Home » susu formula » Keunggulan ASI Eksklusif Dibanding Susu Formula untuk Bayi

Keunggulan ASI Eksklusif Dibanding Susu Formula untuk Bayi

Keunggulan ASI Eksklusif Dibanding Susu Formula untuk Bayi 

Di zaman yang serba modern ini, dimana para ibu-ibu menyusui juga menjalani aktivitas sebagai wanita karir sebagai tuntutan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Maka dari itu, tak jarang ada bayi-bayi diluar sana terpaksa mengkonsumsi susu formula yang merupakan dampak dari kesibukan orang tua mereka, terutama ibu. Namun jika para ibu tau tentang keunggulan ASI eksklusif dibanding susu formula, maka tidak ada satu pun seorang ibu yang mau memberikan susu formula kepada bayinya. Jadi sangat penting bagi ibu untuk mengetahui apa-apa saja keunggulan ASI ketimbang susu formula, agar bayi ibu tumbuh cerdas dan sehat. Berikut adalah beberapa keunggulan ASI yang perlu ibu ketahui:

Keunggulan ASI Eksklusif Dibanding Susu Formula

  1. Semua elemen-elemen yang terkandung di dalam ASI mudah diserap oleh bayi, sedangkan susu formula tidak.
  2. ASI mengandung sel darah putih hidup yang berperan sebagai anti body bagi bayi, sedangkan tidak semua susu formula mengandung sel darah putih, kalaupun ada sel darah putihnya pasti sudah mati.
  3. Salah satu keunggulan ASI eksklusif dibanding susu formula adalah kandungan protein pada ASI tidak berlebihan dan cenderung lebih mudah diserap tubuh bayi, sedangkan susu formula mengandung banyak protein sehingga dapat memicu alergi pada bayi.
  4. ASI mengandung lemak baik dan tak jenuh untuk membantu membentuk sel otak, terutama DNA dan AA. Sedangkan susu Formula tidak seefektif ASI.
  5. ASI mengandung laktoferin yang berfungsi untuk kesehatan usu halus bayi, sedangkan susu formula tidak.
  6. ASI mengandung oligosakarida yang berfungsi untuk menjaga kondisi usus halus bayi.
  7. Keunggulan ASI eksklusif dibanding susu formula adalah ASI kaya akan kandungan immunoglobulin yang berperan sebagai anti bodi, sedangkan susu formula tidak maksimal.
  8. ASI mengandung banyak selenium yang berfungsi sebagai anti oksidan.
  9. Ai mengandung enzim dan hormon yang membantu pencernaan bayi antara lipase dan amylase, hormone yang terkandung di dalamnya antara lain hormon tiroid, prolaktin, oksitosin serta 15 jenis enzim lainnya.
  10. Salah satu keunggulan ASI eksklusif dibanding susu formula adalah rasa susu formula tidak variatif, sedangkan rasa ASI akan mengikuti jenis zat atau senyawa yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi oleh ibu.
  11. Pemberian ASI eksklusif pada bayi akan membangun kedekatan antar bayi dan dan ibu yang menyusui.
  12. ASI selalu dalam kondisi steril saat keluar dari payudara ibu.
  13. ASI mengandung karnitin yang berperan dalam pembentukan energy yang dibutuhkan oleh bayi dalam mempertahankan metabolisme tubuh. Jumlah karnitin pada ASI sangat tinggi, terutama di tiga minggu awal ibu menyusui. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, konsentrasi karnitin yang lebih tinggi dibanding bayi yang hanya mendapatkan susu formula.
Baca Juga  Bolehkah ASI Diselingi Susu Formula?

Berdasarkan ulasan di atas jelas menunjukkan bahwa semua elemen-elemen yang terkandung dalam ASI bersifat baik dan menguntungkan bagi perkembangan bayi, sedangkan susu formula cenderung tidak maksimal. Susu formula memang aman untuk dikonsumsi bayi, namun jumlah gizi yang bayi dapatkan tidak semaksimal jika mengkonsumsi ASI secara eksklusif. Dengan mengetahui keunggulan ASI eksklusif dibanding susu formula, maka ibu tidak akan berfikir dua kali lagi untuk memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta dan sebisa mungkin tidak memberikan susu formula selama produksi ASI ibu masih produktif, kalaupun tidak, sekarang ibu sudah bisa membeli ASI yang dijual oleh beberapa ibu lainnya yang kebetulan produksi ASInya cukup baik.

pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini