Home » pengaruh kb » Benarkah KB Suntik 3 Bulan Berpengaruh Terhadap ASI? Ini Jawabannya

Benarkah KB Suntik 3 Bulan Berpengaruh Terhadap ASI? Ini Jawabannya

Benarkah KB Suntik 3 Bulan Berpengaruh Terhadap ASI? Ini Jawabannya

Setelah melahirkan, beberapa wanita memilih untuk menggunakan KB. Salah satu KB yang sering sekali digunakan adalah KB suntik 3 bulan. KB jenis ini menjadi favorit para wanita karena sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Namun, beberapa wanita umumnya masih takut untuk menggunakan KB karena nantinya KB suntik 3 bulan berpengaruh terhadap ASI. Pada dasarnya setiap KB memang memiliki dampak tersendiri bagi tubuh kita. Tapi, untuk KB suntik 3 bulan sebenarnya tidak akan berpengaruh terhadap produksi ASI Anda. Lalu, apa saja efek dari KB suntik?

KB suntik 3 bulan berpengaruh terhadap ASI

Efek KB Suntik 3 Bulan Berpengaruh Terhadap ASI

  1. Pertambahan Berat Badan

Salah satu efek dari penggunaan KB suntik 3 bulan adalah penggemukan badan. Di dalam KB suntik 3 bulan terdapat Depo Provera, dimana cairan ini memiliki hubungan dengan hormone progesterone. Hormon ini ternyata juga bisa membuat penggunanya menjadi cepat lapar dan akhirnya menjadi gemuk.

  1. Gangguan Haid

Hal lain yang dirasakan akibat KB suntik 3 bulan adalah adanya perubahan siklus menstruasi dan juga volume darah yang keluar saat haid.

  1. Menurunkan Libido

Jika menggunakan KB jenis ini dalam waktu yang lama, libido pengguna bisa menjadi turun disertai gangguan emosional, munculnya jerawat. Atau sakit kepala.

  1. Kolesterol

Saat menggunakan KB suntik 3 bulan, lipid serum atau kolesterol dalam tubuh Anda bisa menjadi meningkat. Jadi, ada baiknya Anda juga mengontrol asupan makanan sehari-hari.

Baca Juga  Cara Memperbanyak ASI Setelah KB Suntik 1 Bulan
pelancarasibanner

Dari dampak penggunaan KB suntik 3 bulan diatas, bisa dibilang tidak ada hubungannya KB suntik 3 bulan berpengaruh terhadap ASI. Anda tetap bisa memberikan ASI eksklusif kepada anak Anda meskipun telah menggunakan KB jenis ini. Bahkan, dengan tetap memberikan ASI kepada buah hati, hal ini bisa menekan kesuburan pengguna KB. Anda bisa semakin terlindungi dari kehamilan jika semakin sering menyusui sang buah hati.

Saat KB suntik 3 bulan berpengaruh terhadap ASI, memang akan ada lebih banyak hormon yang ikut masuk ke ASI. Tapi jangan khawatir, hormon ini bisa dibilang aman dan tidak berdampak terhadap bayi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir buah hati Anda akan mengalami sakit atau kelainan. Selama KB yang Anda gunakan benar dan terpercaya dari bidan atau dokter, bisa dibilang KB suntik 3 bulan ini aman untuk digunakan. Bahkan, ternyata KB jenis ini juga memiliki manfaat yang baik untuk Anda. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari KB suntik 3 bulan.

  1. Tidak Mendatangkan Mandul

Beberapa wanita biasanya takut KB karena bisa menyebabkan mandul. Dengan KB jenis ini, Anda tidak perlu takut mandul. Pengguna KB suntik 3 bulan masih tetap bisa mengalami kehamilan saat berhenti menggunakan KB.

  1. Sangat Efektif Mencegah Kehamilan

Dari sekian jenis KB, KB suntik 3 bulan bisa dibilang sangat efektif mencegah kehamilan. Bahkan, kemungkinan terjadi kehamilan hanya sebesar 10 persen saja.

Baca Juga  Ketahui Pengaruh KB Implan Terhadap ASI

Nah, itulah beberapa manfaat dan dampak yang dihasilkan dari penggunaan KB suntik 3 bulan. Memang banyak orang yang percaya bahwa menggunakan KB suntik 3 bulan tidak baik untuk produktivitas ASI. Hal ini karena hormon yang dikandung pada KB jenis cukup tinggi. Tak jarang pula yang menganggap menggunakan KB harus menunggu hingga haid pertama sehabis melahirkan. Padahal, KB seharusnya dilakukan secepat mungkin selama Anda tidak memiliki masalah dengan kandungan Anda. Jadi, bagi Anda yang masih ragu karena bingung KB suntik 3 bulan berpengaruh terhadap ASI atau tidak, sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan KB jenis ini.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!