Home » Tips Ibu Menyusui » Daya Tahan Asi Perah Tanpa Kulkas Berapa Lama?

Daya Tahan Asi Perah Tanpa Kulkas Berapa Lama?

Daya Tahan Asi Perah Tanpa Kulkas Berapa Lama?

Bagi ibu yang aktif bekerja pada siang hari tentu saja memberikan asi secara full menjadi sebuah tantangan tersendiri. Sebab ibu menyusui tidak bisa bersama bayinya selama seharian penuh karena tuntutan pekerjaan. Bekerja pada pada pagi sampai dengan sore hari sama sekali tidak boleh menyurutkan semangat ibu untuk memberikan asi secara eksclusive kepada bayi. Sebab pemberian asi merupakan cara terbaik ibu untuk menyayangi anaknya. Bahkan dengan tetap menaklukkan tantangan ketidak bersamaan ibu dengan bayi akan memberikan kedekatan secara emosional antara ibu dan anak. Memerah asi menjadi salah satu solusi yang harus dilakukan oleh ibu yang bekerja namun tetap ingin menyusui. Namun kendalanya adalah Anda harus mengetahui daya tahan asi perah tanpa kulkas jika ternyata di kulkas tidak memiliki kulkas untuk tempat menyimpan asi perah Anda.

Daya Tahan Asi Perah Tanpa Kulkas Sebagai Pendingin

Memerah asi ketika sedang bekerja memang menjadi solusi paling ampuh bagi para ibu yang saat ini baru saja memiliki bayi namun masih sangat aktif bekerja. Pekerjaan yang dilakukan selama seharian dari mulai pagi hari hingga sore hari tentu saja membuat pada ibu tidak bisa bersama bayinya selama 24 jam penuh. Sehingga solusi atas permasalahan ibu bekerja adalah dengan memberikan asi perah untuk bayi. Namun masalahnya daya tahan asi perah tanpa kulkas itu sebenarnya tidak terlalu lama. Berikut daftarnya:

Baca Juga  Beberapa Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar

Daya Tahan Asi Perah Tanpa Kulkas Berapa Lama?

  • Asi perah yang disimpan pada suhu ruangan sebenarnya hanya bisa bertahan selama kurang lebih 8 jam. Selebihnya dari 8 jam asi perah sudah tidak boleh diberikan lagi kepada bayi. Sebab dikhawatirkan asi perah yang disimpan di suhu ruangan tanpa pendinginan kandungan nutrisinya sudah berubah. Bukan hanya kandungan nutrisinya saja yang berrubah, namun dikhawatirkan sudah mengandung bakteri yang sangat berbahaya untuk kesehatan bayi. Meskipuh asi perah sudah disimpan pada botol yang tertutup rapat, namun akan tetap berbahaya jika ibu masih menyimpannya pada suhu ruangan dengan waktu lebih dari 8 jam
  • Jika asi perah yang sudah dibekukan kemudian dicairkan dan dibiarkan dalam suhu ruangan, asi perah ini hanya bertahan kurang lebih 4 jam saja. Sehingga jika Anda sudah terlanjur mencairkan asi perah Anda dan tidak segera diminumkan hanya bisa bertahan hingga 4 jam saja. Selebihnya ada baiknya Anda buang saja demi keamanan dan kesehatan bayi Anda. Bagi asi yang sudah dihangatkan sebaiknya langsung diminumkan sampai habis. Jika tidak diminumkan sampai habis ada baiknya Anda buang saja. Sebab bakteri kemungkinan sudah mulai bisa tumbuh di asi perah Anda. Oleh karenanya penting bagi para ibu bekerja untuk menyimpan asi pada sebuah kemasan botol yang tertutup sesuai dengan takaran kemampuan bayi Anda minum asi.

Menyimpan Asi Yang Benar Tanpa Kulkas

Ada beberpa cara yang bisa dilakukan oleh Anda yang saat sekarang sedang menyusui namun terkendala Anda bekerja dan di kantor tidak memiliki kulkas. Caranya adalah dengan Anda membawa sebuah tas khusus yang dilapisi dengan aluminium foil kemudian tas itu diisi dengan plastik es batu. Ada baiknya Anda membawa gel es yang akan lebih tahan lama. Gel es ini ketika sudah beku bisa mendinginkan asi Anda sampai setidaknya beberapa jam. Aluminium foil yang ada di dalam tas khusus tersebut berfungsi untuk menahan suhu di dalam tas tetap stabil dinginnya.

Baca Juga  Daftar 7 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Bayi

Gel es yang sudah mencair bisa Anda bekukan kembali dan Anda gunakan kembali untuk menyimpan dan mempertahankan asi perah yang Anda akan berikan untuk bayi anda. Daya tahan asi perah tanpa kulkas yang hanya dalam beberapa jam tersebut tentu saja membuat Anda harus cerdas dalam menyimpan asi supaya kandungan gizi di dalam asi tidak berubah dan Anda masih bisa memberikan asi secara eksclusive kepada bayi Anda meskipun Anda saat sekarang sedang sangat aktif bekerja pada pagi hingga sore hari. Biasanya gel es dan tas khusus ini dijual secara sepaket. Sebab biasanya tas penyimpanan ini akan sangat bermanfaat untuk ibu-ibu yang bekerja. Meskipun Anda harus menebus harga tas khsusus ini sangat mahal, namun hal ini cukup terbaik bagi ibu yang bekerja dan ingin tetap aktif menyusui.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini