka. Dengan ibu rutin memberikan asi atau air susu ibu maka akan terjadi skin to skin contact yang kemungkinan besar membuat anaknya paham dengan ibunya sendiri.

Asi ternyata tak hanya berperan sebagai makanan pokok yang harus dicukupi setiap harinya, cairan berwarna putih ini juga menyumbang 400 nutrisi kompleks yang terbukti mampu mendukung perkembangan buah hati secara optimal. Baik untuk kecerdasan kognitif maupun efektifnya. Di samping itu, air susu ibu juga mampu menangkal penyakit berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

7 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Setiap ibu tentu menginginkan agar produksi ASInya melimpah dan berkualitas. Sebab dari sinilah bayi akan mendapatkan suplai makanan yang bagus untuk mensupport pertumbuhan mereka. Dengan segudang kelebihan yang ditawarkan bahkan tak bisa Anda jumpai pada merk susu formula mana pun, tak heran jika banyak ibu memutuskan untuk memberikan asi eksklusif kepada buah hatinya.

Namun pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana cara merawat payudara saat menyusui? Terutama pada bagian puting susu yang sangat penting dalam proses menyusui ini. ibu haruslah rajin melakukan perawatan agar memberikan kenyamanan bagi buah hati. Mulai dari perawatan tradisional hingga modern bisa Anda coba. Semua tergantung pada kepercayaan anda saja.

Beberapa metode yang disuguhkan memang mengharuskan anda untuk mengeluarkan banyak uang. Tapi dengan bekal pengetahuan cara merawat payudara saat menyusui yang bisa Anda dapat dari internet, buku, atau dokter, tidak menutup kemungkinan jika Anda bisa menekan budget untuk biaya ini.

Selengkapnya, berikut tips dan trik yang bisa juga Anda aplikasikan.

  1. Bra yang tepat

Seperti yang anda ketahui selama ini, bra menjadi salah satu elemen yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan perempuan sehari-hari. Namun sebagai ibu menyusui, anda pun harus selektif dalam membeli bra ini. Pastikan bra yang anda pakai memiliki kemampuan yang bagus dalam menyerap keringat. Cupnya sesuai dengan ukuran payudara Anda.

Pilihlah bra khusus ibu menyusui yang tidak terlalu sempit dan mampu menyangga payudara dengan baik. Hal ini berguna saat Anda ingin memberikan asi bagi buah hati.

2. Bersihkan puting Anda menggunakan air hangat

Selain menimbulkan kesan yang rileks bagi tubuh, air hangat juga menempati cara merawat payudara saat menyusui yang murah dan mudah. Bersihkan payudara Anda menggunakan air hangat setelah selesai mandi. Jangan sampai puting Anda terkena sabun mandi. Ini justru dapat membuatnya kering sehingga lapisan puting dapat terkelupas dan menimbulkan rasa nyeri saat Anda menyusui.

3. Nipple corector

Jika Anda memiliki jenis puting yang melesak ke dalam, cobalah memakai alat penarik puting. Namun alat ini dapat membuat puting Anda menonjol dalam waktu yang cepat. Perlu waktu yang cukup lama, jadi Anda harus sabar mengaplikasikannya. Jika perlu, konsultasikan lebih dulu dengan dokter.

4. Melakukan latihan gerakan otot pada badan yang dapat berfungsi sebagai penopang payudara. Cara merawat payudara saat menyusui ini juga mampu memperlancar produksi asi dan mempertahankan bentuk payudara setelah menyusui.

5. Pijatan

Teknik ini bisa Anda lakukan dengan memijat puting dan sekitarnya dengan ibu jari dan telunjuk. Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa atau minyak zaitun agar kulut mati pada puting dapat terkelupas dan menjaganya agar selalu lembab.

6. Ambil beberapa tetes asi dan oleskan di area puting setelah menyusui. Ini dapat menyembuhkan dan biarkan hingga kering sebelum payudara di tutup dengan bra.

7. Bila puting nyeri akibat cara mengisap asi oleh bayi yang salah, cobalah untuk ganti posisi dengan menyusui dari puting satunya yang tidak sakit. Berikan asi sebelum buah hati Anda lapar agar tidak menggigit saat menyusui.

Semoga bermanfaat.