Home » Tips Ibu Menyusui » Efek Menyusui Hanya Sebelah Kiri Bagi Ibu Dan Si Buah Hati

Efek Menyusui Hanya Sebelah Kiri Bagi Ibu Dan Si Buah Hati

Efek Menyusui Hanya Sebelah Kiri Bagi Ibu Dan Si Buah Hati

Ternyata bagi ibu yang baru saja memiliki bayi pasti ingin sekali menyusui entah sebalah kanan atau sebelah kiri, yang ternyata ada efek menyusui hanya sebelah kiri saja atau kanan saja. Hal ini mulai menjadi salah satu yang diperdebatkan karena melihat banyak ibu yang hanya menyusui di salah satu sebelah antar kanan dan kiri. Sebelum lebih jauh perlu anda ketahui bahwa menyususi merupakan salah satu aktifitas yang dilakukan ibu agar dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi dan tak hanya itu saja juga untuk menenangkan bayi yang menangis karena lapar atau haus. Tak hanya itu sjaa ternyata menyusui membangun hubungan antara ibu dan anak yang disebut bonding attachment yang dapat diterjadi saat bayi menyusui pada ibu. Hal ini yang dpaat membuat ibu menjadi lebih dekat dengan anaknya dan memiliki naluri yang kuat bila anaknya atau bayinya terjadi sesuatu, beda halnya dengan ibu yang jarang menyusui bayinya melalui cara ini atau melalui botol yang hubungan antar ibu dan anak tak terbangun. Setelah terbangun ternyata memiliki efek bila menyusui salah satu sisi saja yang kebanyakan dilakukan ibu-ibu di Indonesia karena hal ini lazim dilakukan.

Efek Menyusui Hanya Sebelah Kiri

Efek menyusui hanya sebelah kiri pada bayi dan ibu adalah :

Efek menyusui hanya sebelah kiri pada ibu :

  • Ibu dapat mengalami nyeri di payudara kiri

Ini yang sering ibu abaikan mungkin juga anda mengabaikan hal ini. Nyeri pada payudara merupakan salah satu yang tak boleh diabaikan karena selain tak nyaman bagi ibu dan juga bagi bayi. Bagi ibu ini dapat merupakan salah satu peringatan bahwa ada yang salah pada bagian puting ibu mungkin saja terjadi iritasi bahkan juga luka yang terjadi sehingga tak nyaman. Bayi dapat merasakan bahwa ibu sedang tak nyaman, sehingga membuat mereka rewel dan menangis.

  • ASI di payudara kiri dapat habis
Baca Juga  7 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui

Banyak yang berfikir bahwa ASI tak habis namun memang ada waktunya ASI anda mencapai batas terendahnya hingga habis. Hal ini terjadi karena pembuatan ASI pada kelenjar yang ada di payudara tak secepat bayi menghisap ASI yang telah tersedia sheingga bila dilakukan pada payudara terus-menerus dapat mengakibatkan ASI sedikit hingga habis. Hal ini yang jarang diketahui banyak ibu padahal cara yang mudah dilakukan adalah merasakan payudara terasa berat atau terasa terisi merupakan tanda dari payudara memiliki ASI yang cukup untuk si buah hati.

  • Dapat mengiritasi puting pada payudara kiri

Ini yang pasti anda ketahui yatu dapat mengiritasi puting di payudara kiri pastinya. Hal ini terjadi karena sering atau terus menerus digunakan untuk menyusui pada bayi. Bayi yang begitu lapar dan haus pastinya akan menghisap dengan cepat dan juga kadang begitu dalam dengan cepat yang dapat mengiritasi puting dengan respon awal berupa nyeri di sekitar puting. Sehingga perlu diwaspadai hal ini karena dari iritasi bisa menjadi luka dan akhirnya perlu perawatan lebih lanjut.

pelancarasibanner

Efek menyusui hanya sebelah kiri pada bayi :

  • Lama-lama bayi menjadi bosan dengan posisi tersebut

Hal ini bisa terjadi pada bayi karena posisi yang sama terus menerus sehingga saat menyusui menjadi tak nyaman bagi bayi. Perlu untuk mencoba gaya baru seperti mencoba menggunakan payudara sebelah kanan untuk menyusui bayi yang dapat membuat bayi mendapat pengalaman baru.

  • Dapat kekurangan nutrisi
Baca Juga  Penyebab Dan Cara Mengatasi Payudara Perih Saat Menyusui

Ini yang sering terjadi mungkin bagi anda, bayi telah disusui namun masih saja merengek dan menangis karena ternyata bayi tak terpenuhi ASI yang dibutuhkan. Alih-alih berpendapat bahwa banyak ibu berfikir bahwa ASI mereka banyak sehingga terus menerus disusui di satu tempat padahal bayi tenang saat disusui karena mereka mengenyot puting bukan ASI yang memenuhi gizi dan kemauan mereka sehingga saat dilepas atau berhenti menyusui bayi menangis.

  • Bayi menjadi tak nyaman

Hal ini terjadi saat ibu juga merasa tak nyaman karena puting dalam keadaan teriritasi sehingga ibu melakukan sesuatu gerakan yang tak disengaja membuat bayi menjadi malas untuk disusui dan akhirnya bayi menangis karena tak nyaman.

Sehingga efek menyusui hanya sebelah kiri tak hanya mempengaruhi sang ibu dan juga ternyata si buah hati. Mulai dari bayi kekurangan nutrisi karena ASI habis dan juga ibu tak nyaman karena iritasi pada puting yang menghasilkan ibu enggan untuk lama-lama menyusui bayi.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini