Home » susu formula » Ciri Ciri Bayi Tidak Cocok Minum Susu Formula

Ciri Ciri Bayi Tidak Cocok Minum Susu Formula

Ciri Ciri Bayi Tidak Cocok Minum Susu Formula

Masa kecil merupakan masa emas, khususnya pada usia bayi. Masa-masa ini merupakan masa dimana adanya perkembangan dan pertumbuhan pada bayi. Dengan demikian, asupan yang masuk ke dalam tubuh bayi pun tidak boleh sembarangan. Usia ini dimana bayi diberikan asupan ASI dan susu formula. Namun, tidak semua bayi cocok dengan susu formula. Untuk itu, perlu Anda ketahui ciri ciri bayi tidak cocok minum susu formula. Dengan memperhatikan ciri-ciri ini, Anda bisa dengan sigap memberhentikan asupan susu formula pada anak. Selain itu, dengan mendeteksi lebih awal akan lebih mudah untuk mencegah adanya efek samping lain bagi bayi yang tidak cocok mengonsumsi susu formula. Berikut adalah ciri-ciri bahwa bayi Anda tidak cocok untuk mengonsumsi susu formula:

Ciri Ciri Bayi Tidak Cocok Minum Susu Formula

Adanya Gangguan Pencernaan

Ciri ciri bayi tidak cocok minum susu formula yang pertama adalah timbulnya gangguan pencernaan pada bayi. Hal ini biasanya muncul setelah Anda memberikan susu formula pada sang bayi. Adanya gangguan pencernaan ini dapat dideteksi sejak awal. Jika bayi Anda sering buang angin dalam intensitas yang kurang wajar, kembung pada perut, hingga muntah-muntah maka Anda harus mencurigai adanya ketidakcocokan pada susu formula. Untuk itu, hentikan pemberian susu formula. Selain itu, Anda juga bisa lebih memastikan bahwa bayi Anda tidak cocok dengan susu formula jika ia buang air lebih dari 3 kali dalam sehari dan mengeluarkan feses lebih keras atau lebih cair dengan cairan seperti warna hijau atau bahkan mengeluarkan darah.

Baca Juga  Mana yang Lebih Baik ASI atau Susu Formula

Timbulnya Alergi Pada Kulit

Untuk ciri ciri bayi tidak cocok minum susu formula lainnya adalah jika adanya alergi pada kulit. Alergi terhadap susu formula pada kulit ini biasanya dapat dideteksi dengan tanda-tanda adanya bintik ataupun bisul pada bagian wajah bayi. Area yang biasa terdapat bintik hingga bisul ini biasanya terdapat pada pipi atau telinga. Ciri lainnya menandakan bahwa bayi yang tidak cocok pada susu formula adalah dengan adanya ketombe ataupun bekas hitam seperti gigitan nyamuk pada kulit kepala. Jika menemukan ruam popok, hal ini juga bisa menandakan bahwa bayi Anda alergi atau tidak cocok pada susu formula yang diberikan.

Adanya Gangguan Pada Lidah

pelancarasibanner

Ciri ciri bayi tidak cocok minum susu formula bisa Anda lihat pada bagian lidahnya. Jika lidah bayi Anda berwarna putih pada bagian tengahnya dan terlihat ada seperti jamur, maka Anda harus mencurigai susu formula yang telah diberikan. Bisa jadi susu formula yang Anda berikan kepada bayi Anda tidak cocok. Selain itu, Anda juga bisa melihat apakah bibir bayi Anda terlihat kering dan berwarna lebih gelap pada bagian tengahnya. Jika terdapat kedua ciri ini, maka sudah dipastikan bayi Anda tidak cocok dengan susu formula yang telah diberikan.

Timbulnya Gangguan Pernapasan

Jika Anda menemukan bayi Anda mengalami pernapasan yang tidak teratur setelah diberikan susu formula, maka bisa jadi ini menjadi salah satu ciri bahwa bayi Anda tidak cocok dengan susu formula. Gangguan pernapasan ini bisa dilihat jika bayi Anda mendengkur dengan gangguan pernapasan lainnya, seperti batuk pada pagi dan malam hari. Untuk itu, hal ini menjadi salah satu ciri ciri bayi tidak cocok minum susu formula yang harus Anda perhatikan. Dengan adanya ciri-ciri sebelumnya beserta dengan gangguan pernapasan, maka Anda bisa mencoba untuk menghentikan pemberian susu formula. Namun, jika masih berlangsung Anda bisa langsung menghubungi dokter untuk penanganan lebih jauh.

Baca Juga  Tips Memilih Merk Susu Formula Bayi Terbaik
pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!