Cara Pompa Asi Agar Keluar Banyak

Cara Pompa Asi Agar Keluar Banyak – Asi tidak bisa dipungkiri menjadi asupan nutrisi paling penting bagi tumbuh kembang buah hati anda. Terutama saat mereke memasuki masa keemasan 0-6 bulan, dimana perkembangan mereka masih sangat bergantung pada gizi yang disuplai dari air susu ibu.

Selain itu, asi juga dilengkapi dengan kandungan kompleks yang sangat baik untuk mendukung kecerdasan mereka. Hebatnya, senyawa yang terdapat dalam asi ini tidak bisa anda temukan pada merk susu formula manapun.

Tak heran jika dengan segudang keunggulan yang ditawarkan, banyak ibu yang enggan menyia-nyiakan kesempatan untuk memberikan asi eksklusif kepada bayi mereka. Sayangnya, ada saja problema yang membayangi seperti asi yang kering atau hanya keluar sedikit. Hal ini tentu saja menjadi momok yang paling menakutkan. Terlebih bagi mereka wanita karir yang harus meninggalkan buah hatinya di rumah.

Untuk itulah sangat perlu bagi Anda mengetahui bagaimana cara pompa asi agar keluar banyak. Sehingga Anda tidak direpotkan dengan serentetan treatment yang menguras waktu dan tenaga.

Cara Pompa Asi Agar Keluar Banyak

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

Anda pun bisa dengan tenang saat menyediakan asi untuk si kecil di rumah dan kembali bekerja dengan leluasa. Sebab, masa cuti setelah melahirkan sendiri dibatasi, sehingga mau atau tidak Anda tetap harus membuat persediaan asi perah untuk si kecil.

Asi perah sendiri dapat diperoleh dengan 2 cara. Pertama menggunakan tangan dan kedua memakai pompa. Bagi ibu pemula, berikut cara pompa asi agar keluar banyak dengan tangan yang benar. Jika ada waktu luang, Anda pun bisa meminta suami untuk mendampingi, sehingga ikatan batin antara Anda, suami, dan anak akan terjalin lebih erat.

  1. Pastikan tangan Anda telah steril, cucilah dengan sabun sampai bersih.
  2. Kompres payudara dengan handuk yang hangat dan terbuat dari material yang lembut.
  3. Siapkan wadah (mangkuk atau gelas) dan kain lap di bawah payudara.
  4. Tahap selanjutnya Anda boleh memerah dengan arah usapan ke puting, terus berulang-ulang sampai ASI keluar dari ujung puting. Arahkan ke wadah yang sudah anda sediakan.
  5. Jika Anda masih bingung, Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari informasi seputar cara pompa asi agar keluar banyak yang tepat. Dari tutorial yang diunggah oleh sumber terpercaya, Anda bisa mengenali teknik seperti apa yang disarankan.

Langkah yang kedua yakni memompa asi dengan pompa manual atau elektrik. Setiap jenis ini tentu dibekali dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka tidak ada salahnya jika Anda mengantongi wawasan yang memadai mengenai dua tipe pompa ini. Sesuaikan dengan yang anda butuhkan dan tentunya aman untuk digunakan. Pelajari juga bagaimana metode untuk mengaplikasikan karena tidak semua pompa yang dijual di pasaran dibarengi dengan panduan tersebut.

  1. Bersihkan tangan Anda dengan sabun lalu keringkan.
  2. Cuci botol penyimpanan asi dan bagian-bagian dari pompa asi dengan menggunakan air panas dan sabun khusus, bilas hingga bersih dan sterilkan. Suami juga bisa membantu langkah ini.

Tempat yang tidak dicuci sampai steril kemungkinan besar masih menyisakan kotoran atau menjadi sarang kuman yang berpotensi mengancam kesehatan anak Anda.

  1. Kompres payudara dengan handuk hangat sambil dipijat dengan arah menuju puting.
  2. Lakukan cara pompa asi agar keluar banyak ini dengan hati-hati.
  3. Anda bisa membawa pompa asi dan botol ke tempat kerja, gunakan es atau gel pendingin untuk membawa ASI saat pulang kerja.

Adapun strategi lain yang perlu Anda kuasai agar asi melimpah antara lain :

  1. Susui bayi lebih dulu selama 15 menit pada setiap payudara, baru dilanjutkan dengan memompa.
  2. Kumpulkan wawasan anda tentang cara memompa asi dan menyimpannya 1-2 minggu sebelum kembali masuk bekerja.
  3. Jika memungkinkan, Anda bisa memerah di tempat kerja dan berikan asi pada bayi keesokan harinya. Anda juga bisa menaruhnya di lemari pendingin
  4. Saat tidak bersama si buah hati, pompalah asi 3 jam sekali. Ini ditujukan agar ritme produksi asi tetap lancar dan terjaga.

Itulah beberapa tips dan cara pompa asi agar keluar banyak. Semoga referensi di atas dapat mengatasi kegundahan Anda selama ini.

Selamat mencoba.