Home » makanan memperbanyak asi » Makanan Sehat Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Makanan Sehat Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Bahan Makanan Sehat Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama enam bulan pertama merupakan kewajiban seorang ibu. ASI eksklusif merupakan makanan utama bayi di bawah enam bulan. Tanpa ASI, mereka akan kekurangan nutrisi dan terganggu perkembangannya. Namun, ibu menyusui sering memiliki masalah dengan produksi ASI yang tidak lancar. Makanan sehat ibu menyusui agar bayi cerdas harus dikonsumsi secara rutin agar ibu menyusui bisa memproduksi ASI yang sehat dan melimpah. Bahan makanan yang dipercaya mampu melancarkan produksi ASI adalah sebagai berikut.

Makanan Sehat Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

  • Daun Katuk

Sejak dulu daun katuk dipercaya sebagai bahan makanan sehat ibu menyusui agar bayi cerdas. Daun katuk mengandung protein nabati, zat besi, fosfor, vitamin A, dan vitamin B1 yang tinggi. Selain itu, daun katuk mengandung senyawa sterol dan alkaloid yang membantu meningkatkan produksi ASI. Penelitian telah membuktikan bahwa dalam setiap 100 gram daun katur terdapat 200 miligram vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bagi ibu menyusui. Ibu menyusui yang mendapatkan asupan vitamin C yang cukup akan memiliki daya tahan tubuh yang meningkat. Daun katuk terbukti meningkatkan produksi ASI mencapai 50%. Daun katuk bisa dikonsumsi dengan cara dibuat sayur bening dan bobor katuk.

  • Edamame

Edamame merupakan kacang kedelai Jepang yang sudah terbukti memiliki protein nabati yang tinggi. Di dalam setiap biji edamame terkandung asam folat, zat besi, riboflavin, kalium, dan fosfor. Sedangkan, vitamin yang terkandung di dalam edamame adalah vitamin C dan vitamin K. Ibu menyusui disarankan mengonsumsi edamame sebanyak 50 gram dalam sehari agar tubuh memiliki tenaga yang cukup untuk menyusui, beraktivitas, dan memproduksi ASI. Makanan sehat ibu menyusui agar bayi cerdas dari edamame sangatlah beragam. Edamame bisa dikonsumsi dengan cara direbus dan dijadikan camilan yang sehat. Edamame bisa dijadikan campuran untuk beragam masakan seperti sup, telur dadar, salad, dan masih banyak lagi.

  • Bayam
Baca Juga  Makanan Untuk Memperbanyak Asi Yang Bisa Dikonsumsi Sehari-Hari

Bayam merupakan bahan makanan sehat ibu menyusui agar bayi cerdas dengan kandungan tiamin, riboflavin kalium, fosfor, dan magnesium yang tinggi. Bayam juga terkenal dengan kandungan vitamin A, B6, E, dan K. Ibu menyusui disarankan mengonsumsi bayam agar sistem kekebalan tubuh ibu menyusui dan bayi meningkat. Keunggulan lain dari bayam adalah kandungan kalori dan lemaknya yang rendah. Sehingga, tidak menyebabkan kenaikan berat badan pada ibu menyusui. Jika ingin menjadikan bayam sebagai makanan pelancar ASI maka pilihlah bayam dengan warna yang pekat seperti hijau pekat atau merah pekat. Warna daun bayam yang pekat menandakan bayam tersebut mengandung senyawa karoten yang tinggi. Senyawa karoten sendiri berfungsi untuk menjaga tubuh agar tidak terkena radikal bebas atau zat penyebab kanker. Bayam bisa dikonsumsi dengan cara dibuat sup atau sayur bening. Namun, perlu diingat bahwa olahan bayam tidak boleh dipanaskan ulang karena bisa menimbulkan senyawa beracun.

  • Pare

Walaupun pare memiliki rasa yang pahit, ternyata pare merupakan jenis sayuran dengan kadar antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Sehingga, pare bisa dijadikan makanan sehat ibu menyusui agar bayi cerdas. Pare  membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi serta membantu melancarkan sistem peredaran darah. Senyawa fotokimia lutein yang terkandung di dalam pare membantu meningkatkan produksi insulin sehingga kadar gula di dalam darah dan air susu bisa menurun. Pare mengandung senyawa antibiotik untuk membunuh cacing di usus.

Baca Juga  Menu Makanan Ibu Menyusui 6 Bulan Pertama
pelancarasibanner
Jika anda serius ingin melancarkan dan memperbanyak ASI,silahkan klik disini
error: Content is protected !!