Inilah Cara Posisi Menyusui Yang Benar

Inilah Cara Posisi Menyusui Yang Benar

Asi tidak bisa dipungkiri menempati peran yang signifikan dalam menyokong tumbung kembang bayi. Keberadaan zat gizi yang lengkap di dalamnya diketahui mampu menyuplai sekitar 400 nutrisi yang sempurna guna mensupport kecerdasan buah hati anda.

Tak hanya itu saja, senyawa baik yang terdapat di dalam air susu ibu juga tidak bisa digantikan oleh susu formula merk apapun. Jadi, tidak heran jika banyak ibu yang berkeinginan untuk memberikan asi esklusif bagi buah hatinya.

Manfaat lain yang bisa didapat dari asi eksklusif ini ialah mencegah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anak seperti infeksi telinga, radang paru-paru (pneumonia), gangguan pencernaan (gastroenteritis), hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Di samping mengkonsumsi makanan yang bisa membuat asi ibu melimpah, mengetahui cara posisi menyusui yang benar juga menjadi pengetahuan yang wajib dikuasai oleh Anda. Dengan begini, asi yang Anda pasok dapat tersalurkan dengan baik dan bayi pun akan merasa nyaman saat mereka mendapatkan asupan untuk mendorong pertumbuhannya. Berbekal wawasan ini, impian Anda untuk memperoleh anak sehat sekaligus cerdas akan terwujud.

Bunda Serius Ingin Melancarkan dan Memperbanyak ASI Alami ? Silahkan Klik Disini

cara posisi menyusui yang benar

Sebelum anda mengaplikasikan cara posisi menyusui yang benar, ada baiknya jika Anda mempersiapkan segala perlengkapannya. Ibu disarankan untuk mengenakan bra khusus menyusui yang pada bagian depannya terdapat kait atau kancing yang bisa dibuka. Teknik ini digunakan untuk menghindari tersumbatnya ASI serta peradangan payudara pada jaringannya.

Sementara untuk mengantisipasi kebocoran air susu yang tumpah di bra, ibu dapat menggunakan bantalan payudara (breast pad) yang diletakkan di depan bra.

Ada dua posisi yang direkomendasikan bagi bayi dan ibu ketika proses pemberian asi ini berlangsung.

  1. Berbaring miring

Ini bisa dikatakan sebagai posisi terbaik untuk Anda yang baru pertama kali memberi asi. Anda juga bisa memposisikan badan dengan berbaring dan miring saat merasa lelah atau nyeri.

  1. Duduk

Jika Anda memilih metode yang kedua ini, maka Anda harus menyediakan topangan atau sandaran pada punggung dengan posisi tegak lurus atau 90 derajat terhadap pangkuannya. Anda bisa duduk bersila di atas tempat tidur, lantai, atau duduk di kursi.

2 cara posisi menyusui yang benar tersebut akan memaksimalkan bentuk payudara dan memberi ruang untuk menempatkan bayi dengan tepat. Badan bayi dan ibu harus berhadapan dan mulut bayi diarahkan ke puting susu ibu. Leher bayi harus sedikit ditengadahkan.

Sebaiknya topang bayi pada bahu sehingga letak kepalanya yang tengadah dapat dipertahankan. Topanglah kepala dengan jari-jari tangan yang telentang atau pada lekukan siku ibunya. Akan lebih mudah lagi jika bayi sudah dipakaikan gurita atau dibungkus, sehingga tangannya berada di samping badan. Jika mulut bayi disentuhkan dengan pelan ke puting susu maka ia akan membuka mulutnya dengan lebar.

4 cara posisi menyusui yang benar di bawah ini juga bisa Anda jadikan sebagai referensi.

  1. The cradle

Mendekap dan teknik ini baik bagi bayi yang baru lahir. Pastikan punggung Anda benar-benar mendukung untuk melakukan the cradle ini. Apabila Anda meletakkan bayi di perut jadikan kulit Anda dan kulitnya bersentuhan lalu biarkan tubuhnya menghadap ke arah Anda dan letakkan kepalanya pada siku Anda.

  1. The cross cradle hold

Anda bisa menyebutnya sebagai posisi mendekap silang. Satu lengan menyokong tubuh bayi dan lainnya menyangga kepala, hampir serupa dengan posisi duduk hanya saja Anda memerlukan pengontrolan yang lebih besar atas kepala bayi. Ini sangat dianjurkan untuk bayi yang prematur atau ibu dengan puting payudara kecil.

  1. The football hold

Pegang bayi di samping Anda dengan kaki di belakang Anda dan bayi terselip di bawah lengan Anda, seperti Anda sedang memegang bola kaki. Bagi Anda yang melahirkan dengan proses caesar atau mempunyai payudara besar, cara posisi menyusui yang benar ini sangat recommended. Anda juga butuh bantal untuk menopang bayi.

  1. Saddle hold

Terobosan yang ke-4 ini bisa dikatakan sebagai alternatif yang menyenangkan untuk menyusui dalam posisi duduk. Terutama saat si kecil sedang sakit telinga atau pilek. Posisikan bayi Anda dalam keadaan duduk tegak mengangkangi Anda sendiri.

Demikian cara posisi menyusui yang benar. Semoga bermanfaat.