Home » makanan memperbanyak asi » Makanan Pelancar ASI Selain Katuk

Makanan Pelancar ASI Selain Katuk

Beragam Pilihan Makanan Pelancar ASI Selain Katuk

Selama masa menyusui, ibu disarankan untuk lebih memperhatikan apa yang dikonsumsi. Semua makanan yang masuk ke tubuh ibu akan memberi pengaruh terhadap ASI yang diproduksi. Makanan juga menjadi sumber alami untuk membantu ibu yang bermasalah pada produksi ASI. Seperti katuk dan beberapa makanan pelancar ASI selain katuk lainnya. Katuk sendiri merupakan sayuran hijau yang banyak dimanfaatkan untuk pelancar ASI sejak dulu badi sebagian besar masyarakat Indonesia. Daun katuk mengandung banyak nutrisi, mulai dari serat, vitamin, dan mineral. Daun katuk juga diketahui mengandung protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 7%. Selain itu, serat dalam daun katuk juga banyak dengan 19% serat kasar yang baik untuk pencernaan. Selain daun katuk, ternyata ada beberapa bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan untuk memperlancar ASI. Berikut adalah beberapa pilihan untuk memperlancar produksi ASI selain daun katuk.

Makanan untuk Membantu Melancarkan Produksi ASI

Masyarakat tanah air memang sangat mengenal katuk sebagai pelancar ASI. Namun bukan hanya katuk yang mujarab sebagai pelancar ASI, bahan-bahan alami berikut juga bisa dicoba untuk melancarkan produksi ASI.

Makanan Pelancar ASI Selain Katuk

  1. Daun adas

Bagi yang belum kenal dengan daun adas, bisa melihat di acara-acara memasak yang ada di TV. Sering daun adas dimanfaatkan sebagai penghias makanan yang disajikan. Biasanya daun adas diletakkan sebagai toping atau pun penghias pinggiran makanan. Selain sebagai penghias sajian makanan, daun adas ternyata juga bisa menjadi salah satu makanan pelancar ASI selain katuk. Daun adas juga merupakan salah satu bahan alami yang dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai pelancar ASI. Cara mengonsumsi daun adas cukup mudah, cukup dengan merebus daun hijau tersebut hingga matang. Anda bisa memakan daun adas sebagai lalapan bersama sambal cabai atau pun sambal pecel. Sesuaikan selera Anda sendiri untuk bisa makan sayuran hijau ini.

  1. Jintan hitam
Baca Juga  Menu Makanan Ibu Menyusui 6 Bulan Pertama

Bahan herbal yang satu ini tentu sudah sangat dikenal dalam dunia pengobatan herbal. Jintan herbal memang banyak dimanfaatkan untuk membantu pengobatan atau pun meningkatkan kesehatan. Selain digunakan untuk obat alami, jintan hitam juga bisa Anda manfaatkan sebagai makanan pelancar ASI selain katuk. Dalam jintan hitam mengandung banyak unsur penting untuk membantu memperlancar ASI, mulai dari minyak astiri, melantin, saponin, nigelon, timokinon, dan karotin. Unsur-unsur tersebut mempunyai khasiat untuk memperlancar produksi air susu ibu.

  1. Labu

Ibu menyusui bisa memanfaatkan labu sebagai pelancar ASI. Seperti labu kuning yang baik untuk memperlancar dan juga meningkatkan kualitas air susu yang dihasilkan. Labu merupakan salah satu sumber vitamin yang baik untuk kesehatan ibu. Salah satunya adalah kandungan vitamin C dalam labu yang cukup bagus untuk ibu. Makanan pelancar ASI selain katuk tersebut bisa ibu konsumsi dengan mengolah sesuai selera. Kebutuhan nutrisi vitamin untuk ibu, tentunya memiliki pengaruh baik bagi si kecil. Air susu yang dihasilkan akan sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ibu. Maka dari itu, produksi ASI bisa dilancarkan dengan beberapa makanan kaya nutrisi yang dikonsumsi ibu. Selain sebagai pelancar ASI, labu juga bermanfaat sebagai sumber energi. Untuk ibu-ibu menyusui akan sangat membutuhkan makanan yang bisa menambah energi seperti labu ini.

pelancarasibanner

Itulah beberapa bahan herbal yang bisa dikonsumsi selama menyusui untuk ASI yang lancar. Penting bagi ibu untuk tahu makanan pelancar ASI selain katuk, terlebih untuk ibu-ibu yang ASI-nya sedikit. Bahan-bahan alami di atas juga bisa menjadi pilihan untuk ibu menyusui yang bosan dengan katuk.

Baca Juga  Resep Cemilan Untuk Ibu Menyusui yang Bergizi
pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!