Home » susu formula » Dampak Pemberian ASI Diselingi Susu Formula

Dampak Pemberian ASI Diselingi Susu Formula

Beberapa Dampak Pemberian ASI Diselingi Susu Formula 

Tahukah anda para perempuan khususnya para ibu bahwa ASI merupakan makanan terbaik yang sudah seharusnya diberikan kepada bayi. Namun di zaman modern ini telah banyak bermunculan berbagai macam merek susu formula khusus untuk bayi, tentu ini menjadi solusi bagi para wanita karir. Tapi tahukah anda bahwa terdapat beberapa dampak pemberian ASI diselingi susu formula yang dapat terjadi pada bayi anda. ASI memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak, terutama bagi perkembangan fisik dan tingkat kecerdasan anak. Namun pemberian ASI dan susu formula secara bergantian tentu memiliki dampak-dampak signifikan yang akan tampak pada si bayi. Berikut adalah dampak yang ditimbulkan akibat pemberian ASI dan susu formula secara bergantian:

Dampak Pemberian ASI Diselingi Susu Formula

  1. Dapat menimbulkan alergi, tidak semua bayi cocok dengan susu formula karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi.
  2. Dampak pemberian ASI diselingi susu formula dapat mengakibatkan gangguan pencernaan pada bayi seperti muntah dan diare. Karena semua zat yang terkandung dalam ASI cenderung bisa diserap dengan baik oleh bayi, jadi tentu saja tidak ada masalah sama sekali. Berbeda dengan kandungan susu formula yang cenderung sulit diserap oleh bayi.
  3. Perkembangan otak bayi jadi tidak maksimal, merupakan salah satu dampak dari dampak pemberian ASI diselingi susu formula. Hal ini disebabkan karena tidak semua susu formula mengandung laktosa seperti yang terkandung dalam ASI kaya akan kandungan laktosa.
  4. ASI mengandung sel darah putih hidup yang bisa berjumlah jutaan dalam sekali menyusui, sel darah putih ini berperan sebagai anti body untuk bayi. Berbeda dengan susu formula, meskipun mengandung sel darah putih, semuanya sudah dalam keadaan mati.
  5. Dampak pemberian ASI diselingi susu formula pada bayi dapat mempercepat gigi anak berlubang. Berbeda dengan ASI yang kandungannya justru memperkuat gigi.
  6. Tidak semua kandungan susu formula bisa dicerna dengan mudah oleh bayi, sehingga membuat organ dalam bayi seperti ginjal bekerja keras untuk mencernanya. Hal ini tentu tidak berlaku bagi ASI semua kandungannya mudah diserap oleh tubuh bayi.
  7. Pemberian susu formula pada bayi secara berlebihan bisa memicu obesitas pada sang bayi kelak.
  8. Kandungan lemak pada ASI sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak dengan cepat selama masa pertumbuhan bayi. Sedangkan kandungan lemak pada susu formula tidak seoptimal kandungan lemak pada ASI.
  9. Bayi yang mendapatkan ASI cenderung lebih aktif karena terdapat kandungan karnitin yang berperan dalam proses pembentukan energi.
  10. ASI mengandung vitamin A yang cukup baik untuk membantu kesehatan mata bayi.
  11. Kandungan mineral dalam ASI seperti kalsium memang tidak sebanyak yang terkandung dalam susu formula, namun kandungan kalsium pada ASI lebih mudah diserap oleh bayi ketimbang kalsium pada susu formula.
  12. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif cenderung lebih bisa memakan sayur-sayuran di awal usia balita ketimbang anak yang meminum susu formula.
Baca Juga  Rasa Susu Formula yang Mendekati ASI

Itulah beberapa dampak pemberian ASI diselingi susu formula, ulasan diatas jelas menunjukkan bahwa kandungan gizi pada ASI jauh lebih baik dari pada kandungan gizi susu formula, sehingga ada baiknya agar para ibu memberikan ASI secara eksklusif ketimbang diselingi susu formula. Pemberian ASI yang diselingi dengan susu formula memang sah-sah saja, namun tetap saja harus sesuai dengan arahan dokter spesialis anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini