Home » melancarkan asi » Aneka Cemilan Pelancar ASI

Aneka Cemilan Pelancar ASI

Aneka Cemilan Pelancar ASI

Produksi ASI yang tidak lancar atau sedikit merupakan masalah yang umum dihadapi oleh ibu menyusui. Masalah ini kerap membuat ibu stres karena tidak bisa memproduksi ASI sehingga asupan gizi bayi berkurang. Padahal, stres merupakan faktor yang memicu produksi ASI menjadi tidak lancar. Ibu menyusui bisa mengonsumsi aneka cemilan pelancar ASI untuk merangsang produksi ASI dengan lancar. Produksi ASI yang lancar memberikan dampak positif bagi bayi dan juga ibu menyusui. Bayi tidak lagi kekurangan ASI karena ASI merupakan makanan utama bagi bayi yang usianya di bawah enam bulan. ASI membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Sedangkan, bagi ibu menyusui, produksi ASI yang lancar membuat ibu merasa bahagia serta rasa sakit di payudara ketika produksi ASI tidak lancar berkurang. Apa saja camilan yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk melancarkan ASI? Simak di bawah ini.

cemilanpelancarasi

  • Air

Air merupakan cemilan pelancar ASI yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Jumlah konsumsi air yang disarankan oleh ibu menyusui adalah 1,5 liter atau sama dengan 8 gelas setiap harinya. Tetapi, ibu menyusui bisa mengonsumsi air lebih banyak karena jumlah konsumsi air memengaruhi jumlah ASI yang diproduksi. Selain itu, air membuat ibu menyusui terhindar dari dehidrasi.

  • Buah

Cemilan pelancar ASI yang sangat direkomendasikan untuk ibu menyusui adalah buah. Buah  mengandung kadar air yang tinggi yang membantu meningkatkan produksi ASI serta mencegah risiko dehidrasi pada ibu menyusui. Kandungan serat yang tinggi di dalam buah membantu melancarkan saluran pencernaan bagi ibu menyusui dan bayi. Buah juga mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu memelihara daya tahan tubuh agar tetap kuat dan tahan terhadap serangan virus. Buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah melon, semangka, labu, pepaya. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan air, serat, dan vitamin yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayi. Buah-buahan tersebut bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus atau salad buah yang segar.

  • Sayur
Baca Juga  Bunda, Yuk Pijat untuk Melancarkan ASI

Mengonsumsi bahan makanan dengan kadar air yang tinggi merupakan kebutuhan wajib bagi ibu menyusui. Sehingga, ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur sebagai cemilan pelancar ASI. Sayur mengandung kadar air yang tinggi yang bermanfaat dalam melancarkan produksi ASI. Kandungan lain di dalam sayur seperti serat, mineral, dan vitamin membantu menjaga kesehatan ibu menyusui dan bayi. Jenis sayur yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah katuk, bayam, selada, dan kangkung yang terbukti manfaatnya untuk melancarkan ASI. Sayur tersebut bisa diolah dengan cara direbus, dikukus, dan dijadikan makanan seperti salad dan sup.

  • Susu

Susu tidak hanya dibutuhkan oleh bayi. Ibu menyusui juga membutuhkan susu untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu prima dan kebal terhadap serangan virus. Susu membantu ibu menyusui menjadi lebih bertenaga sehingga tidak cepat lelah ketika memberikan ASI kepada bayi. Susu yang dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah susu dengan formula khusus untuk melancarkan ASI. Sebagai cemilan pelancar ASI, susu tersebut harus mengandung mineral, protein, karbohidrat, vitamin, dan semua zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayi. Susu pelancar ASI bisa terbuat dari susu hewan seperti sapi atau susu dari kacang-kacangan seperti kacang kedelai atau kacang almond. Susu tersebut bisa dikonsumsi setiap dua kali sehari.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!